Antisipasi Virus Corona, RSUD Ciamis Siapkan Ruang Khusus

0
646
Antisipasi Virus Corona, RSUD Ciamis Siapkan Ruang Khusus
Direktur RSUD Ciamis Dr. H Rizali Sofian menyiapkan ruang khusus untuk mengantisipasi pasien terjangkit Virus Corona

Reportasee,- Wabah virus corona dikabarkan telah menyebar ke beberapa negara, menurut informasi Kompas.com ada 13 negara yang terinfeksi virus tersebut.

Terkait hal itu, Kementrian Kesehatan mengimbau seluruh rumah sakit di Indonesia mengantisipasi mewabahnya virus mematikan tersebut.

Dari 13 negara tersebut menurur informas Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, ada warga Ciamis yang menjadi TKI di Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Taiwan.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, menyebut Pemerintah Kabupaten Ciamis akan berkoordinasi dengan Pemerintah pusat untuk meninjau lebih lanjut langkah yang akan dilakukan.

“Kita Komunikasi terus dengaan Pemerintah Pusat terkait langkah-langkah selanjutnya, terutama mengawasi warga kita yang terjangkit virus itu,” Kata Yana, Rabu (29/01/2020)

Menurut data Dinas Tenaga Kerja Ciamis, warga Ciamis yang bekerja di Jepang 1 orang, Korea Selatan 6 orang, Malaysia 37 orang, Singapore 36 orang dan Taiwan 94 orang.

Sementara itu, Rumah Sakit Umum Daerah / RSUD Ciamis telah menyiapkan ruangan isolasi untuk pasien yang terkena virus corona.

RSUD Siapkan Ruang Isolasi

Direktur RSUD Ciamis, Dr. H. Rizali Sofian, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan imbauan dari Kementrian Kesehatan RI untuk menyiapkan ruangan isolasi.

Selain itu, untuk mengantisipasi dan mencegah penularan virus corona, pihaknya sudah membentuk tim khusus penanganan pasien yang terjangkit virus ini.

Namun sampai saat ini, kata Rizali, tidak ada pasien yang terjangkit virus corona. Jika pun ada ia sudah mempersiapkan ruangan isolasi.

“Karena virus ini menular, maka kami siapkan ruangan khusus untuk pasien yang terjangkit,” ujarnya.

Menurutnya ciri-ciri yang terjangkit virus corona diantaranya sesak napas, demam panas hingga 38 derajat selsius, kulit panas dan batuk.

“Jika masyarakat Ciamis mengalami ciri-ciri seperti itu, segera kunjungi sarana kesehatan terdekat, seperti Puskesmas, Klinik, atau dokter,” katanya.

Apabila positif terjangkit, maka bisa dirujuk ke RSUD Ciamis, yang nantinya akan kembali dirujuk ke RS yang menerima pasien terjangkit virus corona sesuai arahan Kemenkes.

“Salah satunya Rumah Sakit yang disarankan oleh Kemenkes yaitu Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung,” tuturnya.

Rizali berpesan kepada warga Ciamis yang telah berpergian ke China untuk memeriksakan diri ke sarana kesehatan terdekat. Hal itu untuk mencegah terkenanya wabah virus corona.

“Ciamis kan jauh dari Bandara yang menjadi salah satu tempat lalu lalang warga asing datang. Tapi bukan berarti kami santai, kami tetap bersiaga untuk menangani pasien yang terkena virus tersebut,” pungkasnya. ***

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here