Saham Microsoft Melemah Karena Perceraian Bill Gates?

Advertisement

Reportasee.com – Saham Microsoft sebuah perusahaan teknologi berakhir dengan melemah pada pasar perdagangan selasa 4 Mei 2021. Pelemahan ini bertepatan dengan pengumuman perceraian Bill Gates dan juga melinda Sang Istri.

Berdasarkan data yang berasal dari pasar saham. Saham milik Microsoft ini ditutup dengan kondisi saham yangcenderung melemah sebesar 1,62 Persen atau pada point 407 ke Level US$ 247,79 di Bursa Saham Amerika Serikat. Kapitalisasi Pasar Saham dengan ticker atau nama singkatan MSFT tersebut mencapai angka US$ 1,87 Triliun.

Umumnya kenaikan maupun penurunan harga saham ini dapat diakibatkan oleh pengaruh dua hal internal dan eksternal. Faktor internal saham adalah internal dari perusahaan itu sendiri. Seperti adanya pergantian pimpinan, rapat umum pemegang saham, adanya perubahan kebijakan perusahaan, yang faktor-faktor lain yang tentunya berhubungan dengan operasional perusahaan itu sendiri.

Sedangkan faktor eksternal penyebab naik turunnya harga saham juga memiliki berbagai sebab. Seperti adanya perubahan kebijakan inflasi, perubahan kebijakan dari pemerintah, kondisi lingkungan di luar perusahaan yang mendukung operasional. Lalu dapat juga karena gejolak politik di suatu negara tempat perusahaan berdiri, Nilai tukar terhadap mata uang asing. Selain itu juga Masih banyak sebab lain yang asalnya dari luar perusahaan namun masih berpengaruh terhadap jalannya operasional perusahaan.

Banyak Pihak yang menduga bahwa pelemahan harga Microsoft saham kali karena faktor eksternal yakni perceraian yang pendiri Microsoft, Bill Gates. Dugaan ini memang bukan omong kosong belaka. Lantaran memang benar sehari sebelum saham milik Microsoft ini melemah pendiri Microsoft ini mengguncang Dunia. Ia mengumumkan bahwa ia telah bercerai dengan sang istri Melinda gates setelah menikah dengannya selama 27 Tahun.

Advertisement

Bill Gates dan Melinda Gates akhirnya resmi bercerai pada Senin 3 Mei 2021. Keduanya mengumumkan pernikahannya ini melalui unggahan laman twitter masing-masing.

“Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan yang kami lakukan dalam hubungan kami. Kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami” Begitu Ungkap keduanya dalam sebuah pernyataan yang baik Bill Gates maupun Melinda Gates unggah.

Benarkah Pelemahan Saham Microsoft Karena Perceraian Bill Gates

Tentunya sangat banyak sekali yang tak mengira bahwa kabar ini dapat membuat saham perusahaan teknologi raksaksa itu bisa melemah. Bahkan banyak sekali yang menanyakan korelasi dari keduanya, mengingat percerain merupakan aspek kehidupan pribadi dari pendiri. Tidak ada hubungannya dengan perusahaan sehingga harus membuat penurunan harga saham.

Namun hal lagi-lagi dugaan ini tidak dapat dikatakan sebagai omong kosong. Bahkan Saham Perusahaan teknologi Microsoft ini benar-benar melemah tepat sehari setelah Bill Gates maupun Melinda Gates sang istri mengumumkan perceraian keduanya.

Berkaca dari permasalahan serupa yang sudah pernah terjadi yakni pendiri Amazon, Jeff Boss. Perceraian pendiri Amazon dengan sang Istri Mackenzie sempat membuat harga saham perusahaan Amazon melemah. Investor berbondong-bondong untuk melepaskan saham Amazon karena perlemahan harga saham saat itu.

Advertisement

Jeff Boss mengumukan perceraiannya dengan Mackenzie pada 10 Januari 2019. Lalu pada saat itu saham Milik perusahaan Amazon langsung melemah sebear 0.5 persen usai Jeff Boss dan Mackenzie mengumumkan perceraian mereka.

Lalu mengapa para investor bahkan melepaskan saham mereka hanya karena perceraian dari pendiri Amazon ini?

Saat keduanya bercerai tentunya yang menjadi perhatian bagi investor adalah pembagian harta gono gini pendiri Amazon dengan istrinya. Termasuk pembagian saham amazon yang saat itu sama-sama mereka pegang.

