27.3 C
Indonesia
Senin, Oktober 14, 2019
No menu items!

Mengenal Sosok Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat

Wajib Baca

Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp

Jakarta, Reportasee.com, -- Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp. Beberapa aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah...

Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi bahan wajib untuk prmbuatan saus tomat yang sering dipakai pada...

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Yang Begitu Variatif

Madu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Selain dapat meningkatkan kekebalan...

SOSOK,- Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat. Nama Ridwan Kamil menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir ini dalam dunia pemerintahan dan birokrasi di tanah air. Padahal dulu namanya sangat asing atau belum banyak diketahui orang.

Lalu apa yang membuat popularitas nama Ridwan Kamil melejit sangat pesat dewasa ini? Untuk mengetahuinya berikut ini, saya paparkan profil, biografi dan biodata singkat bapak Ridwan Kamil dari kecil sampai dewasa.

Jika ditanya orang Bandung saat ini, siapa sih yang tidak mengenal sosok Ridwan Kamil? pastinya setiap orang mengenalnya sebagai salah satu mantan walikota Bandung terbaik di jamannya.

Ketenaran dan popularitas Ridwan Kamil terus meroket sejak menjadi Walikota Bandung. Hingga Ridwan Kamil dipercaya oleh masyarakat sebagai Gubernur Jawa Barat berpasangan dengan UU Ruzhanul Ulum asal Tasikmalaya.

Terpilihnya Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat didukung oleh beberapa partai besar seperti Nasdem. Hingga ia dapat menggantikan Gubernur sebelumnya Ahmad Heryawan.

Terpilihnya Ridwan Kamil sebagai Gubernur tak terlepas dari kinerja sebelumnya yang sangat hebat dan mumpuni dalam menata kota Bandung.

Kota Kembang Bandung menjadi lebih baik, lebih asri dan lebih maju secara besar-besaran di tangan dingin Ridwan Kamil yang merupakan lulusan University California dan Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Arsitektur.

Tugas Ridwan Kamil sekarang lebih besar lagi. Ia bukan hanya dipercaya untuk mengelola Kota Bandung. Tapi ia ditugaskan untuk mengelola dan mengatur propinsi Jawa Barat keseluruhan yang meliputi berbagai kabupaten dan kota di Jabar.

Ide kreatif dan inspiratifnya diperlukan oleh Jawa Barat yang merupakan propinsi yang memiliki jumlah penduduk paling banyak ketimbang propinsi lain di Indonesia.

Mengenal Sosok Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat

Yang menjadi sorotan dan perhatian banyak orang adalah masa-masa sebelum Ridwan Kamil menjadi terkenal sebagai Walikota Bandung.

Ridwan Kamil dilahirkan dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih pada tanggal 4 Oktober 1971 di Bandung. Dibesarkan dalam keluarga muslim yang taat beragama membuat ia sudah terbiasa menjalankan syariat agama Islam sehari-hari.

Setelah dewasa, ia menikahi gadis pujaan hatinya bernama Atalia Praratya. Dari buah pernikahannnya ini dikaruniai dua orang anak. Yang masing-masing bernama Emmiril Khan Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra.

Untuk membiayai kehidupan rumahtangganya, ia bermata pencaharian sebagai arsitek sekaligus dosen.

Pada waktu sekolah dasar, ia sangat menyukai membaca komik dan dunia bisnis. Ketika duduk di SD, ia berjualan es mambo. Selain itu, Ridwan Kamil kecil sangat cerdas, aktif dan kreatif.

Ia ikut dalam berbagai organisasi seperti klub sepakbola, Paskibraka dan OSIS. Di kelasnya, ia selalu mendapatkan peringkat lima besar setiap kenaikan kelas.

Perjalanan Pendidikan

Setelah menamatkan pendidikan SMA, ia memilih menempuh pendidikan pada jurusan Arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB). Disini ia dikenal sebagai aktifis mahasiswa yang sangat disegani banyak kalangan.

Ia aktif di organisasi kampus, organisasi bisnis, organisasi seni dan lain-lain. Sehingga pada dasarnya jiwa organisasi dan kepemimpinan sudah ditempanya sejak duduk di bangku SD dan utamanya ketika kuliah S1 di ITB.

