BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

Taruna Garden, Kebun Kopi Arabika Organik Pertama di Pangandaran

PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
pmb Unigal

Berbicara tentang kopi tidak akan pernah habisnya, terbukti bahwa kopi dari dahulu hingga saat ini merupakan komoditas yang masih menjadi topik yang tidak bisa dilewatkan.

Jangankan bapak-bapak, kaum remaja pun gandrung akan emas hitam ini.

Lihat saja kedai-kedai kopi yang bertebaran di mana-mana, mulai dari kafe besar hingga kafe pinggir jalan ramai menjajakan minuman yang mampu menghangatkan suasana perbincangan lintas generasi.

Melihat peluang ini, seorang guru honorer, Deden Taruna, empat tahun silam memutuskan banting setir menjadi petani kopi arabika organik pertama di Pangandaran.

Bukan hanya kopi, tapi Deden juga menanam berbagai varietas durian unggul dalam dan luar negeri.

Baca Juga :  Baso Kecamatan Cikoneng Ciamis, Namanya Unik Rasanya Maknyus

Deden mengembangkan konsep perkebunan ramah lingkungan (organik) dan edukasi yang lebih dikenal dengan istilah Wisata Edukasi Perkebunan.

Deden membuka lahan tanpa menghabisi pohon-pohon yang ada di kebunnya, sehingga keasrian tetap terjaga di samping arabika juga memerlukan penaung.

Padahal, Deden hanya bermodalkan kenekatan dan kegigihan, serta uang juga ilmu perkebunan kopi seadanya.

Seperti kata pepatah, “hasil tidak akan mengkhianati usaha’, perkebunan kopi arabika yang mencapai lebih dari 1500 pohon tersebut mulai membuahkan hasil.

Pohon-pohon kopi tersebut menelurkan ceri yang nantinya akan melalui proses panjang lagi hingga menjadi biji kopi arabika organik berkualitas.

Deden Taruna, selaku owner Taruna Garden, mengatakan, dirinya berkomitmen untuk menjadikan kebun kopi arabikanya sebagai kebun kopi organik.

Baca Juga :  DP2KBP3A Ciamis Gelar Pelatihan Manajemen Kasus Bagi SDM UPTD PPA

Ia akan terus menjaga kualitas hingga jika nanti dikonsumsi penikmatnya, bukan hanya berbicara cita rasa, tapi juga bisa menyehatkan. (Fitri)

Lanjutkan Membaca
Back to top button