Wisata Alam Edukasi Bandung Ditata

0
122
Wisata Alam Edukasi Bandung Ditata

BANDUNG,– Dinas Kebu­dayaan dan Pariwisata (Dis­parbud) Kabupaten Bandung melakukan penataan di kawasan objek wisata alam edukasi. Lokasi tersebut tepatnya berada ka­wasan Bojong Koneng Ke­camatan Cimenyan. Hal tersebut sekaligus meru­pakan pelestarian alam di kawasan Bandung Utara (KBU).

Kabid Promosi Disparbud, Vena Adriawan, mengungkapkan, di luas lahan yang kurang lebih empat hektar tersebut, tidak hanya digunakan sebagai penghijauan saja. Tapi, ada pengenalan tentang manfaat bambu kepada pengunjung.

”Manfaat bambu ini sang­at banyak diantaranya bisa buat anyaman dan kerajinan lainnya yang akan membuat tambahan rezeki buat masyarakat se­kitar,” ungkap Vena saat ditemui di Soreang, Jumat (5/4).

Venna mengungkapkan, bahwa penataan kawasan di wi­layah tersebut juga untuk pelestarian tumbuhan bambu di wilayah Cime­nyan, dimana tumbuhan tersebut sangat berguna untuk kehidupan manusia.

”Saat ini penataan sudah berjalan satu Minggu. kita sudah meratakan kawasan yang akan di tanami dan jalan sudah di beri pene­rangan. Tinggal membuat sumur air bersih dan drai­nase,” ungkapnya.

Venna menambahkan, pena­tan kawasan wisata tersebut ditargetkan rampung di bulan Mei 2019 tahun ini. Men­urutnya, sejauh ini angga­ran yang sudah di keluarkan mencapai Rp 500 juta untuk pemasangan PJU serta pe­merataan tanah.

”Penataan kawasan ini, dilakukan dengan melibat­kan beberapa dinas. Se­moga pelaksanaan selesai sesuai dengan yang ditarget­kan,” ungkapnya.

Venna berharap, setelah dilakukan penataan kede­pannya kawasan tersebut bisa diijadikan salah satu andalan obyek wisata. Dengan de­mikian, secara tidak langs­ung akan mendorong peningkatan per­ekonomian warga sekitar.

” Akan digelar festival se­cara rutin, untuk daya tarik pengunjung. Kalau sudah banyak pengunjung, kita akan dorong masyarakat untuk berjualan makanan khas. Selain menjual makan, kita akan mempromosikan kesenian tradisional,” ujar Venna.

Warga Apresiasi Penataan Wisata Alam Edukasi

Menanggapi rencana Dis­parbud, salah satu warga Bojong Koneng, Anwar (25), sangat mengapresiasi ren­cana penataan kawasan tersebut. Pasalnya, akan menimbulkan dampak baik, yakni selain wilayahnya menjadi tampak bersih juga rapi, serta bisa meyediakan tempat untuk mencari re­zeki.

”Dulu pernah diadakan festival disini dan alham­dulilah warga sini banyak yang jualan, sehingga pe­rekonomian masyarakat akan meningkat,” tutupnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here