Berita Terbaru: Jawa Barat Dalam Angka

0
66
Reportasee.com | Cover Statistik Jawa Barat Dalam Angka
Foto : Ilustrasi

Berbicara Jawa Barat Dalam Angka, tidak terlepas dari data dan fakta yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Setiap tahun, BPS mengungkap perihal statistik nilai tukar petani, angka pengangguran, jumlah penduduk, jumlah lowongan kerja, jumlah angkatan kerja, angka kemiskinan, dan statistik lainnya.

Survey atau riset dilakukan oleh BPS di semua kabupaten dan kota yang berada di wilayah Jawa Barat.

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah No 51 tahun 1999 dan Undang-Undang No 16 Tahun 1997 mengenai penyelenggaraan data statistik. Pembentukan BPS ini untuk melihat sejauh mana perkembangan propinsi Jawa Barat dalam segala hal dan angka.

Penyelenggaraan data statistik dijalankan oleh Badan Pusat Statistik yang bersifat independen. Data yang dihasilkan dibutuhkan oleh semua kalangan umum untuk melihat perkembangan terbaru Jawa Barat.

Statistik Jawa Barat

Berdasarkan keterangan resmi dari Pemerintahan Propinsi Jawa Barat, untuk melihat perkembangan statistik Jawa Barat dalam angka, anda dapat melihatnya di buku, majalah maupun koran indikator statistik terbaru propinsi Jawa Barat tahun 2019. Perkembangan statistik ini diterbitkan oleh BPS Jawa Barat.

Atau cara paling mudah adalah dengan mengunjungi website resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat. Anda akan mendapatkan informasi yang terkini dan menarik dari seputar propinsi Jawa Barat yang sayang untuk dilewatkan.

Adanya statistik terbaru Jawa Barat yang dikeluarkan secara berkala oleh BPS merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat luas. Khususnya dalam perihal penyediaan statistik data penting yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

Data yang disediakan BPS sudah berdasarkan hasil survei, sensus dan analisa mendalam di 27 kabupaten dan kota di propinsi Jawa Barat. Diantaranya seperti Kota Depok, Bekasi, Tasikmalaya, Cirebon, Bandung dll.

Jawa Barat Dalam Angka

Untuk di bidang pertanian atau pedesaan, BPS mengulas data soal upah buruh tani, inflasi pedesaan dan perkotaan. Kemudia pola konsumsi, statistik harga beras di produsen dan penggilingan beras. Perikanan, peternakan, tanaman perkebunan rakyat, tanaman hortikultura, ekspor impor, dll.

Sedangkan untuk pola konsumsi masyarakat Jabar 2019, BPS menggambarkan data statistik pola perilaku konsumsi rumah tangga di Jabar dari semua kalangan masyarakat.

Selanjutnya, data angka kemiskinan di Jawa Barat memperlihatkan tren penurunan dari tahun 2017 hingga 2018. Hal ini menunjukkan keberhasilan Pemprov Jabar dalam mengurangi angka kemiskinan.

Pada tahun 2017, penduduk Jawa Barat yang berada di jurang kemiskinan sebesar 3,77 juta penduduk atau 7,83 persen dari total penduduk Jabar. Dan pada tahun 2018, jumlah penduduk miskin di Jabar mencapai 3,62 juta jiwa. Yang berarti mengalami penurunan mencapai 7,45 persen.

Data statistik angka kemiskinan yang diterbitkan oleh BPS Jawa Barat menunjukan keadaan yang nyata dari kondisi propinsi Jabar. Data tersebut sangat diperlukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Khususnya bagi pemerintah dalam merencanakan program pembangunan dan pengentasan kemiskinan yang lebih efektif di wilayah-wilayah tertentu.

Untuk mengetahui secara lengkap mengenai Jawa Barat dalam angka statistik, maka anda dapat mendatangi langsung kantor pusat Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat. Alamatnya  di Jalan PHH Mustofa Nomor 43 Kota Bandung kodepos 40124. Layanan terbuka untuk umum dimulai jam 8.30 sampai 15.30 WIB hari Senin sampai Jumat. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here