29 C
Indonesia
Minggu, Desember 8, 2019
No menu items!

Kisah Lahirnya HongMeng OS Pengganti Android

Wajib Baca

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

ANDROID,- Sistem operasi pengganti Android bernama HongMeng OS akan diluncurkan oleh Huawei Technologies Co. Ltd. Permohonan pendaftaran merek dagangnya pun sudah diajukan di beberapa negara.

Ditunjukkan oleh data dari WIPO (Badan Hak Kekayaan Intelektual PBB), Huawei sedang mengupayakan merek dagang dari OS nya tersebut di sembilan Negara dan Uni-Eropa.

Hal ini disinyalir sebagai alternatif penjualan di pasar-pasar utama karena model bisnisnya telah terancam oleh sanksi dari Amerika Serikat.

Seperti diketahui, bulan lalu Huawei ditempatkan dalam daftar hitam oleh Presiden Donald Trump sehingga Google memutuskan untuk menghentikan akses Huawei terhadap sistem operasi Android yang selama ini digunakan pada banyak smartphone keluaran pabrikan asal Shenzen, China tersebut.

Baca juga : Vivo dan Oppo Dukung Huawei untuk OS Hongmeng

Wakil presiden urusan publik dan komunikasi Huawei, Andrew Williamson mengungkapkan bahwa HongMeng terus bergerak maju dan siap diluncurkan untuk menggantikan OS Android.

Menurut data WIPO, merek dagang HongMeng telah didaftarkan di beberapa negara seperti Kamboja, Kanada, Korea Selatan, dan Selandia Baru.

Perusahaan pembuat peralatan jaringan telekomunikasi terbesar di dunia itu juga telah mengajukan aplikasi di Peru. Sedangkan di Tiongkok sendiri, Huawei sudah mengajukan permohonan merek dagang HongMeng sejak Agustus tahun lalu dan baru menerima persetujuan pada bulan Mei Lalu.

Ide Membuat HongMeng Sudah Digagas 7 Tahun Lalu

Ide pembuatan OS sendiri ternyata sudah digagas Huawei sejak 7 tahun lalu di sebuah Vila di tepi danau di Shenzen, China.

Tim kecil dari eksekutif Huawei Technologies saat itu mengadakan pertemuan tertutup selama beberapa hari, dipimpin oleh sang pendiri, Ren Zhengfei.

Di tempat itu, mereka mendiskusikan tentang kekhawatiran akan ketergantungan ponsel Huawei pada Android di masa depan yang dapat membuat perusahaan rentan terhadap model bisnis yang dijalani.

Menurut South China Morning Post, kelompok tersebut sepakat bahwa Huawei harus mengembangkan OS sendiri sebagai alternatif potensial dari Android.

Pertemuan yang disebut dengan “pembicaraan tepi danau” ini kemudian ditindaklanjuti dan dibentuklah sebuah tim yang bekerja secara rahasia.

Di dalam kantor Huawei terdapat zona khusus tempat bekerja tim OS dengan penjaga berada di depan pintu dan zona ini hanya dapat di akses oleh karyawan tim OS saja.

Proyek OS ini pun menjadi bagian penting dari Huawei 2012 Laboratories yang merupakan pusat inovasi, penelitian, dan pengembangan teknologi perusahaan Huawei Technologies Co. Ltd.

Huawei Siap Memproduksi 1 Juta Ponsel dengan OS HongMeng

Kabar terbaru, Huawei telah memproduksi 1 juta smartphone yang di dalamnya akan terpasang HongMeng OS. Langkah ini sebagai uji coba dari Huawei, tapi ke Negara mana saja 1 juta ponsel itu akan dikapalkan masih belum diketahui oleh publik.

Sementara itu, ada kabar menyebar dari para pengamat gadget pintar. HongMeng OS ditengarai memiliki kemampuan operasi lebih kencang dibandingkan Android.

Dilaporkan oleh Global Times, beberapa perusahaan pembuat smartphone dari China seperti Vivo dan OPPO juga sudah mengirim tim untuk menguji kinerja HongMeng OS dan memberikan penilaian yang positif.

Sementara untuk Tencent dan Xiaomi masih belum mau memberi komentar tentang tanggapan mereka terhadap HongMeng OS pengganti Android. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel terbarunya, X30, akan diumumkan pada...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -