27.8 C
Indonesia
Sabtu, Oktober 19, 2019
No menu items!

Anggaran Belum Diteken, Pilkada Jember 2020 Terancam Molor

Wajib Baca

Sayur Berwarna Ungu yang Baik Untuk Kesehatan

Sayuran hijau lebih sering di konsumsi. Padahal warna sayur beragam dan memiliki banyak manfaat yang berbeda-beda. Salah satunya sayur...

Manfaat Pepaya Muda Ini Penting Anda Ketahui

Pepaya merupakan salah satu buah yang mudah di temukan dan memiliki banyak nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh. Selain...

Wisata Alam Di Italia Yang Perlu Dikunjungi

Italia merupakan salah satu negara yang popular di Eropa. Mulai dari makanannya yang mendunia sampai museum dan bangunan sejarahnya....

Reportasee.com – Pemilihan Kepala Daerah/ Pilkada Jember akan dilaksanakan tahun depan. Namun sampai saat ini anggaran untuk membiayai pesta demokrasi tersebut belum juga ditetapkan.

Semula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember masing-masing mengajukan anggaran sebesar Rp 78 dan 30 miliar. Namun, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) memperbaiki nominalnya menjadi Rp 25 miliar.

Komisioner KPU Jember, Hanafi, menuturkan, penyebab belum ditandanganinya anggaran Pilkada untuk KPU dikarenakan masih dalam proses pembahasan di TAPD.

“Sampai detik ini masih proses pembahasan di TAPD,” katanya, Rabu (03/10/2019).

Menurut Hanafi, dana Rp 78 miliar yang diajukan meliputi beberapa item. Diantaranya kegiatan rapat, pembentukan badan adhoc, bimbingan teknis, pengadaan kebutuhan logistik, dan pemutakhiran data pemilih.

“Pada Pilkada serentak tahun 2020 mendatang, KPU Jember mengajukan anggaran Rp 78 Miliar yang sebagian besar untuk honorarium tenaga ad hoc, mulai PPS hingga PPK,” ujarnya.

Meski belum diteken, lanjut Hanafi, pihaknya memastikan bahwa tidak akan berdampak apapun. Sebab, sampai akhir tahun masih belum ada tahapan yang berkonsekuensi anggaran.

Bawaslu Khawatir

Sementara itu, Ketua Komisioner Bawaslu Jember, Thabrony Pusaka, mengaku khawatir bila anggaran Pilkada tidak segera disahkan dapat menimbulkan Pilkada di Jember bakal molor.

“Semisal, tidak sesuai aturan, karena kan tahapan Pilkada sudah mau mulai,” ujarnya.

Apalagi, kata Thabrony, Peraturan KPU Nomor 15 sudah keluar. Disana, tahapan-tahapannya sudah ada, nanti bila tidak segera diteken, tentu untuk Pilkada 2020 bakal molor.

“Kami dari Bawaslu tentu berharap lebih cepat diteken lebih baik,” harapnya.

Thabrony menjelaskan, sebelum KPU melakukan perekrutan lembaga ad hoc, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Bawaslu harus sudah membentuk ad hoc, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk mengawasi tahapan rekrutmen PPK.

“Artinya, Perekrutan ad hoc tingkat kecamatan untuk Bawaslu lebih awal. Tentu kalau di PKPU 15, itu kan Januari pembentukan PPK. Jadi, sebelum itu kita harus sudah membentuk ad hoc tingkat kecamatan,” ungkap Thabrony.

Menurut Thabrony, Bawaslu mengajukan anggaran Rp 30 Miliar. Angka tersebut sudah melalui proses pembahasan dengan Bawaslu RI. Bila ada revisi/ diperbaiki, mengikuti Peraturan Daerah (Perda) dan mengikuti satuan daerah. Sebab masing-masing daerah berbeda-beda.

“Anggaran diajukan 30 Miliar, kemudian ada revisi dari TAPD yang ditunjuk oleh bupati, menjadi sekitar 25 Miliar. Itu pun belum final, harus ada revisian lagi. Kita juga menunggu, setelah pembahasan ketiga itu, kita menunggu dari pihak Pemda follow-upnya bagaimana,” terangnya.

Masih kata Thabrony, ada Surat Edaran (SE) dari Kementrian Keuangan, di dalamnya menyatakan, bahwa untuk anggaran Pilkada Jember atau dana hibah itu dicairkan tiga kali.

Pertama di tahun 2019 sebanyak 40 persen. Kemudian di tahun 2020, sebesar 50 persen. Dan terakhir 10 persen.

“Tergantung nanti pelaksanaannya bagaimana,” pungkasnya. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Terbaru

Sayur Berwarna Ungu yang Baik Untuk Kesehatan

Sayuran hijau lebih sering di konsumsi. Padahal warna sayur beragam dan memiliki banyak manfaat yang berbeda-beda. Salah satunya sayur...

Manfaat Pepaya Muda Ini Penting Anda Ketahui

Pepaya merupakan salah satu buah yang mudah di temukan dan memiliki banyak nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh. Selain pepaya matang yang sering di...

Wisata Alam Di Italia Yang Perlu Dikunjungi

Italia merupakan salah satu negara yang popular di Eropa. Mulai dari makanannya yang mendunia sampai museum dan bangunan sejarahnya. Tidak sampai disitu Italia juga...

Lagi viral, 7 Manfaat Batang Pohon Pisang yang Tersembunyi

Pisang merupakan salah satu tananaman yang tidak asing lagi terdengar. Bahkan, buah ini juga menjadi favorit banyak orang karena mengandung banyak vitamin...

Makanan Khas Bangka Belitung Ini Akan Membuat Anda Ketagihan

Bangka belitung sebuah daerah di indonesia yang ketika mendengarnya pasti merasa tidak asing lagi. Tapi taukah Anda apa saja makanan khas Bangka Belitung...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -
%d blogger menyukai ini: