ArtikelNasional

Adipura Kencana, Simbol Keberhasilan Menuju Kota Berkelanjutan

PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
Aqsa Guest House
H. Dindin Hardi S.Pd.,M.Pd
PMB Unigal
pmb Unigal
PMB Unigal
Aqsa Guest House
H. Dindin Hardi S.Pd.,M.Pd

Adipura Kencana, penghargaan tertinggi dalam program Adipura. Penghargaan ini merupakan pengakuan bergengsi bagi kabupaten/ kota di Indonesia.

Khususnya kabupaten/ kota yang berhasil menunjukkan komitmen luar biasa dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup.

Lebih dari sekadar penghargaan, Adipura Kencana menjadi simbol prestisius bagi kabupten/ kota yang telah bertransformasi menjadi kawasan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Diberikan kepada lima kota terbaik setiap tahunnya, Adipura Kencana tidak hanya menilai kebersihan dan pengelolaan sampah, tetapi juga aspek-aspek lain seperti:

  • Pengelolaan ruang terbuka hijau: Keberadaan RTH yang memadai dan terawat menjadi indikator penting bagi terciptanya lingkungan hidup yang sehat dan nyaman bagi masyarakat.
  • Pengendalian pencemaran: Upaya untuk meminimalisir pencemaran udara, air, dan tanah menjadi kunci dalam menjaga kelestarian lingkungan.
  • Inovasi dan keberlanjutan: Kota-kota yang dinominasikan Adipura Kencana diharapkan memiliki program inovatif dan berkelanjutan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Pencapaian Adipura Kencana bukan hanya hasil kerja keras pemerintah, tetapi juga partisipasi aktif masyarakat.

Kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan menjadi faktor kunci dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan.

Beberapa kota yang telah meraih Adipura Kencana:

  • 2023: Balikpapan, Surabaya, Bontang, Bitung, Ciamis
  • 2022: Balikpapan, Surabaya, Semarang, Bandung, Banyumas
  • 2021: Surabaya, Semarang, Palembang, Manado, Tangerang

Adipura Kencana, Inspirasi Bagi Kota-Kota di Indonesia

Penghargaan Adipura Kencana diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh kota di Indonesia untuk terus meningkatkan komitmen dan upaya dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup.

Dengan semangat kebersamaan dan partisipasi aktif masyarakat, mewujudkan kota-kota yang berkelanjutan dan ramah lingkungan bukanlah mimpi yang mustahil.

Mari bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan!

Lanjutkan Membaca
Back to top button