FTBM Ciamis Gelar Kemah Literasi 2, Ini Tujuannya!

0
454

Reportasee.com – Forum Taman Bacaan Masyarakat/ FTBM Ciamis menggelar kegiatan Kemah Literasi untuk kali kedua. Kegiatan Kemah Literasi ini digelar dalam upaya mewujudkan Kabupaten Ciamis yang literat.

Kegiatan yang berlangsung sejak 14–15 September 2019 di SMK Bumi Nurani Camp (BNC) Kecamatan Cijeungjing Ciamis, diikuti oleh sedikitnya 70 peserta yang mewakili SMP dan SMA/ SMK serta Taman Bacaan Masyarakat se–Kabupaten  Ciamis.

Ketua FTBM Ciamis, Rossy Nurhayati, menuturkan, pemahaman masyarakat terhadap literasi belum sepenuhnya merata, sehingga sangat perlu untuk diadakan suatu gerakan yang dapat mengedukasi dan memberikan pemahaman mengenai literasi.

Baca : OBPS Tingkatkan Budaya Literasi di Cintajaya Lakbok Ciamis

Kondisi semacam itu menjadi alasan bagi pihaknya untuk mengadakan kegiatan kemah literasi ini. Alasannya sederhana, pihaknya ingin belajar bersama-sama dan saling memotivasi satu dengan yang lainnya.

Baca:   Satpol PP Ciamis Lakukan Operasi Pekat Ramadhan

“Baik mereka yang ingin mendirikan taman bacaan ataupun mereka yang sudah mencintai literasi,” ungkapnya, Ahad (15/09/2019).

Rossy mengajak peserta menjadikan Kemah Literasi ini sebagai sebuah momen yang berharga. Dalam artian, menjadikan laskar–laskar literasi Kabupaten Ciamis yang berkelanjutan, terus bersinergi dan berkesinambungan dalam setiap aksi-aksi.

Baca : Algoritma Bahasa Presiden “JOKOWI”

Rossy berharap untuk kedepannya semua pemangku kebijakan bisa ikut andil dalam kegiatan Kemah Literasi. Selain itu seluruh lapisan masyarakat juga ikut terlibat untuk mendorong dan bekerjasama dalam menggelorakan minat dan budaya membaca.

Baca:   BNNK Ciamis Amankan Perempuan Penjual Sabu Asal Tasikmalaya

“Karena dari membaca inilah akan timbul semangat untuk menggerakan aksi litersi-literasi yang lain,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri Bunda Literasi Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati, S.Sos., M.Si., Ketua FTBM Ciamis Ummi Rossy Nurhayati S.Pd., dan PLT Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Hadirkan Narasumber

Kemah Literasi 2 juga menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Hj. Tini Nurmasari S.Sos. M.M, PLT Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis, Kang Opik Ketua FTBM Jawa Barat, juga beberapa media seperti CNN Indonesia (Trans TV), Metro TV, SCTV, dan Kabar Priangan.

Tidak hanya itu, panitia juga mengundang salah satu tokoh literasi yang sudah mendunia ‘Gol A Gong’. Dia merupakan penulis dan pembina FTBM Indonesia.

Baca:   Santri Darussalam Berdo'a untuk PSGC Ciamis

Dengan kehadirannya, peserta diarahkan untuk menjadi seseorang yang berliterat. Tidak hanya dalam bidang membaca dan menulis, dia juga mengarahkan agar peserta mampu memahami tentang literasi kebudayaan.

Baca : Tuntutan Pemerintah atau Kebutuhan Keilmuan diri?

“Saya begitu terkesan. Banyak sesi kegiatan yang menarik bagi kalangan pemuda, baik itu pelajar maupun mahasiswa. Kita diajarkan bagaimana caranya membaca, menulis, serta berdiskusi dengan baik,” kata Hilmi, mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Galuh, Ciamis.

Hilmi berharap semoga tahun depan kegiatan ini dapat dikemas dengan lebih menarik lagi. Supaya nila-nilai yang terkandung dapat diaplikasikan dengan baik.

Siswi SMPN 1 Cihaurbeuti, Irna, juga merasa sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dia berharap peserta yang mengikuti Kemah Literasi bisa bertambah banyak untuk tahun berikutnya. ***

Penulis:
Karizal Tri Sabana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here