Markel dan Macron Usulkan Bahas G7, Kebakaran Besar di Amazon

0
602
blank

Reportasee.com,- Belakangan ini, dunia dirundung kontroversi tentang kebakaran hutan yang terjadi di sekitaran hutan Amazon, Brazil. Kejadian ini tentunya membuat beberapa negara, yang perduli akan adanya kasus ini angkat bicara, salah satunya adalah pemimpin dari negara Perancis dan Jerman.

Angela Merkel kanselir dari Jerman dan Presiden Macron dari Prancis juga angkat bicara, bahwa sebenarnya permasalahan ini bukanlah permasalahan nasional Brazil, akan tetapi permasalahan untuk seluruh dunia.

Semua pernyataan itu bukanlah tanpa alasan, melainkan hutan Amazon merupakan salah satu hutan terpenting di dunia, yang harus selalu dijaga ekosistemnya. Kedua orang tersebut nyatanya mengatakan, bahwa apa yang terjadi di hutan Amazon merupakan salah satu krisis dunia. Dengan menyatakan bahwa kedua pemimpin ini, akan membahas kejadian di hutan Amazon pada pertemuan G7 summit nanti.

Keberadaan Hutan Amazon yang Penting Bagi Bumi

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, “acute emergency” atau krisis darurat harus menjadi salah satu agenda pada pertemuan G7 nanti. Pernyataan dari Angela Merkel ini, disetujui oleh Presiden dari Perancis Emmanuel Macron’s, yang bahkan mencuitkan beberapa bentuk kesetujuannya di akun Twitter miliknya dengan mengatakan, “ our house is burning” begitu dalam cuitannya.

Semua ini juga berada pada saat yang tepat, dimana Presiden Macron akan menjadi tuan rumah, untuk pertemuan G7 summit dengan tema Leading Industrial Nations dalam minggu ini. Presiden Macron juga mengatakan bahwa, kesehatan dari hutan Amazon merupakan permasalahan internasional.

Pernyataan Presiden Macroon juga dipertegas dengan data yang konkrit, bahwa sebenarnya hutan Amazon memang menjadi penghasil oksigen terbesar di bumi. Dengan demikian permasalahan ini memang pantas untuk dijadikan isu internasional, dengan hastag yang dibuat oleh Presiden Macron #ActForTheAmazon, juga dengan ajakan kepada anggota G7 untuk membahasnya.

Pada hasil penelitian ilmiah menyatakan, bahwa hutan Amazon berhasil mengurangi kasus pemanasan global di bumi. Bahkan menjadi rumah dari jutaan spesies binatang dan tumbuhan di bumi, dengan banyaknya penduduk pedalaman yang harus diselamatkan. Karena, hutan ini mengalami isu kebakaran yang semakin meningkat dengan keberadaan 85% termasuk di wilayah Brazil.

Pembahasan Tidak Disetujui Oleh Pemimpin Brazil

Beberapa grup dari penyelidikan alam menyatakan bahwa, kejadian ini ada sangkut pautnya dengan peraturan yang dibuat oleh presiden Brazil, yang mana Presiden Jair telah menolak keterkaitannya.

Dengan menyatakan bahwa “ Presiden Perancis telah menyangkut pautkan isu ini, untuk meraih ketenaran politik dirinya, dengan membawanya untuk berdiskusi bersama G7 nanti, dan ditakutkan akan terjadinya mispresepsi global”.

Pembahasan Mendalam Didukung Oleh Sebagian Organisasi Dunia

Apa yang dilakukan oleh kedua pemimpin ini, nyatanya mendapat dukungan dari beberapa organisasi di dunia. Bahkan banyak pihak yang menyatakan jika Presiden Brazil, telah mengutus beberapa petani untuk membersihkan lahan sisa kebakaran. Meskipun semua itu, belum bisa menahan beberapa warga Brazil, untuk tidak melakukan aksi tuntutan bagi Presiden Brazil ini akan kebakaran yang terjadi.

Kelompok yang mendukung aksi untuk hutan di Amazon telah menggelar protes di beberapa kota di Brazil, dan menuntut aksi untuk mengatasi kebakaran ini.

Dengan dukungan dari UN Secretary General Antonio Guterres yang menyatakan “ dalam isu krisis iklim global ini, kita mengetahui bahwa ada bahaya besar yang mengancam oksigen dan biodiversity di bumi ini, dan hutan di Amazon harus dilindungi. Begitu menurut cuitannya di Twitter, yang menunjukan aksinya untuk Menuntut penanganan di hutan Amazon, Brazil. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here