22.6 C
New York
Sabtu, Juni 19, 2021
BerandaBeritaStar Wars Day yang Jatuh Tiap Tanggal 4 Mei

Star Wars Day yang Jatuh Tiap Tanggal 4 Mei

Reportasee.com – Star Wars Day kerap penggemar serial animasi ini rayakan di setiap tanggal 4 Mei. Biasanya mereka mengucapkan salam hangat ‘May the 4th be with you’.

Berdasarkan catatan bersejarah, istilah May the 4th pertama kali ada di kultur pop tahun 1979 silam. Hal tersebut bahkan sang penulis bernama Alan Arnold jelaskan. Penjelasan tersebut ia tuturkan kala penggarapan film berjudul The Empire Strikes Back sebagai hasil karya dari Lucasfilm.

Para penggemar dari belahan dunia manapun kerap merayakan di tanggal 4 Mei sebagai hari Star Wars. Bahkan fans asal Indonesia yang berjumlah banyak juga turut merayakannya. Dari tahun ke tahun setiap tanggal 4 Mei menjadi hari tak terlupakan.

Asal Usul 4 Mei Sebagai Star Wars Day

Banyak orang bertanya-tanya mengapa tanggal 4 Mei menjadi Star Wars Day?

Margaret Thatcher merupakan pemenang dari pemilihan umum. Bahkan ia menjadi seorang perdana menteri wanita pertama di negara Inggris. Sebagai peryaan kemenangan, partai yang mengusungnya memasang banyak iklan sampai setengan halaman. Iklan tersebut berada di London Evening News.

Pesan kemenangan yang ada di iklan tersebut memiliki keterkaitan dengan Star Wars Day. Berbunyi ‘May the Fourth Be With You, Maggie. Congratulation.’ Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa hari peringatan Star Wars mempengaruhi banyak pihak.

Setelah cerita kemenangan dari perdana menteri tersebut, internet menjadi sarana penghubung para penggemar Star Wars. Sehingga fans di belahan dunia manapun bisa saling terhubung satu sama lain di zaman modern seperti sekarang.

Salam Star Wars Day berupa May the 4th menjadi salah satu tradisi yang penggemar rayakan. Bentuk perayaan tersebut pun berlangsung secara offline maupun unlin. Sehingga mereka secara bersama-sama mengumumkan Star Wars Day.

Walaupun sekarang sudah berlangsung di seluruh dunia, ide perayaan May the 4th sesungguhnya tak datang dari pihak Lucasfilm. Perusahaan selaku pembuat film animasi Star Wars yang memiliki penggemar lintas generasi mempunyai hari special tersendiri.

Pada tanggal 4 Mei yang menjadi hari special Star Wars, kanal media social resmi mereka yakni StarWars.com menyematkan tagar tertentu. Tagar tersebut yaitu #StarWarsDay guna menyebarluaskan pesan serta kegiatan yang penggemar lakukan seluruh dunia.

Di tanah air sendiri, jumlah penggemar animasi Star Wars berjumlah sangat banyak. Para fans sudah tersebar di seluruh komunitas baik online maupun offline. Salah satu jejaring social ternama yang menjadi wadah penggemar adalah Facebook. Dalam grup ini, sudah ada anggota sebanyak 6.286 dan jumlah tersebut akan terus bertambah.

Pesta perayaan yang penggemar gelar dalam memperingati Star Wars Day pun bermacam-macam. Mulai dari pameran konstum antar fans, nonton bareng, sampai berita terbaru mengenai peluncuran film terkini.

Awal Mula Perayaan Hari Star Wars

Meskipun bukan tercetus oleh Lucasfilm selaku pemilik waralaba film, para penggemar tetap merayakan 4 Mei sebagai hari peringatan. Tanggal ini para penggemar pilih sebab cocok dengan pengucapan kalimat ikonik tersebut dari serial ini.

Fandom dari Star Wars mulai melakukan perayaan secara besar-besaran sejak tahun 2011 silam. Pertama kali perayaan tersebut berlangsung di Toronto Undergroun Cinema daerah Kanada.

Sejak saat itu, di setiap tahun semua penggemar ikut membuat perayaan di tanggal 4 Mei. Perayaan tersebut menjadi hari suci untuk para fans. Bahkan di seluruh dunia manapun turut serta dalam perayaannya.

Ketidak pengakuan tanggal 4 Mei menjadi hari perayaan Star Wars pun berakhir di tahun 2012. Pasalnya di tahun tersebut, salah satu konglomerat di dunia hiburan yakni Disney membeli perusahaan Lucasfilm. Sehingga mulai saat itu Disney menjadi pemegang waralaba Star Wars hingga saat ini.

Disney pun merayakan empat Mei dengan peringatan Star Wars Day. Perayaan tersebut berlangsung di banyak titik. Bentuknya pun beragam seperti pesta peluncuran kembang api, diskon pernak pernik animasi sampai dansa.

Lewat cara tersebut, fenomena perayaan lebih terasa oleh penggemar di seluruh belahan dunia. Setelah Disney mengambil alih, euphoria Star Wars memang kembali hidup. Bahkan seakan membawa wajah baru yang sudah lama hilang.

Semua itu berawal dari perilisan Star Wars Episode VII. Dengan judul The Force Awakens di tahun 2015 silam. Kemudian berlanjut ke Star Wars : Rogue One di tahun berikutnya yaitu 2016. Komitmen Disney adalah menyajikan minimal satu film Star Wars dalam setiap tahunnya. Sehingga tak jarang menjadi bentuk lain perayaan Star Wars Day.

Seperti halnya di tahun 2017 lalu, di mana Star Wars  kembali tepatnya di tanggal 15 Desember. Berlanjut ke episode VI yang berjudul The Last Jedi. Mereka waktu itu menghadirkan kelanjutan dari perseteruan antara Rey dengan Kylo Ren. Bahkan hadir satu tokoh legendaris bernama Luke Skywalker menjadi daya tarik penggemar di tahun tersebut.

Perayaan di Tahun 2021

Tak berhenti sampai situ saja, perayaan Star Wars Day juga berlangsung di tahun ini. Terbukti dari hadirnya Star Wars : The Bad Batch yang bisa anda saksikan sejak Selasa 4 Mei 2021. Penayangannya di Disney+ bertepatan dengan May the Fourth Be With You tahun ini.

Serial berjudul The Bad Batch ini menjadi animasi CGI dengan fokus utama skuad di pasukan klon. Permutaran perdananya pasti akan terasa special. Pasalnya film tersebut akan berdurasi cukup lama yaitu 70 menit.

Sementara itu, di hari Jumat mendatang tepatnya tanggal 7 Mei Disney+ akan menghadirkan hal lain. Yaitu episode 2 dengan durasi lebih pendek dari sebelumnya. Kemudian kelanjutan dari episode serial tersebut akan tayang di setiap hari Jumat.

Jumlah episode pada serial yang bertepatan dengan Star Wars Day ini total sebanyak 16 episode. Proses pembuatan serial tersebut oleh Dave Filoni. Animasi ini merupakan sebuah spin off dari serial komputer dengan judul The Clone Wars.

Bad Batch akan menggunakan CGI dengan gaya animasi sama. Pengaturannya yaitu setelah peristiwa dari Revenge of the Sith. Kemudian akan memetakan misi dalam regu sebuah pasukan klon. Serial ini akan memulai debut kala musim terakhir dari The Clone Wars.

Alur cerita di dalamnya berupa tentara bayaran yang penciptaannya oleh mutase genetic. Sementara Ming-Na Wen, Dee Bradley Baker serta Stephen Stanton juga Andrew Kishino sebagai pengisi suara latar belakang serial ini.

Masing-masing pengisi suara tersebut berperan dalam karakter berbeda-beda. Misalnya saja Ming Na Wen bertindak sebagai versi muda dari tokoh Fennec Shand. Juga akan mengulang karakter yang ada dalam The Mandalorian.

Untuk berpartisipasi dalam Star Wars Day tahun ini, segera saksikanlah film serial terbaru mereka di Disney+. Pastikan internet anda mumpuni untuk pengalaman menonton lebih baik. Ramaikan juga hastag social media anda dengan tagar #StarWarsDay.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular