Potensi Ancaman Gempa Bumi Dahsyat di Jawa Barat

0
121
Potensi Ancaman Gempa Bumi Jawa Barat
Foto : Ilustrasi Sesar Bandung (blog.act.id)

JABAR,- Potensi Ancaman Gempa Bumi Jawa Barat. Berkali-kali propinsi Jawa Barat diterjang gempa bumi yang memakan banyak korban jiwa.

Jawa Barat merupakan propinsi yang memiliki potensi paling besar mengalami gempa bumi. Hal itu berdasarkan hasil penelitian dari LIPI bersama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Atas dasar pergerakan dan keaktifan patahan dua jalur di pulau Jawa, propinsi Jawa Barat diprediksi akan mengalami gempa bumi dahsyat di masa depan. Kondisi ini menjai warning bagi penduduk Jabar untuk bersiap diri dan mawas diri.

Sehingga dengan begitu penduduk Jabar dapat terselamatkan dengan baik. Tak tanggung-tanggung, para pakar memprediksi Jawa Barat akan mengalami gempa bumi yang berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Yulianto Eko, menuturkan, salah satu daerah yang diprediksi akan mengalami gempa bumi adalah Bandung, tepatnya di Sesar Lembang.

Para ahli yang tergabung di LIPI menyarankan agar bangunan di daerah Sesar Lembang perlu direlokasi. Saran dari para ahli tersebut agar ancaman bencana gempa bumi tidak memakan banyak korban jiwa.

Mengingat Bandung merupakan daerah yang padat penduduk dengan banyak perumahan dan bangunan publik.

Menurutnya, tsunami Selat Sunda dan likuefaksi di Donggala Palu yang terjadi beberapa bulan lalu disebabkan banyak faktor. Utamanya adalah penataan wilayah dan ruang yang tak memperhatikan wilayah rawan bencana.

“Oleh sebab itu, masyarakat Sesar Lembang perlu mewaspadai potensi gempa bumi yang bisa terjadi sewaktu-waktu,” paparnya.

Eko mengingatkan, pada Bulan Agustus tahun 2011 gempa bumi dengan magnitudo 3,3 skala richter melanda Kampung Muril Kabupaten Bandung Barat. Gempa tersebut mengakibatkan lebih dari 300 rumah mengalami retak-retak dan rusak berat.

Potensi Ancaman Gempa Bumi Jawa Barat

Setiap kejadian bencana dan gempa bumi langsung menjadi trending topic di google. Bahkan informasinya paling banyak dicari orang.

Jika terjadi gempa bumi di sebuah daerah, pastinya berbagai televisi langsung menyiarkan kabar terbaru dari peristiwa gempa bumi tersebut.

Menurut Eko, ada banyak aspek kenapa daerah Bandung menjadi wilayah yang berpotensi mengalami gempa bumi. Yang paling pokok adalah Bandung berada di daerah tanah yang lunak dan berada di endapan danau purba yang mencekung.

Oleh karena itu, menurutnya, harus ada wilayah buffer zona di dekat Sesar Lembang.

Sementara itu, berdasarkan jurnal ilmiah internasional, potensi gempa bumi di Jawa Barat sangat besar dengan adanya patahan di Cipamingkis dan Cimandiri. Patahan tersebut terus aktif dan semakin menekan.

Oleh sebab itu, kabupaten/ kota di Jawa Barat yang memiliki kepadatan penduduk sangat besar perlu lebih diperhatikan. Supaya tidak memakan banyak korban jiwa jika suatu waktu bencana gempa bumi terjadi di Jabar.

Melihat bagaimana potensi gempa di Jawa Barat sangat besar, maka sebagai penduduk Jabar hendaknya hati-hati dalam menempati daerah rawan bencana. Persiapan perlu dilakukan secara matang untuk menghindarkan diri dari dampak besar yang ditimbulkannya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here