Perang Arab-Israel 15 Mei 1948

0
221
Arab Menyerang Israel Berdasarkan Sejarah 15 Mei 1948

SEJARAH,- Mesir, Yordania, Lebanon, Suriah, Irak, dan pasukan Saudi mulai menyerang untuk Perang Arab-Israel 15 Mei 1948 . Serangan dilancarkan satu hari setelah Israel menyatakan kemerdekaannya ketika negara Liga Arab menolak pembentukan negara Israel.

Serangan dilancarkan satu hari setelah Israel menyatakan kemerdekaannya ketika negara Liga Arab menolak pembentukan negara Israel.

Serangan terhadap negara-negara Arab terhadap Israel adalah salah satu dari banyak peristiwa bersejarah di dunia yang harus dikenang pada 15 Mei. Berikut adalah serangkaian acara bersejarah yang dikumpulkan oleh Reportasee.com dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com, dalam Today’s History, 15 Mei:

Tahun 908

Penobatan Putra Kaisar Romawi Leo VI pada usia tiga tahun, Constantine VII, dinobatkan sebagai kaisar Bizantium. Konstantine VII memimpin Kekaisaran Bizantium sepanjang hidupnya di tahun 959.

Tahun 1911

Lebih dari 300 imigran Tiongkok di Torreon, Meksiko, terbunuh oleh pasukan revolusioner yang dipimpin oleh Emilio Madero, yang mendominasi kota itu. Tragedi tersebut kemudian dikenang sebagai Pembantaian Torreon.

Tahun 1919

Turki melaksanakan demonstrasi besar-besaran yang menyangkal pendudukan Izmir oleh pasukan Yunani. Protes dimulai setelah tentara Yunani membunuh 350 orang Turki yang tidak bersenjata.

Tahun 1942

Muhammad Jusuf Kalla lahir di Watampone, Wilayah Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia. Dia sekarang dikenal sebagai Wakil Presiden ke 10 dan 12. Yusuf Kala menjadi wakil presiden pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dari 2004 hingga 2009 dan masa pemerintahan Joko Widodo untuk periode 2014-2019.

Tahun 1945

Pasukan Blok Poros di Preval, Yugoslavia, menyerah kepada Sekutu. Blok Poros menyerah setelah berjuang melawan Sekutu selama dua hari di wilayah Prevalje Yugoslavia.

Tahun 1948

Pasukan Mesir, Yordania, Lebanon, Suriah, Irak dan Arab Saudi mulai menyerang Israel. Mereka melakukan serangan satu hari setelah Israel menyatakan kemerdekaannya, ketika negara-negara yang tergabung Liga Arab menolak penciptaan Negara Israel. Serangan tersebut memicu perang Arab-Israel sampai 10 Maret 1949, dan pada akhirnya dimenangkan pihak Israel.

Tahun 1972

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengembalikan Kepulauan Okinawa, yang dikendalikan dari 1945 kepada pihak Jepang. Selama pendudukan AS, Kepulauan Okinawa digunakan sebagai pangkalan untuk pesawat tempur.

Tahun 1957

Untuk pertama kalinya, Inggris menguji bom hidrogen di Pulau Christmas di Samudra Hindia, selatan Indonesia. Pengujian bom hidrogen disebabkan oleh negara-negara yang bersaing untuk mereproduksi senjata selama Perang Dingin.

Tahun 1982

Pasukan Inggris untuk pertama kalinya melakukan serangan untuk menguasai kepulauan Falklands dengan pasukan Argentina. Sebelumnya, pasukan Inggris hanya menyerang dengan menggunakan kapal perang. Selama serangan darat pertama, Inggris berhasil menghancurkan 11 pesawat militer dan gudang senjata milik Argentina.

Tahun 1998

Francis Albert Sinatra, lebih dikenal dengan nama panggungnya Frank Sinatra, tutup usia pada usia 82 di Los Angeles, California, AS (AS). Dalam hidupnya, Frank dikenal sebagai musisi yang mempunyai pengaruh besar pada musik musik jaz, pop, dan swing.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here