Tentang Sifilis atau Raja Singa yang Perlu Anda Tahu

0
300
Tentang Sifilis atau Raja Singa yang Perlu Anda Tahu
Foto : Ilustrasi bakteri Treponema Pallidum Sifilis (HalloSehat.com)

KESEHATAN,- Tentang Sifilis atau Raja Singa yang Perlu Anda Tahu. Sifilis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat menular melalui hubungan seksual yang tidak sehat.

Sifilis tahap awal dapat diobati dan ditangani secara medis. Oleh karena itu ketika seseorang telah terdiaknosa sifilis sebaiknya mendapatkan pengobatan medis dengan cepat.

Karena jika sudah terlanjur akut atau sudah mencapat tingkatan parah, dapat menyebabkan kecacatan, gangguan neurologis, hingga kematian. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum (T. pallidum).

Sifilis atau Raja Singa terdapat tiga tingkatan atau tiga level, yaitu:

  1. Tigkatan Primer yaitu tingkatan awal yang dapat di obati dengan pengobatan yang dapat di lakukan di rumah
  2. Tingkatan Sekunder yaitu tingkatan kedua yang disarankan perawatan medis ekstra yang mengharuskan pasien atau pengidap sifilis dirawat inap di rumahsakit untuk mendapatkan perawatan hingga benar-benar sembuh
  3. Tingkatan Tersier yaitu tingkatan paling parah pada penderitaan sifilis, yang biasanya penderita terlalu takut atau malu memeriksakan penderitaannya pada dokter sehingga penanganan sudah lambat dan telah mengerogoti tubuh penderita sehingga dapat menyebabkan kecacatan permanen jika sembuh, hingga kematian.

Apa yang Harus Diketahui Tentang Sifilis atau Raja Singa?

Beberapa poin mengenai sifilis atau raja singa yang perlu diketahui:

  • Sifilis adalah virus yang dapat menular melalui hubungan seksual yang tidak sehat, dan sifilis akan semakin parah jika tidak diobati.
  • Sifilis dapat menular melalui darah yang masuk dalam tubuh secara langsung dari luka penderita. Seperti melalui hubungan intim, oral dan sebagainya. Penyakit ini juga dikenal sebagai chancres. Luka yang disebabkan oleh benda tumpul atau tajam, seperti tergores kayu atau pisau yang tidak secara langsung masuk dalam tubuh tidak dapat menyebabkan infeksi atau penularan.
  • Sifilis tahap awal dapat disembuhkan dengan penisilin atau antibiotic.
  • Sifilis adalah penyakit yang tidak akan kambuh lagi jika ditangani hingga sembuh. Dan akan kambuh kembali jika tertular sifilis dari orang lain.
  • Wanita hamil berpotensi  menularkan sifilis pada janin yang dikandunginya.

Demikian artikel tentang sifilis. Semoga Bermanfaat! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here