Tangki Bensin Mobil Sering Kosong, Berbahaya Lho!

0
207
Tangki Bensin Sering Kosong, Berbahaya Lho!

Reportasee.com – Tangki bensin mobil sering kosong, berbahaya lho! Beberapa orang menganggap bahwa tangki bensin mobil kosong, selama masih bisa digunakan, tidak sepatutnya dijadikan masalah yang besar.

Padahal, tangki bensin yang dibiarkan kosong dalam beberapa saat akan berbahaya, baik bagi pengguna dan juga mobilnya.

Terutama, khusus untuk Anda yang belum mengetahuinya, berikut ulasan lengkap mengenai bahayanya yang perlu Anda ketahui:

Mobil Menjadi Rusak

Mungkin Anda mengira bahwa mobil tanpa bensin hanya akan menyebabkan macet atau mobil tidak bisa berjalan. Padahal, bisa terjadi hal yang lebih parah.

Mobil dengan tangki bensin kosong akan membuat pompa bahan bakar mobil Anda dapat menyedot kotoran di bagian bawah tangki, menyumbatnya, dan menyebabkan kerusakan.

Dengan begitu, Anda jadi perlu melakukan service yang ongkosnya mahal.

Memiliki Jangkauan yang Terbatas

Bensin adalah bahan bakar mobil yang membuatnya bisa melaju ke berbagai tujuan Anda. Nah, jika tangki bensin kosong, maka jangkauan mobil akan terbatas.

Ketika Anda sudah melihat lampu peringatan berkedip, sebaiknya segera melakukan isi ulang karena sering kali apa yang tampak pada speedometer tidak sesuai dengan kondisi dalam tangki.

Ada orang yang menyarankan bahwa saat Anda terjebak macet, sebaiknya mematikan mesin sebagai cara menghemat, padahal ini tidak terlalu berpengaruh.

Menyebabkan Mobil Panas

Mobil dengan tangki bensin kosong bisa menyebabkan pompa bahan bakar menyedot kotoran hingga ke bawah dan bisa menyumbat. Dan ternyata itu bukan menjadi satu-satunya masalah.

Untuk sebagian mobil, bensin juga berfungsi sebagai pelumas. Dan jika dibiarkan mengering terus-menerus, ini bisa menyebabkan pompa bahan bakar menjadi terlalu panas. Dan kondisi ini akan menyebabkannya aus sebelum waktunya.

Inilah mengapa Anda jangan sampai membiarkan tangki bensin sering kosong.

Mesin Mati Tiba-tiba

Jika Anda kemudian tetap memaksakan menggunakan mobil dengan bensin minim untuk berjalan, ini tidak menutup kemungkinan mesin tiba-tiba mati.

Mesin mobil yang berhenti atau mati secara tiba-tiba bisa berbahaya, apalagi jika digunakan di jalan yang ramai.

Kemungkinan akan mengalami accident dengan kendaraan lain sangat tinggi dan pastinya berbahaya.

Membuat Tangki Bensin Berkarat

Ketika membiarkan tangki bensin sering kosong, ini artinya ada banyak udara yang terdapat di sana.

Udara ini memicu timbulnya karat, karena udara yang berada dalam tangki akan bercampur dengan bensin, sehingga proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

Selain karena alasan tersebut, membiarkan tangki bensin tidak terisi dalam jangka waktu lama juga malah menyebabkan penggunaan bensin berikutnya menjadi lebih boros.

Kenapa? Ini karena untuk menyalakan dan menggerakkan mesin kembali setelah tangki lama kosong memerlukan jumlah bensin yang tidak sedikit.

Nah, jadi jangan lagi membiarkan tangki bensin mobil sering kosong lama, ya! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.