Situs Keramat Cibarani Patilasan Sanghyang Adi Dampal

0
93
Situs Keramat Cibarani Patilasan Sanghyang Adi Dampal
Sumber Mata Air di Situs Keramat Cibarani (harapanrakyat.com)

Reportasee.com,- Situs Keramat Cibarani Patilasan Sanghyang Adi Dampal. Situs ini merupakan patilasan dan sumber mata air. Lokasinya berada di wilayah Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.   

Ano, Kuncen Situs Keramat Cibarani, membenarkan bahwa di lokasi tersebut terdapat makam dan patilasan Sanghyang Adi Dampal. Di lokasi juga terdapat sumber mata air keramat yang tidak pernah surut meski saat kemarau.

Sumber mata air keramat tersebut biasa dimanfaatkan warga setempt untuk keperluan mandi dan mencuci. Sedangkan oleh warga dari luar, situs keramat itu digunakan sebagai lokasi untuk mengharap berkah, kesembuhan peyakit, dan memperlancar usaha.

Baca : Di Ciamis, Wanita Paruh Baya Tewas Gantung Diri

Hubungan dengan Situs Astana Gede Kawali?

Situs Keramat ini memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan Situs Astana Gede Kawali. Sayangnya, pengelolaan situs keramat dan bersejarah tersebut belum maksimal, sehingga terkesan kurang terawat.  

Dari keterangan Uned, warga setempat, setiap malam Selasa dan Jum`at Kliwon, Situs Keramat Cibarani selali dikunjungi peziarah dari luar daerah.

Para peziarah biasanya melaksanakan ritual-ritual tertentu di makam keramat Sanghyang Adi Dampal. Setelah itu, peziarah biasanya mensucikan diri di sumber mata air Cibarani yang dikeramatkan.

Terdapat tiga titik sumber mata air yang biasa digunakan oleh peziarah. Diantaranya titik mata air untuk berwudhu, titik mata air untuk mandi dan titik mata air yang dipakai untuk membuang logam, bunga dan beras.  

Baca : PKIH Unigal Soroti Kegiatan KPU Ciamis di Luar Kota 

Uned berharap Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis membantu mengelola dan mempromosikan Situs ini. Tujuannya agar situs keramat tersebut bisa menjadi sumber pendapatan bagi daerah.

Kades Ciakar, Kamil Hasan, dilansir dari harapanrakyat.com, menyebutkan, Situs Keramat ini lokasinya berada di tanah milik negara. Tidak tidak menyangkal, Situs Keramat ini memang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

Meski begitu, menurut Hasan, pihaknya sudah melakukan penataan. Penataan itu dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian Situs Keramat Cibarani. Untuk pengembangan dan penataan lebih lanjut, pihaknya berharap pemerintah daerah turun tangan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here