Khasiat Rebusan Daun Pandan Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal daun pandan? Daun yang memiliki bentuk sejajar dan biasa untuk bahan minuman dan kue ini, ternyata juga memiliki manfaat penting. Khasiat rebusan daun pandan, ternyata bukan hanya sebagai bahan masakan, tetapi juga bermanfaat sebagai obat.

Daun pandan memiliki aroma yang khas, yaitu wangi dan gurih. Itu sebabnya daun ini sering berguna sebagai bahan campuran pembuat kue dan minuman. Tetapi, di balik aroma wangi dan sedapnya, ternyata daun pandan ini memiliki manfaat besar untuk kesehatan. Berikut di antaranya

Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah keadaan yang terjadi pada seseorang berupa gangguan sulit tidur. Faktor penyebab seseorang mengalami sulit tidur ada bermacam-macam. Ini bisa karena penyakit, atai bisa juga karena faktor psikis yang menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem syaraf.

Daun pandan ini memiliki kandungan zat yang bernama tannin. Tannin ini dalam dunia kesehatan memiliki kemampuan efektif untuk menenangkan syaraf. Minum rebusan daun pandan sebelum tidur, bisa membantu proses relaksasi dalam tubuh sehingga tidak sulit untuk tidur.

Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan produksi insulin yang menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Gangguan produksi insulin ini biasanya karena adanya gangguan pada organ tubuh yang bernama pankreas.

Daun pandan memiliki peran penting dalam fungsi kerja sel pankreas sehingga bisa meningkatkan produksi insulin. Dengan lancarnya produksi insulin ini, akan mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah. Dengan demikian, hal ini juga bisa mencegah timbulnya penyakit tersebut.

Mencegah Diare

Khasiat rebusan daun pandan lainnya adalah untuk mencegah diare. Diare sendiri terjadi akibat adanya bakteri dalam sistem pencernaan, terutama bakteri di dalam usus besar. Gangguan ini cukup berbahaya bagi penderitanya, karena bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa berakibat kematian.

Mengapa daun pandan bisa mencegah gangguan ini? Alasannya karena daun pandan memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba.

Rutin minum rebusan daun pandan akan mencegah munculnya bakteri atau mikroba yang biasanya terdapat pada organ pencernaan. Bakteri inilah yang bisa menyebabkan timbulnya diare.

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu penyakit yang paling orang takuti adalah penyakit darah tinggi. Hal ini karena darah tinggi bisa menjadi sumber penyakit lain seperti stroke, jantung, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Penyakit tekanan darah tinggi juga menjadi penyebab angka kematian yang cukup tinggi.

Rebusan daun pandan juga bisa Anda gunakan untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan ekstrak daun pandan akan mencegah bertambahnya tekanan darah di dalam tubuh. Selain itu, daun pandan ini juga bisa untuk menurunkan obesitas atau kegemukan yang juga memicu tekanan darah tinggi.

Meredakan Nyeri Sendi

Khasiat rebusan daun pandan yang juga cukup ampuh adalah untuk menghilangkan atau meredakan nyeri sendi. Nyeri sendi terjadi karena adanya kerusakan pada tulang rawan. Ini bisa juga karena adanya peradangan dan infeksi yang terjadi pada daerah sendi dan sekitar sendi.

Zat antioksidan flavonol yang ada pada daun pandan bisa membantu mencegah terjadinya peradangan di daerah sendi, yang mengakibatkan rusaknya tulang rawan. Zat antioksidan flavonol ini juga bisa membantu mencegah kemungkinan terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mencegah Stress

Stress yang terjadi pada seseorang bisa karena berbagai faktor. Bisa karena stress masalah pekerjaan, rumah tangga, keuangan,  atau berbagai masalah yang terjadi dalam hidup. Tekanan-tekanan tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan  stress.

Rebusan daun pandan, memiliki kandungan zat yang memiliki efek menenangkan pada syaraf. Minum air rebusan daun pandan juga bisa mengurangi kecemasan pada seseorang. Ekstrak daun pandan ini juga bisa mencegah tekanan pada syaraf yang menyebabkan gangguan depresi.

Mencegah Kerontokan Rambut

Daun pandan bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga untuk kesehatan, terutama kesehatan rambut. Hal ini karena daun pandan memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu melembabkan rambut dan juga mencegah kerontokan.

Kandungan nutrisi pada daun pandan bisa menguatkan akar rambut. Apabila akar rambut kuat, secara tidak langsung rambut menjadi kokoh dan kuat, sehingga terhindar dari kerontokan. Selain itu, rambut yang terjaga kelembabannya juga akan terlihat sehat dan berkilau.

Mencegah Kanker

Mengkonsumsi air rebusan daun pandan  juga bisa untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Kanker sendiri merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Tidak heran, penyakit ini sangat orang takuti, dan semua orang berusaha untuk mencegahnya.

Daun pandan di sini memiliki kandungan beberapa zat yang bisa membantu membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh. Kandungan zat dalam daun pandan tersebut bersifat anti mitotic, apoptosis, dan sitotoksik. Dengan sifat ini, maka daun pandan bisa mencegah penyakit kanker.

Daun pandan  ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai bahan pembuat makanan dan minuman. Khasiat rebusan daun pandan bisa bermanfaat juga untuk kesehatan dan juga kecantikan. Mengkonsumsi rebusan daun pandan secara teratur, akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.