NASA Terbangkan Helikopter ke Mars

0
485
NASA Terbangkan Helikopter ke Mars
Foto : Helikopter Mars

Reportasee.com,- Helikopter racikan NASA akan dikirim ke Planet Mars awal tahun 2021. Pengumuman peluncuran Mars Rover 2020  ini telah diresmikan NASA pada Rabu, (28/08/2019).

Melansir dari Tempo.co, Jumat, (30/08/2019), Helikopter itu dikabarkan segera mendarat ke Planet Merah antara akhir Januari dan Februari 2021. Pesawat manusia itu merupakan yang pertama jika hal tersebut terjadi.

Hingga kini, Mars telah menjadi tuan rumah bagi para pengorbit, pendarat dan penjelajah namun masih belum kedatangan mesin terbang.

Helikopter Mars hanya dimaksudkan sebagai demonstrasi teknologi. Jika misi tersebut berhasil, itu akan membuka jalan baru untuk menjelajahi dunia lain.

Baca:   HP Oppo A37, Ponsel Harga Rp 1 Jutaan Spek Gahar

Proyek Penerbangan Helikopter Mars

Faktanya, helikopter adalah teknologi lama di Bumi. Terbang ke Mars akan menjadi tantangan baru. Berkat atmosfer Mars yang tipis, sebuah pesawat yang terbang tepat di atas permukaan sudah setara dengan ketinggian 100.000 kaki di Bumi.

Sementara rekor ketinggian untuk pesawat yang terbang di Bumi hanya 40.000 kaki dan bahkan drone di Bumi dapat berjuang di ketinggian yang tak menentu.

Jadi para insinyur NASA di Jet Propulsion Laboratory (JPL) telah membuat kerajinan yang sangat ringan dan sangat kuat.

Baca:   HP Oppo A1S Harga Murah Rival Realme dan Redmi 7

Mars Rover 2020  yang mereka rancang hanya seukuran bola softball seberat 4 kg. Baling-baling rotornya akan berputar pada 3.000 rpm, 10 kali lebih cepat dari kebanyakan pesawat di Bumi.

Tim JPL mengerjakan proyek itu sejak 2013 sebagai demonstrasi teknologi meskipun tidak disetujui untuk misi Mars 2020 hingga Mei 2018.

Tantangan Penerbangan Helikopter Mars

Tantangan penerbangan Mars Rover 2020 adalah mencapai misi yang telah direncanakan sebelumnya. Para insinyur JPL telah mencari tahu bagaimana pesawat itu akan menavigasi dengan penundaan komunikasi setidaknya beberapa menit antara Mars dan Bumi.

Baca:   Galaxy A50s Muncul di Benchmark, Bedanya Dari A50?

Mereka menyelesaikan tantangan ini dengan mengambil gambar secara hati-hati dari medan dan kemudian mengarahkan rover perlahan ke tujuannya.

Jadi pesawat itu terbang sendiri dalam penerbangan pendek. Ini akan menerima perintah dan berkomunikasi melalui bajak, tetapi memiliki baterai bertenaga surya untuk daya dan pemanas agar tetap hangat di Mars.

Misinya akan berlangsung selama 30 hari dan termasuk 5 penerbangan. Pada awalnya, ini akan menjadi tes melayang sederhana hanya 10 kaki dari tanah sebelum menuju Mars. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here