BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

Pasar Kuliner Halal Ciung Wanara Karangkamulyan Ciamis Layani Sertifikasi Halal Gratis

PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
pmb Unigal

Keren dan patut diapresiasi, melalui perhelatan Pasar Kuliner Halal yang dibesut BUMDes Ciung Wanara, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, pelaku UMKM tak lagi risau soal sertifikat halal untuk merk usahanya.

Pasalnya, perhelatan Pasar Kuliner Halal yang digelar mulai tanggal 9 hingga 15 April 2023 membuka proses sertifikasi halal gratis bagi pelaku UMKM yang ada di Desa Karangkamulyan dan pelaku UMKM Ciamis.

Sertifikat halal gratis tersebut merupakan terobosan dimana para pendamping PPH (Proses Produk Halal) tersebut bekerjasama dengan lembaga desa bernama BUMDes.

Pendamping PPH sekaligus penggagas acara, Dwinarto Rasyid, Minggu (09/04/2023), mengaku sangat mengapresiasi BUMDes Ciung Wanara Desa Karangkamulyan karena sudah membuka kerjasama proses sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM. 

Artinya, kata Dwi, BUMDes Ciung Wanara Karangkamulyan Ciamis sudah berperan aktif memajukan dunia UMKM.

“Hal ini sejalan dengan agenda nasional pemerintah untuk mempercepat proses sertifikasi halal hingga tahun 2024.” katanya.

Dwi menambahkan bahwa model kerjasama tersebut adalah hal baru dan sudah diapresiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) setelah sebelumnya turun langsung ke Desa Karangkamulyan.

Menurut Dwi, ini merupakan suatu model yang pihaknya kembangkan dengan BUMDes, semata-mata untuk mempercepat proses pensertifikatan produk halal gratis bagi UMKM.

“Supaya kedepannya, pelaku UMKM bisa bersaing di tengah pasar global,” kata Dwi.

Dwi menegaskan, tugas pensertifikatan halal tersebut harus didorong oleh semua pihak, tidak hanya Kemenag sebagai leading sector program, dan Pendamping PPH sebagai ujung tombak di lapangan.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN-PPM Unigal Lakukan ini di Sukamanah Sindangkasih Ciamis

“Silahkan bagi pelaku UMKM yang ingin melakukan proses sertifikasi halal gratis, bisa mendatangi BUMDes Ciung Wanara Karangkamulyan Ciamis hingga 15 April 2023. Mudah-mudah langkah ini bisa diikuti oleh BUMDes yang lainnya,” kata Dwi.

Dari pantauan di lapangan, perwakilan Satgas Halal Kemenag Ciamis, Perhutani KPH Ciamis, DKUKMP Kabupaten Ciamis turut menghadiri penyerahan sertifikasi halal gratis kepada pelaku UMKM. 

Lanjutkan Membaca
Back to top button