BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

Kodim 0613 Ciamis Bentangkan Bendera Raksasa di Puncak Cinyasag

Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024

Kodim 0613 Ciamis bersama ratusan masyarakat dari berbagai elemen menggelar upacara dengan membentang bendera merah putih raksasa di Puncak Bukit Lapang Bubulak, Dusun Cinyasag, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Ciamis.

Bendera raksasa berukuran 30 x 20 meter ini dibentangkan dengan penuh semangat oleh para peserta upacara, mengibarkan warna merah putih di ketinggian puncak bukit tertinggi di Kabupaten Ciamis.

Pembentangan bendera ini menjadi simbol penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan dan membangkitkan semangat nasionalisme di hati masyarakat.

Sebelum pembentangan bendera raksasa, terlebih dahulu dilakukan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang khidmat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna, dengan Komandan Upacara Kapten Inf Suhendro dari Kodim 0613/Ciamis.

Petugas pengerek bendera adalah Paskibraka Kecamatan Panawangan yang terpilih dengan penuh dedikasi.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, S.Sos., SH., M.Han., Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna, Kapolres Ciamis AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H.,

Kemudian Kasi Datun Kejaksaan Negeri Ciamis, Pimpinan BRI Cabang Ciamis, serta ratusan personel gabungan TNI-Polri, instansi pemerintah, dan elemen masyarakat di Kecamatan Panawangan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kodim 0613/Ciamis atas penyelenggaraan kegiatan ini.

Ia berharap momentum ini dapat membangkitkan semangat juang dan persatuan bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan karya nyata.

Engkus mengajak semua yang hadir menjadikan semangat para pahlawan sebagai inspirasi dalam mengisi kemerdekaan.

“Kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa, NKRI harga mati!” seru Pj Bupati Ciamis.

Lebih lanjut, Pj Bupati Ciamis juga mengingatkan bahwa Ciamis merupakan salah satu daerah yang menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menghormati jasa para pahlawan dan melanjutkan perjuangan mereka dengan membangun bangsa yang lebih maju.

“Mari kita pupuk semangat juang dan pantang menyerah dalam diri kita. Kita bersama menuju Indonesia yang maju dan sejahtera, menjadi bangsa yang gemilang di tahun 2045,” ajak Pj Bupati Ciamis.

Setelah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan Pembentangan Bendera Raksasa, rombongan pejabat kemudian bergerak menuju Tugu Panji Siliwangi di Dusun Cirikip, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan.

Tugu ini merupakan salah satu situs bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Kegiatan di Puncak Bukit Cinyasag ini menjadi momen spesial bagi masyarakat Ciamis untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79.

Berkibarnya bendera raksasa di ketinggian menjadi simbol semangat juang dan nasionalisme yang membara di hati masyarakat.

Semangat para pahlawan yang telah gugur akan terus menginspirasi generasi penerus untuk membangun bangsa yang lebih baik dan sejahtera.


Eksplorasi konten lain dari Reportasee.com™

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Lanjutkan Membaca
Back to top button

Eksplorasi konten lain dari Reportasee.com™

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca