Hendra; Kebakaran Hutan Jati di Pamarican Ciamis Harus Diusut

0
323
Kebakaran Hutan Jati di Pamarican Ciamis

Reportasee.com – Ketua Pusat Kajian Hukum Universitas Galuh / PKH Unigal, Hendra Sukarman, meminta insiden kebakaran hutan jati di Pamarican Ciamis segera diusut. Apalagi jika sampai ada unsur kesengajaan dalam insiden kebakaran tersebut.

“Jika sengaja (dibakar), harus diproses pelaku atau pembakarnya,” tandasnya.

Menurut Hendra, insiden kebakaran hutan jati yang terjadi di petak 75 C Gunung Geger Bentang, di Dusun Lumbungsari, Desa/ Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, menjadi bukti Perum Perhutani tidak mampu menjaga aset.

Dilansir dari HarapanRakyat.com, Minggu (22/09/2019), warga sempat mengalami kepanikan saat api yang melahap lahan seluas tiga hektaran itu tiba-tiba membesar. Pasalnya, warga khawatir kebakaran hutan jati tersebut bakal merembet hingga ke pemukiman penduduk.

Kuswara, warga Pamarican, menceritakan, warga berusaha berjibaku memadamkan api yang membakar lahan dengan peralatan seadanya. Warga sebelumnya naik ke arah gunung dan berupaya menjinakkan api yang menjalar melalui rumput, daun dan kayu kering.   

Menurut Kuswara, warga sampai sekarang tidak mengetahui secara persis penyebab terjadinya kebakaran. Hanya saja, ada asumsi bahwa kebakaran hutan jati tersebut sengaja dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Indikasi tersebut, kata Kuswara, terlihat karena kondisi api yang membakar lahan tiba-tiba membesar. Untungnya, warga bersama-sama dengan petugas dan aparat, buru-buru berusaha menjinakkan api.  

Sementara itu, Kepala Desa Pamarican, Endang Rahmana, menyebutkan, kebakaran hutan jati di wilayah tersebut sudah dua kali terjadi. Kebakaran hutan sebelumnya terjadi beberapa hari ke belakang. Lahan yang terbakar mencapai sekitar lima hektar.  

Kebakaran yang kedua, kata Endang, terjadi pada hari Sabtu, (21/09/2019). Lahan yang terbakar mencapai sekitar tiga hektar. Api yang membakar lahan kemudian berhasil dipadamkan.

Menghadapi situasi tersebut, Endang berharap masyarakat Pamarican meningkatkan kewaspadaan. Terlebih di musim kemarau, sehigga kondisinya rawan terjadi kebakaran. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here