Dan ternyata memang perkiraan dari Investor ini bukan merupakan hal yang salah. Bill Gates dan Melinda Gates memang tidak memiliki perjanjian pra nikah sebelumnya. Akan tetapi pada saat terjadi perceraian seperti saat ini keduanya memutuskan untuk membagi harta mereka hampir US$150 Miliar atau sekitar Rp. 2.163 Triliun rupiah dengan asumsi kurs dollar AS saat ini Rp. 14.425 per dollar AS nya. Meskipun Gates dan Melinda tidak memiliki perjanjian pra nikah namun keduanya memiliki kontrak pemisahan yang sama-sama disepakati.

Apa Saja Isi Kontrak Perpisahan Bill Gates dan Melinda Gates

Dalam Kontrak perpisahan nikah yang telah mereka sepakati bersama tertera dan secara teratur bagaimana mereka akan membagi harta dan properti mereka saat terjadi perceraian.

Berdasarkan Informasi dari pasar saham Amerika Serikat Bill Gates sang pendiri Perusahaan teknologi Miscrosoft ini memiliki porsi kepemilikan saham sebesar 1 persen saham dari perusahaan teknologi tersebut. Perkiraan nilai saham yang dimiliki oleh Bill Gates tersebut adalah sebesar US$ 146 Miliar. Dengan porsi kepemilikan ini membuat Bill Gates berada pada urutan keempat dalam daftar orang terkaya di Dunia versi Boomberg.

Hal-hal pembagian semacam ini sangat umum terdapat pada perjanjian pra nikah. Namun keduanya menyatakan bahwa mereka benar-benar tidak memiliki perjanjian pra nikah. Mereka hanya memiliki Kontrak perpisahan atau perjanjian properti komunitas.

Meskipun konteksnya sama mengatur satu sama lain saat terjadi perpisahan namun perjanjian pra nikah dengan kontrak perpisahan jelas berbeda. Perjanjian Pra nikah ini merupakan perjanjian hukum yang telah disepakati dan ditandatangani oleh kedua belah pihak sebelum mereka melakukan pernikahan. Perjanjian inilah yang akan mengatur bagaimana posisi aset pasangan jika keduanya bercerai atau salah satu dari mereka ada yang meninggal dunia.

Sementara kontrak perpisahan adalah sebuah dokumen hukum pribadi yang saling bersepakat untuk melakukan perpisahan atau hidup secara terpisah. Dalam kontrak perpisahan ini tertulis dengan jelas bagaimana hak dan kewajiban mereka. Seperti Tunjangan dan hak asuh anak.

Penandatangan kontrak pernikahan ini tanpa melibatkan ranah hukum atau lebih privat. Bagi beberapa pasangan, kontrak perpisahan ini berfungsi sebagai kesempatan untuk dapat memperbaiki hubungan pasangan tersebut. Namun sayangnya pada kasus Bill Gates dan Melinda ini mereka sama-sama mengatakan bahwa pernikahan mereka sudah selesai dan tidak dapat adanya perbaikan.

Dengan demikian maka keduanya meminta kepada pihak pengadilan untuk dapat mengakhiri pernikahan mereka pada tanggal yang telah tertera pada kontrak perpisahan mereka. Melinda Gates mengajukan dokumen kontrak pernikahan tersebut pada Hari Senin 3 Mei 2021 di King Country Wasington. Melinda Gates tercatat sebagai pemohon sementara Bill Gate tercatat sebagai responden.

Fakta Perceraian Bill Gates dan Pelemahan Harga Saham Microsoft

Penyelesaiian perceraian dari Bill Gates dan Melinda Gates ini terjadi pada tanggal 3 mei 2021 lalu. Dengan tanggal permohonan persidangan pada 22 April 2021 lalu. Sehingga pemelahan harga saham baru terjadi sehari setelah tanggal perceraian mereka.

Preferensi dari beberapa Investor ini memang ternyata benar adanya, setelah pada tanggal 5 Mei 2021 terkuak adanya pembagian harta berdasarkan Kontrak Perpisahan mereka. Lagi-lagi berkaca pada kasus perusahaan Amazon saat Jeff Boss dan juga mecenzie bercerai terdapat pembagian harta dengan penyelesaian sebesar US$ 38 Miliar. Dengan penyelesaian ini membuat Meckenzie menjadi perempuan terkaya ketiga di dunia.

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker