Batu Yunani Kuno Ditemukan Peneliti Ulung

0
374
Batu Yunani Kuno Ditemukan Peneliti Ulung
Foto : Batu Yunani Kuno

Reportasee.com,- Batu Yunani kuno baru-baru ini ditemukan. Sejarawan arsitektur dari Universitas Notre Dame di Indiana, Alessandro Pierattini telah menyajikan analisis baru dari batu kuil-kuil Yunani yang paling awal.

Mengutip dari laman Science Alert, Kamis (29/08/2019), batu Yunani kuno pada dasarnya menjulang di langit kota yang dibuat orang Yunani sekitar akhir abad keenam SM.

Tetapi penelitian baru berpendapat bahwa orang Yunani telah menggunakan mekanisme pengangkatan yang lebih cerdik dari seabad sebelum mereka menemukan crane.

Baca:   Pemanasan Global Makin Hari Makin Merajalela

Ada beberapa perdebatan tentang bagaimana orang Yunani membangun bangunan batu besar sebelum crane tiba di tempat kejadian ketika mekanisme pengangkatan mungkin mulai menyalip penggunaan tradisional.

Pierattini mengklaim bahwa batu Yunani kuno sedang diangkat dan jatuh ke posisinya sekitar 150 tahun sebelum adanya crane.

“Penemuan terpenting orang Yunani dalam membangun teknologi adalah crane. Tak ada peradaban sebelumnya yang diketahui telah menggunakannya dan tetap menjadi pusat konstruksi bangunan tanpa perubahan luar biasa selama hampir 25 abad,” katanya.

Baca:   Fosil Dinosaurus Baru-baru Ini Ditemukan di Prancis

Penemuan Batu Yunani Kuno

Pusat studi Pierattini adalah lekukan tali yang ditemukan dalam blok dari periode tersebut, yang digunakan di kuil-kuil termasuk yang ada di Isthmia dan Corinth.

Ada beberapa perdebatan tentang apakah tali digunakan untuk mengangkat balok ke tempat peristirahatan terakhir mereka atau untuk menarik mereka keluar dari tambang.

Dengan menganalisis alur pada batu-batu kuno dan menjalankan eksperimen dengan tali, Pierattini mengajukan hipotesis baru pada logistik konstruksi. Sehingga ia memastikan bahwa batu itu merupakan batu Yunani kuno.

Baca:   Fosil Dinosaurus Baru-baru Ini Ditemukan di Prancis

Batu Yunani Kuno Berasal Dari Konstruksi

“Ini adalah bagian penelitian yang menarik yang menunjukkan metode konstruksi Yunani Kuno bahkan lebih inovatif daripada yang kita duga,” katanya.

Telah diteliti, batu Yunani itu berasal dari konstruksi bangunan lebih dari 20 abad.

Ia menyebut, struktur itu mungkin telah dibangun ribuan tahun yang lalu. Tetapi dengan sedikit pekerjaan detektif, mereka dapat melacak kembali teknik bangunan yang digunakan.

“Studi kedalaman alur, berat balok maksimum dan kekuatan tali menunjukkan bahwa tesis alur awal yang digunakan dalam pengangkatan, secara teknis sangat masuk akal,” sambungnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.