Stegosaurus, Spesies Baru Dinosaurus Berkuku

0
424
Stegosaurus, Spesies Baru Dinosaurus
Foto : Stegosaurus

Reportasee.com,- Stegosaurus adalah spesies baru dinosaurus pemakan tumbuhan dengan lempeng di punggung dan paku di ekornya. Spesies berkuku ini berasal dari Late Jurassic of North America yang ditemukan di Morrison Formation.

Melansir dari Lampost.co, Jumat (23/08/2019), Stegosaurus bisa diartikan sebagai kadal tertutup mengacu pada lempeng-lempengnya. Fungsi lempeng ini telah diperdebatkan oleh ahli paleontologi lantaran bersifat vaskular pelat. Fungsinya sebagai mekanisme pengaturan termal.

Pelat Stegosaurus ini berisi pembuluh darah yang mungkin mengerut atau mengembang untuk mengatur panas. Teori lain mengatakan bahwa pelat digunakan sebagai tampilan untuk menarik pasangan, seperti bulu berwarna-warni pada burung atau tanduk rusa.

Bisa jadi salah satu atau ketiganya. Karena lempeng-lempeng itu tidak secara langsung melekat pada tulang kerangka, mereka mudah dipisahkan dari tubuh setelah mati. Paku besar-besaran di ujung ekornya digunakan untuk bertahan melawan predator.

Stegosaurus adalah salah satu dinosaurus Jurassic yang paling mudah dikenali. Pelat di punggung dan paku di ekornya membuatnya menjadi salah satu makhluk paling unik dari Mesozoikum (Zaman Dinosaurus).

Sementara Tambang Carnegie sangat kaya akan fosil sehingga beberapa kerangka telah dipasang dari penggalian awal oleh beberapa peneliti dan ahli paleontologi.

Penemuan Stegosaurus

Pada tahun 1977, ahli paleontologi di Dinosaur National Monument mengeluarkan spesies berkuku ini dari Tambang Carnegie. Mereka menemukan tulang tungkai, tulang belikat, sebagian besar pinggul, beberapa tulang rusuk dan pecahan tengkorak.

Karena lempengan tidak ditemukan, tidak diketahui apakah spesies itu memilikinya secara keseluruhan. Namun, fosil-fosil ini merupakan Stegosaurus remaja paling lengkap yang pernah ditemukan. Gips yang dipasang dari tulang yang rapuh dipajang di Quarry Exhibit Hall.

Karakteristik Stegosaurus

Spesies dinosaurus berkuku ini dikenal dari banyak kerangka lengkap, tetapi posisi yang tepat dari paku ekornya dan lempeng dermal sudah lama menjadi bahan perdebatan ahli paleontologi.

Saat ini diyakini bahwa lempeng-lempeng itu diatur dalam pola bergantian, dengan duri-duri ekor disusun berpasangan.

Beberapa ahli paleontologi menyatakan bahwa susunan lempeng mungkin berbeda di antara spesies dinosaurus lainnya.

Spesies ini berwarna warna kuning perpaduan dengan coklat dan merah. Sosok ini panjangnya 6,75 inch dan tingginya 4 inch. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here