Tahun 2020, Biaya SPP di Jabar Gratis

0
140
Tahun 2020, Biaya SPP di Jabar Gratis
Foto : Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

PENDIDIKAN,- Biaya SPP di Jabar Gratis. Kabar gembira bagi masyarakat Jawa Barat. Karena pada tahun 2020, pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggratiskan biaya Sumbangan Pembinaan dan Pendidikan/ SPP bulanan bagi siswa SMP, SMA dan SMK.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada waktu ia memimpin rapat di Kantor Dinasnya, di Jln. Diponegoro Kota Bandung, Senin (17/06/2019).

Mendengar kabar akan diterapkannya kebijakan biaya SPP gratis di tingkat SMP, SMA dan SMK, sejumlah masyarakat Jawa Barat bersuka cita. Dengan demikian, biaya pendidikan bisa menjadi lebih terjangkau dan bisa dirasakan oleh semua orang.

“Program ini saya harapkan bisa membantu masyarakat Jawa Barat, sehingga beban biaya pendidikan menjadi lebih ringan secara luas,” ucap Kang Emil, sapaannya.

Untuk mewujudkan program SPP gratis di tingkat SMP dan SMA di tahun depan, maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat membutuhkan dana sebesar dua trilyun rupiah. Dana tersebut dapat tersedia setelah melakukan efisiensi di berbagai sektor anggaran pengeluaran.

Tahun 2020, Biaya SPP di Jabar Gratis

Program SPP SMP, SMA dan SMK gratis di Jabar tahun 2020 melalui seleksi ketat. Tidak setiap siswa dapat memperoleh fasilitas SPP gratis. Namun program biaya SPP gratis hanya diberlakukan bagi kalangan siswa/ siswi tidak mampu, dari tingkat SMP, SMA, dan SMK Negeri maupun swasta.

Dalam rapat dengar pendapat dengan DPRD Jawa Barat, Sekretaris Komisi V, Abdul Hadi Wijaya, menyatakan program biaya SPP gratis dari tingkat SMP, SMA dan SMK di Jawa Barat sangat realistis.

“Dan akan segera digodok petunjuk pelaksanaan dan teknisnya,” ujar Abdul Hadi Wijaya singkat.

Dia berharap, mudah-mudahan dengan program yang realistis ini, semua siswa di Jawa Barat dapat sekolah, minimal hingga SMA atau SMK. Seperti yang dicita-citakan oleh Founding Father.

Program seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Kebijakan SPP gratis telah diberlakukan sebelumnya oleh Provinsi Jawa Timur. Bulan Juli 2019 ini, Pemprov Jawa Timur menggratiskan biaya SPP dari tingkat sekolah SD, SMP, SMK dan SMA di seluruh wilayah Jawa Timur.  Dan dilanjutkan Tahun 2020, Biaya SPP di Jabar Gratis. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here