Tips Jadi Pejuang Anti Hoaks Di Whatsapp Untuk Anda

0
210
Tips Jadi Pejuang Anti Hoaks Di Whatsapp Untuk Anda

Sebagai pengguna smartphone, Anda pasti tidak asing dengan aplikasi whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya bisa berbicara dengan pengguna lainnya melalui media smartphone. Dengan banyaknya pengguna whatsapp, pasti isu-isu atau berita-berita bohong rentan tersebar dangan sangat mudah melalui aplikasi ini. Maka dari itu, berikut beberapa tips jadi pejuang anti hoaks:

Jangan Mudah Percaya

Sebagai pengguna smartphone dan media sosial yang baik, sebaiknya Anda jangan mudah percaya dengan berita-berita yang tersebar di media sosial termasuk whatsapp. Berita apapun akan mudah tersebar melalui media sosial. Maka dari itu, jika ingin menyebarkan suatu berita, Anda harus mencari berita yang sama juga dari sumber yang lain atau mencari asal muasal berita tersebut.

Anda diharuskan untuk mencari sumber berita tersebut sampai ke akar-akarnya agar Anda dapat mengetahui fakta sebenarnya dari berita yang Anda ketahui dan bisa mengetahui kebenaran berita dari berita tersebut.

Jaga Komentar Anda

Tips jadi pejuang anti hoaks yang selanjutnya ialah jaga komentar Anda. Mengapa Anda harus menjaga komentar dalam menggunakan media sosial? Karena apabila melihat suatu berita yang buruk dan hoaks, tetapi Anda tidak mengetahui bahwa berita itu hoaks dan langsung komentar mengenai berita tersebut bahkan sampai berujung pada kalimat hujatan. Sebaiknya Anda buang jauh-jauh kebiasaan itu.

Anda tidak mengetahui keaslian dan kemurnian berita tersebut. Jadi, sebaiknya berpikir dulu sebelum bertindak. Anda bisa membiasahan hal ini agar dapat menjadi pejuang anti hoaks yang sesungguhnya. Anda harus ingat kata-kata ini. Mulutmu, harimaumu. Tetapi, ubah dalam media penyampaian yang berbeda. Jadi, tulisanmu harimaumu.

Prioritaskan Sumber Terpercaya

Biasakan untuk tidak langsung mempercayai berita-berita yang berasal dari sumber yang tidak jelas, tidak terpercaya dan apalagi berita itu dari teman whatsapp Anda. Tetapi, cobalah untuk mencari kebenarannya di website, koran, majalah,  atau media apapun itu yang sudah terkenal, jelas dan pastinya terpercaya.

Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir kemungkinan berita hoaks yang akan Anda dapatkan dan disebarkan.

Itulah beberapa daftar tips jadi pejuang anti hoaks di whatsapp yang bisa Anda praktikkan dan terapkan untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.