PPDB Online Jawa Barat Tahun 2019

0
98
Ketua PPDB Jawa Barat Tahun 2019 - Iwa Karniwa
Foto : Ketua PPDB Jawa Barat Tahun 2019, Iwa Karniwa (SINDOnews)

PENDIDIKAN,- PPDB Online Jawa Barat Tahun 2019. Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sejak tanggal 17 Juni 2019 sampai tanggal 22 Juni 2019.

Hal tersebut dilakukan secara serentak oleh satuan pendidikan (sekolah) di seluruh wilayah Jawa Barat. Dan berkat dukungan banyak pihak, PPDB Jawa Barat Tahun 2019 dapat berjalan secara lancar dan lebih baik kinerjanya dari tahun kemarin.

Ketua Panitia PPDB Online Jawa Barat tahun 2019, sekaligus Sekertaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa, menyatakan, kesiapan PPDB berjalan baik dari tingkat SD, SMP dan SMA. Hal ini ditandai dengan adanya penambahan kuota.

“Kami sudah siap seratus persen. Karena uji coba sistem PPDB terbaru sudah dilakukan sebelumnya di sejumlah sekolah dan terbukti berhasil. Selain itu, sosialisasi sudah disampaikan secara intensif pada publik. Para tenaga teknis di lapangan sudah menguasai teknologi informasi PPDB terbaru. Sarana dan prasarana sudah tersedia lengkap di sekolah,” ujar Iwa Karniwa.

Sistem PPDB online di Jawa Barat ini dipercaya dapat mengurangi atau menghilangkan kecurangan yang selama ini kerap terjadi dalam jalur PPDB. Berbagai terobosan pun dilakukan. Seperti Pemerintahan Kota Bekasi membuka PPDB dengan menyiapkan jalur khusus bagi calon yang sudah hafal Al Quran.

PPDB Online SMP dan SMA

Untuk melancarkan PPDB tahun 2019, selain menyediakan pendaftaran PPDB secara online, pihak panitia juga sudah menambah jumlah kuota sampai 18 ribu kursi lebih atau sebesar tujuh persen di SMP dan SMA negeri. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika kepada para wartawan.

Berikut ini cara pendaftaran PPDB online SMP dan SMA di seluruh sekolah negeri di Jawa Barat. Metode pendaftaran ini sesuai petunjuk teknis yang disampaikan oleh Ketua Panitia secara rinci, antara lain :

  1. Calon peserta atau siswa melaksanakan pendaftaran ke SMP atau SMA yang ditujunya sebagai pilihan kesatu.
  2. Pendaftaran PPDB dilakukan secara online di internet dibantu oleh tenaga operator sekolah. Dengan cara melakukan akses ke situs resmi PPDB Jabar: ppdb.disdik.jabarprov.go.id
  3. Calon siswa bisa memilih salah satu jalur pendaftaran dari tiga cara pendaftaran, yakni jalur perpindahan, prestasi maupun zonasi.
  4. Untuk pendaftaran lewat jalur zonasi, maka harus dilihat dari domisili tempat tinggal. Untuk syarat pendaftarannya, peserta harus membawa formulir yang telah diisi lengkap dan fotocopy ijasah terbaru yang sudah dilegalisir.

Demikianlah sistem pendaftaran PPDB online SMP dan SMA tahun 2019 di Jawa Barat. Semoga dapat membantu para calon peserta didik dalam memahami alur pendaftaran PPDB saat ini.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai PPDB online tahun 2019 bisa datang ke sekretariat, di Jalan DR Radjiman Nomor 6 Pasirkaliki Cicendo, Kota Bandung. Atau dapat mengunjungi situs resmi Panitia PPDB Jabar 2019. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here