Pada waktu lulus kuliah di ITB, Ridwan Kamil memutuskan untuk bekerja di negara Amerika Serikat. Di negara Paman Sam ini, dia bekerja selama empat bulan saja disebabkan krisis moneter yang melanda dunia.

Kemudian ia memperoleh tawaran Beasiswa S2 dari University Berkeley California. Ridwan Kamil pun mengambil kesempatan emas tersebut.

Di Amerika Hidup Prihatin

Masa-masa kehidupan di Amerika Serikat sangat memprihatinkan. Ridwan Kamil mesti makan satu kali sehari. Apalagi saat isteri tercintanya melahirkan buah hati tercinta.

Ridwan kamil tidak mempunyai uang untuk membayar biaya persalinan. Sehingga ia membuat surat rekomendasi keluarga miskin untuk memperoleh layanan kesehatan gratis.

Di tahun 2002, Ridwan Kamil bersama isteri dan buah hatinya pulang ke tanah air. Kemudian ia membangun usaha bernama PT Urbane Indonesia yang bergerak dalam layanan bisnis desain, arsitektur, dan konsultan perancangan.

Selain itu, untuk menambah penghasilan, ia mengajar di ITB sebagai dosen tak tetap program studi Arsitektur.

Diusung Parpol jadi Walikota Bandung

Pada tahun 2013, tanpa diduga Bapak Ridwan Kamill diusung oleh Partai Gerindra dan PKS untuk dicalonkan sebagai Walikota Bandung berpasangan dengan Oded Muhammad Danial.

Sejak itulah nama Ridwan Kamil menjadi terkenal. Apalagi setelah ia terpilih sebagai Walikota Bandung dan dilantik tanggal 16 September 2013.

Dalam masa jabatan sebagai Walikota Bandung banyak perubahan yang dilakukannya terutama dalam tata ruang dan pelayanan publik di Kota Bandung.

Dengan tangan dingin dan otak cerdasnya, ia berhasil membangun kota Bandung menjadi lebih rapi, bersih dan elok. Berbagai penghargaan pun ia terima dari lembaga di dalam negeri sampai luar negeri. Salah satunya penghargaan sebagai Walikota terbaik se Indonesia.

Dipinang Parpol jadi Gubernur

Nama besar Ridwan Kamil yang mendapatkan prestasi sebagai Walikota terbaik di Indonesia membuat banyak partai politik tertarik untuk meminangnya sebagai calon Gubernur Jawa Barat.

Partai Hanura, Nasdem, PKB dan PPP bersepakat untuk mengusung Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat 2018 yang disandingkan dengan UU Ruzhanul Ulum. Hasil perhitungan cepat atau Quick Qount menunjukkan Ridwan Kamil sebagai pemenang Pilkada Jawa Barat tahun 2018.

Hasil perhitungan cepat atau Quick Qount menunjukkan Ridwan Kamil sebagai pemenang Pilkada Jawa Barat tahun 2018.

Demikianlah uraian singkat untuk Mengenal Sosok Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat. Semoga dapat memberikan wawasan dan pencerahan pada pembaca semuanya. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Terbaru

Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp

Jakarta, Reportasee.com, -- Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp. Beberapa aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah...

Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi bahan wajib untuk prmbuatan saus tomat yang sering dipakai pada makanan-makanan tertentu khususnya makanan-makanan dari...

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Yang Begitu Variatif

Madu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Selain dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh seseorang, madu...

Tips Jadi Pejuang Anti Hoaks Di Whatsapp Untuk Anda

Sebagai pengguna smartphone, Anda pasti tidak asing dengan aplikasi whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya bisa berbicara dengan pengguna lainnya melalui media smartphone. Dengan...

IJTI Tapal Kuda: Ya Liputan, Ya Sigap Tangani Bencana

Reprotasee.com - Rapat Kerja (Raker) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Tapal Kuda diadakan di Hotel Luminor Jember, Minggu (14/10/2019).
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -
%d blogger menyukai ini: