Teleskop Webb NASA Siap Terbang Tahun Depan

0
721
Teleskop Webb NASA Siap Terbang Tahun Depan
Foto : Teleskop Webb

Reportasee.com,- Teleskop Webb keluaran terbaru NASA akan siap diterbangkan tahun depan, lebih tepatnya pada 2021. Cermin sekunder itu bernama James Webb Space Telescope.

Melansir dari Space.com, Senin (12/08/2019), Teleskop Webb tengah bersiap-siap untuk mengambil alat pengumpul cahaya. Para teknisi NASA berhasil menguji penyebaran cermin sekunder tersebut yang diharapkan untuk meluncur 2 tahun lagi.

Teleskop antariksa besar NASA itu memiliki peran besar dalam keberhasilan misi luar angkasa.

Dan para teknisi hanya memiliki satu kesempatan untuk mendapatkan desain yang tepat, karena benda tersebut akan mengorbit terlalu jauh dari Bumi bagi para astronot untuk memperbaiki kesalahan apa pun.

Baca : Mesin Roket Terbaru NASA Lakukan Uji Coba

Pengerahan Teleskop Webb

Ketika Teleskop Webb sepenuhnya dikerahkan, cermin sekundernya akan duduk di depan 18 cermin primer seperti sarang lebah. Setelah cermin ini mengambil cahaya dari objek yang jauh, cermin kedua akan mengumpulkan sinyal masing-masing.

Setelah itu, cermin sekunder akan menyalurkan sinar cahaya gabungan melalui cermin tersier dan kemudi halus.

Dan hasilnya akhirnya membawa sinyal ke empat instrumen di benda tersebut yang akan membantu para ilmuwan dengan sejumlah analisis astronomi mereka.

Manajer Teleskop Webb NASA, Lee Feinberg mengatakan, penempatan cermin sekunder yang tepat adalah apa yang menjadikan ini sebuah teleskop. Webb tidak dapat melakukan ilmu revolusioner yang sesuai harapan. Oleh karenanya, Uji penempatan ini merupakan langkah penting menuju penyelesaian observatorium akhir.

Baca : SpaceX Bekali Persediaan NASA Sebanyak 2,5 Ton

Proyek Teleskop Webb

“Pengerjaan terhadap Teleskop Webb sekunder juga merupakan tonggak penting dalam konstruksi. Karena tes ini adalah langkah besar terakhir sebelum menyatukan teleskop sebagai observatorium lengkap,” kata Feinberg.

Tes ini juga menunjukkan bahwa koneksi elektronik di teleskop berfungsi dengan baik, termasuk memberikan perintah antar komponen.

Webb diperkirakan akan diluncurkan dengan roket Ariane 5 dari Guyana Prancis pada Maret 2021.

Pada bulan berikutnya, instrumen itu akan menempuh jarak 1 juta mil (1,6 juta kilometer) ke lokasi pengamatannya yaitu titik Lagrange Bumi-matahari, titik gravitasi yang stabil secara gravitasi hingga titik di luar angkasa.

Tempat ini telah digunakan untuk misi luar angkasa masa lalu, termasuk Observatorium Luar Angkasa Herschel Eropa dan teleskop Planck. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here