Tabrakan Kosmik Sebab Terbentuknya Bintang Raksasa

0
477
Tabrakan Kosmik Sebab Terbentuknya Bintang Raksasa
Foto : Tabrakan Kosmik

Reportasee.com,- Tabrakan kosmik merupakan penyebab terbentuknya bintang raksasa. Para astronom masih dibingungkan terkait pengamatan barunya atas fenomena luar angkasa ini.

Melansir dari Astronomy, Sabtu (07/09/2019), tabrakan kosmik pernah terjadi sekitar 2,73 juta tahun cahaya di Galaksi Triangulum (Messier 33). Yang mana 2 awan gas raksasa yang bertabrakan disebabkan oleh massa puluhan kali lipat dari Matahari dengan beberapa bintang muda.

Penemuan mereka menunjukkan, tabrakan awan-awan seperti itu adalah jalur utama untuk menciptakan bintang-bintang raksasa di alam semesta terdekat. Sehingga prosesnya mampu menjawab pertanyaan lama tentang bagaimana bintang raksasa terbentuk.

Baca:   Astronom Temukan Alam Semesta Dalam Komputer

Terjadinya Tabrakan Kosmik

Bintang bermassa tinggi yang setidaknya delapan kali massa Matahari adalah selebritas galaksi. Meskipun relatif jarang, mereka menghasilkan sebagian besar cahaya tampak.

Mereka juga sangat mempengaruhi lingkungan sekitar melalui radiasi yang dilepaskan selama hidup dan unsur-unsur berat yang dihamburkan pada proses ledakan. Namun, formasi mereka masih diperdebatkan hingga kini.

Penelitian baru oleh para astronom tentang terjadinya tabrakan kosmik itu diajukan ke Publikasi Masyarakat Astronomi Jepang. Kemudian mereka menerbitkannya di situs pracetak ArXiv menggunakan sub-milimeter Array untuk mempelajari 2 awan raksasa di M33.

Baca:   Meteor Bukan Suatu Ancaman Bagi Bumi

Dalam penelitiannya, besar kedua awan itu 190.000 dan 240.000 kali lebih besar daripada Matahari dan mengandung molekul seperti hidrogen molekuler dan karbon dioksida.

Keduanya bertabrakan dengan kecepatan supersonik kurang lebih 500.000 tahun yang lalu. Sehingga menyebabkan tabrakan kosmik di masa itu.

Teori Terciptanya Tabrakan Kosmik

Para peneliti menemukan sebuah teori dan mencari tanda khusus karbon monoksida yang dapat dilihat dengan mudah dalam pengamatan radio untuk memetakan struktur filamen yang lebih padat di awan.

Baca:   Jupiter Muda Dihantam Planet yang Baru Lahir

Di tengah tabrakan, mereka menemukan 10 objek yang tampak muda yaitu bintang besar.

Hal itu sangat memungkinkan bahwa tabrakan telah menyebabkan perubahan dalam gas awan yang membuatnya runtuh untuk membentuk bintang-bintang masif.

Para astronom berpikir bahwa pembentukan bintang masif memerlukan mekanisme pemicu tambahan seperti tabrakan awan-awan, angin kencang atau gelombang kejut yang berasal dari ledakan supernova.

Seorang astronom di Pusat Penelitian NASA, California, Harold Yorke mengatakan, pihaknya memiliki sejumlah gagasan berbeda tentang bagaimana pembentukan bintang masif dimulai.

“Kami tahu bahwa awan molekuler adalah turbulen, jadi bintang besar dapat terbentuk dalam kondisi seperti itu.” Katanya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.