Rekomendasi Aplikasi Investasi 2021 Terbaik

Reportasee.com – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai sekarang telah menuntut masyarakat untuk memulai kebiasaan baru. Kebiasaan tersebut seperti bekerja, belajar, berbelanja dari rumah sampai cara untuk mengelola keuangan dengan baik. Topik mengenai investasi semakin populer di kalangan masyarakat. Tidak ada salahnya apabila kamu mencoba sejumlah aplikasi investasi online untuk kebutuhan masa depan yang tidak terduga.

Investasi merupakan penanaman modal atau uang di perusahaan atau proyek dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Di masa saat ini, akses ke berbagai instrument investasi sangat mudah apabila dibandingkan dengan 10-20 tahun ke belakang. Banyak platform digital yang memudahkan penggunanya untuk membuka akun aplikasi investasi online tanpa perlu melakukan tatap muka.

Tahun 2020, terdapat pertumbuhan yang signifikan pada sektor finansial. Laporan dari Google Year in Search menunjukan bahwa ada lonjakan pencarian yang mencapai 140 persen terkait buka rekening online dalam penelusuran, tabungan online mencapai 70 persen dalam penelusuran dan 20 persen untuk topik cara mendaftar mobile banking. Opsi investasi yang aman dan juga terjamin ikut meningkat.

Berikut merupakan rekomendasi instrumen aplikasi investasi online yang dapat kamu gunakan dan menjadi bahan pertimbangan di tahun 2021.

Investasi Emas

Jika kamu baru ingin mencoba investasi, maka investasi emas merupakan salah satu investasi yang cocok. Karena, emas cenderung memiliki harga yang stabil dan kuat, khususnya untuk menahan gejolak inflasi.

Dulu, untuk mendapatkan emas mungkin hanya bisa membelinya dalam bentuk perhiasan atau emas batangan yang harganya tidak bersahabat bagi semua orang. Sekarang, investasi emas dapat menjadi rekomendasi investasi di tahun 2021.

Hal tersebut karena kamu dapat membelinya dengan harga terjangkau dan bisa menjualnya secara online dengan sangat mudah. Kamu bisa mendapatkan emas mulai dari Rp. 500 tergantung platform yang kamu gunakan.

Layanan investasi emas dapat kamu gunakan pada platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Selain itu, kamu juga dapat investasi emas melalui platform seperti e-mas, Pluang, Treasury dan Tamasia.

Umumnya platform-platform tersebut tidak hanya menawarkan pembelian emas saja, namun mereka juga mempunyai fitur untuk memonitor harga emas secara real-time.

Investasi Saham

Rekomendasi Investasi online selanjutnya yaitu saham. Investasi saham ini lebih cocok untuk kalangan yang sudah berpengalaman karena mempunyai risiko yang tinggi. Namun, keuntungan yang bisa didapatkan juga sangat menggiurkan apabila melakukanya dengan benar.

Jadi, jika kamu ingin mencoba investasi saham, alangkah baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu dengan baik dan sudah mempunyai dasar pengetahuan tentang pasar modal.

Di era internet yang serba mudah ini kamu dapat membuka rekening dana nasabah (RDN) untuk berinvestasi saham dengan mudah dan terjangkau. Untuk membuka RDN dengan mudah, masyarakat bisa membukanya hanya dengan modal Rp. 100.000 tergantung sekuritanya. Layanan investasi saham online yang bisa kamu coba yaitu Ajaib, iPot dan Stockbit.

Investasi Reksa Dana

Selain emas, reksa dana merupakan investasi yang aman dan terjamin. Investasi cocok bagi orang baru yang ingin memulai investasi.

Reksa Dana merupakan sebuah wadah yang penggunaanya untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal dan selanjutnya diinvestasikan. Modal yang sudah terkumpul akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) Professional dan investasinya dalam bentuk portofolio efek yang menjanjikan.

Untuk akses investasi reksa dana kamu dapat menggunakan Bibit, Bareksa, Bukalapak dan Tokopedia. Modal yang kamu keluarkan juga sangat terjangkau. Untuk memulai investasi ini kamu bisa mengeluarkan uang mulai dari Rp. 10 ribu dan lakukan secara konsisten agar mendapatkan return yang menjanjikan.

Investasi Pembiayaan Usaha

Selain ketiga instrument investasi di atas, ada pilihan investasi untuk membiayai usaha melalui sistem peer-to-peer landing. Sama seperti saham, investasi ini cocok untuk pengguna yang sudah berpengalaman. Karena, kamu membutuhkan pengetahuan dasar mengenai resiko bisnis.

Di Indonesia, untuk mengakses layanan ini juga cukup mudah dan modal awalnya juga cukup terjangkau. Untuk memulai investasi, masyarakat bisa membiayai usaha hanya dengan modal Rp. 100 ribu saja tergantung peyedia layanan. Contoh penyedia layanan investasi pembiayaan usaha seperti ModalKu, KoinWorks, Amartha dan Investree.

Kesimpulan

Dengan berinvestasi kita dapat mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Kita juga bisa mempunyai dana darurat untuk keperluan yang mendesak. Dana yang kamu kumpulkan bisa untuk biaya pendidikan dan yang lainya.

Untuk memahami investasi dengan baik, bayangkan saja kamu sedang mempersiapkan acara konser musik yang besar dan meriah. Untuk kesuksesan acara tersebut tentunya membutuhkan waktu persiapan yang tidak sebentar. Dengan perencanaan yang baik, kamu dapat mensukseskan acara tersebut.

Sama halnya dengan kehidupan terkadang ada kebutuhan-kebutuhan mendadak seperti menikah, masuk perkuliahan hingga pensiun. Belum lagi kebutuhan-kebutuhan lainya yang akan menghampiri. Tanpa perencanaan finansial yang baik, tentunya tidak akan tercukupi jika hanya mengandalakan gaji dan tabungan yang kamu miliki.

Dukungan teknologi yang semakin mempermudah segala hal untuk akses ke berbagai instrument investasi dan dapat membelinya dengan harga terjangkau. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk mencoba memulai investasi.

Namun, kamu juga perlu mempersiapkan dan mempelajari segala risiko yang kemungkinan akan terjadi agar investasi yang kamu miliki bertambah.