32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaWisata Air Terjun Singokromo yang Terlupakan di Nganjuk Jatim

Wisata Air Terjun Singokromo yang Terlupakan di Nganjuk Jatim

Pesona Keindahan Air Terjun Singokromo Nganjuk Jawa Timur. Lokasi tepatnya berada di Desa Ngliman, Kecamatan sawahan.

Tempat wisata yang ramai wisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur.

Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur kejenuhan akan aktivitas kita sehari hari. Harga tiket masuk adalah gratis tidak di punggut biaya.

Di Sekeliling kawasan wisata Air Terjun Singokromo Nganjuk merupakan wilayah pegunungan yang memiliki pemandangan alami tumbuh-tumbuhan dan sungai yang mengalir di bawah air terjun.

Seberang lembah perbukitan hijau yang tersapu kabut putih, bisa ditebak udara sejuk menerpa kulit. Meski tubuh tergoncang-goncang akibat jalanan berbatu yang tak rata.

Harga tiket masuk gratis tidak ada pungutan biaya. Tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang kawasan wisata Air Terjun ini tawarkan.

Indahnya Air Terjun Singokromo Nganjuk Jatim

Di kedalaman hutan desa inilah, air terjun eksotis berwujud aliran air jernih. Air tersebut jatuh dari atas tebing tingginya sekitar 20 meter. Semakin kebawah air terjun kian melebar dan jatuh membentuk telaga kecil.

Posisinya menghadap ke utara, air terjun ini letaknya tidak jauh dari Air Terjun Sedudo lebih tepatnya di bawahnya jaraknya lebih dekat dari pintu masuk loket obyek wisata.

Untuk menuju lokasi dari pusat Kota Nganjuk dengan jarak tempuh sekitar 2,5 km sampai wisata Air Terjun Singokromo. Pengunjung harus memakirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Karena jalur menuju lokasi air terjun masih alami berupa jalan setapak kurang lebih 500 meter atau sekitar 15 menit. Anda harus menyusuri hutan alami yang masih hijau di lereng Gunung Wilis.

Sayang jika Anda berada di Kabupaten Nganjuk dan tidak mengunjungi wisata Air Terjun Singokromo yang mempunyai pesona keindahan yang tiada duanya.

Lokasi

Lokasi wisata Air Terjun Singokromo Nganjuk terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

Tetapi jika masih bingung soal lokasi atau letak wisata air terjun singokromo, baiknya anda mencarinya di google maps.

Do Google maps sudah tertandai lokasi tempat wisata tersebut.

Daya Tarik

Wisata Air Terjun Singokromo Nganjuk merupakantempat wisata alam yang harus Anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.

Penduduk lokal daerah Ngliman juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun dari luar kota bahkan dari luar negeri.

Kota Nganjuk juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya. Salah satunya wisata air terjun Singokromo yang memiliki keindahan. Tidak hanya pada air terjun, tapikeindahan pemandangan di sekitar lereng Gunung pun menambah kesan alami.

Baca:  Komponen Sistem Pendingin Mobil yang Harus Dirawat

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter debit air yang cukup besar. Kondisi Air Terjun Singokromo masih betul-betul alami. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo lebih tepatnya dibawahnya.

Baca:  Harga Bitcoin cs Ambruk, Ketahui Apa Penyebabnya

Masih Perawan

Warga menilaiwajar jika wisatawan jarang menjamah kawasan air terjun ini, sebab letaknya berada di kedalaman desa.

Untuk menuju ke sini harus melewati jalan setapak kurang lebih 500 meter melewati wilayah hutan lebat, lembah sungai dan jurang.

Nama Singokromo sendiri muncul dari kata singo berarti “singa atau harimau” dan kromo yang berarti “kawin”. Karena sejak zaman kakek dan nenek moyang dahulu, kawasan hutan tersebut tempat berkumpul dan kawinnya harimau di lereng Gunung Wilis.

Sehingga air terjun ini dinamakan air terjun Singokromo, karena letaknya berada di lereng gunung Singokromo.

Sejumlah wisatawan merasakan sensasi khusus saat berendam atau menikmati guyuran air terjun di Singokromo. Menikmati guyuran di kepala, badan dan wajah langsung jadi segar dan galau jadi hilang.

Menurut penututran beberapa sumber sejarah, air terjun ini juga masih sangat lekat hingga sekarang. Terbukti, setiap malam bulan purnama banyak warga yang masih mendatangi air terjun ini untuk mengambil airnya. Diyakini air terjun ini ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Hunting Foto di Air Terjun Singokromo

Air terjun ini dapat Anda jadikan lokasi hunting foto karena obyek ini memiliki pemandangan yang indah.

Pepohonan yang ada di sekitar air terjun yang menambah cantik panorama alam yang tercipta.

Dengan latar belakang air terjun yang mengalir deras dan langit cerah, Anda akan mendapatkan foto yang bagus yang bisa langsung unggah di media sosial milik Anda.

Trekking Menuju Air Terjun Singokromo

Jalur menuju Air Terjun Singokromo bisa kendaraan roda dua dan diperlukan sedikit ekstra tenaga karena kondisi medan yang masih alami.

Namun, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek yang banyak di temui di parkiran atau di depan jalan tanah setapak menuju ke air terjun. Biaya ojek ke Air Terjun Singokromo sekitar Rp 10.000,-

Dan paling penting objek wisata tersebut sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga dan pecinta travelling.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer