Fedor Lakukan Pendaratan ke Luar Angkasa

0
336
Fedor Lakukan Pendaratan ke Luar Angkasa
Foto : Fedor

Reportasee.com,- Fedor, robot humanoid Russia tengah melakukan pendaratan ke luar angkasa. Robot itu dijadwalkan untuk tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan lebih dari 650 kg kargo Sabtu, 24 Agustus 2019.

Melansir dari Aljazeera, Sabtu (24 Agustus 2019), Final Experimental Demonstration Object Research (Fedor), Skybot F-850 menjadi robot humanoid pertama yang dikirim ke luar angkasa oleh Russia.

Robot itu meluncur setelah melakukan misi 10 hari untuk mendukung para astronot yang menunggu di ISS dengan memasok alat medis dan jatah makanan untuk para kru. Russia menjadwalkan peluncuran itu dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan Kamis, 22 Agustus 2019.

Baca:   NASA Siap Terbangkan Wanita Pertama Ke Bulan

Fedor dijadwalkan akan bertahan hingga 7 September 2019.

Badan Antariksa Rusia, Roscosmos mengatakan bahwa tujuan utama robot untuk digunakan dalam operasi yang sangat berbahaya bagi manusia di pesawat ruang angkasa dan di luar angkasa.

ISS adalah proyek bersama badan antariksa Amerika Serikat, Russia, Eropa, Jepang dan Kanada.

Fedor Kibarkan Bendera Russia

Fedor, yang seukuran orang dewasa dan dapat meniru gerakan tubuh manusia diikat ke kursi pilot khusus yang disesuaikan untuk perjalanan dengan membawa bendera Russia di tangannya.

Baca:   SpaceX Bekali Persediaan NASA Sebanyak 2,5 Ton

“Ayo pergi. Ayo,” robot itu berkata saat peluncuran dengan mengulangi frase terkenal yang digunakan oleh manusia pertama di luar angkasa, Yuri Gagarin.

Robot ini memiliki akun Instagram dan Twitter dengan postingan yang mengatakan sedang mempelajari keterampilan baru seperti membuka botol air. Di ISS, ia akan mencoba keterampilan manual dalam gravitasi yang sangat rendah.

Direktur Badan Antariksa Rusia, Alexander Bloshenko mengatakan, robot itu merupakan opsi yang tepat untuk melakukan operasi berbahaya seperti spacewalks.

Baca:   Astronot Spacewalking Instal Tempat Parkir Antariksa

Fedor Meluncur Tanpa Hambatan

Robot tersebut digambarkan sebagai “Asisten Kru ISS” di halaman Twitter-nya yang memiliki 4.600 pengikut.

Ia menjamin penggemarnya bahwa ia sedang dalam perjalanan ke ISS tanpa hambatan setelah lift-off.

Meskipun merupakan yang pertama bagi Rusia, perjalanannya tidak menandai peresmian robot untuk ruang angkasa.

Kilas balik pada 2011, NASA mengirim Robonaut 2, robot humanoid yang dikembangkan bersama General Motors yang memiliki tujuan serupa untuk bekerja di lingkungan berisiko tinggi.

Namun , itu diterbangkan kembali ke Bumi tahun 2018 setelah mengalami masalah teknis. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.