Bentuk Pulau Bali, Sejarah Beserta Penjelasannya

0
616
Sejarah Bentuk Pulau Bali beserta Penjelasannya

Reportasee.com – Pulau Bali merupakan salah satu anggota pulau terbesar yang berada di provinsi Bali. Bentuk Pulau Bali tidak terlepas dari proses perkembangan yang sangat panjang. Dilansir dari tribun-bali, Pulau Bali diperkirakan terbentuk 23 juta tahun lalu.

Proses Bentuk Pulau Bali

Terbentuk dari aktivitas gunung api

Pulau yang selama ini kita kenal sebagai Bali merupakan hasil dari aktivitas gunung api bawah laut. Tepatnya gunung api bawah laut yang terletak di timur Pulau Jawa.

Akibat dari aktivitas tersebut, magma panas keluar dari perut bumi, mengendap dan mengalami pengerasan yang akhirnya membentuk sebuah daratan.

Endapan magma yang pada akhirnya membentuk daratan ini tidak hanya dari satu gunung api, melainkan dari beberapa gunung api disekitar timur Pulau Jawa.

Terbentuk dari endapan batuan

Berdasarkan dari kesimpulan penelitian geologi, terbentuknya Pulau Bali adalah dari endapan batuan yang berasal dari erosi batuan pada daerah timur Pulau Jawa.

Menurut pemandu Geopark Batur, dulunya Bali tergabung dengan Pulau Jawa, karena adanya aktivitas vulkanik bawah akhirnya Bali dan Jawa terpisahkan oleh selat.

Terpisahnya Pulau Bali dan Jawa juga tak lepas dari cerita rakyat Legenda Naga Basuki dan Begawan Sidi Mantra yang menceritakan bahwa Begawan Sidi Mantra telah memisahkan Pulau Bali dan Jawa dengan kekuatan sakti yang dimilikinya.

Peran Gunung Batur Terhadap Bentuk Pulau Bali

Sesuai dengan bukti yang ada saat ini, dimana terdapat bekas ledakan dahsyat yakni berupa lubangan raksasa dengan tengahnya Gunung Batur setinggi 1.700-an mdpl mengindikasikan bahwa dulu telah terdapat sebuah gunung yang dikenal sebagai Gunung Batur Purba.

Ledakan dahsyat pada jaman purba diyakini juga menjadi faktor terbentuknya Pulau Bali menjadi seperti saat ini.

Gunung Batur Purba diperkirakan memiliki ketinggian hingga 4.200-an mdpl yang juga termasuk Gunung Api aktif saat itu.

Pada akhirnya, terbentuknya Pulau Bali disebabkan oleh aktivitas vulkanik dan juga endapan batuan.

Jika ada yang mengatakan bahwa Pulau Bali berasal dari cerita Begawan Sidi Mantra, itu hanyalah cerita rakyat saja.

Penjelasan ilmiahnya adalah dari endapan magma dan endapan batuan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui dengan detail sejarah Pulau Bali, Anda bisa mencoba datang ke museum Geopark Batur, Bali. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.