BeritaProvinsi Jawa BaratRegional

Rektor Unigal Sebutkan 5 Prestasi Membanggakan di Berbagai Bidang

Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024

Rektor Unigal (Universitas Galuh), Prof. Dr. Dadi, M.Si., melansir lima prestasi membanggakan yang berhasil Unigal raih dalam berbagai bidang.

Hal itu Dadi sampaikan saat memberikan sambutan pada kegiatan sidang senat terbuka wisuda sarjana dan pendidikan profesi ke 37 tahun akademik 2022/2023, Sabtu (15/07/2023).

“Pada hari ini, izinkanlah saya menyampaikan berbagai prestasi membanggakan yang diukir oleh Universitas Galuh dalam berbagai bidang,” katanya.

Ekspor Perdana Kacang Sacha Inchi

Pertama, Dadi menyebutkan, Universitas Galuh telah berhasil melakukan ekspor perdana kacang sacha inchi.

Menurut Dadi, kegiatan ekspor tersebut dilakukan pasca panen perdana kacang sacha inchi, 4 Juli 2023, di Desa Cibadak Banjarsari.

“Sebanyak 20 satelit mitra kita di desa telah melakukan program ini dengan baik,” katanya.

Dadi menjelaskan, program tersebut merupakan bukti peran aktif dan konsistensi Unigal sebagai Conservation and Culture University melalui pengembangan konsep kampus Hijau Bersih dan Berkelanjutan (HiBBer). 

Semoga, Dadi berharap, program serupa terus berlanjut, sebagai bukti kontribusi Universitas Galuh kepada masyarakat untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama. 

Alhasil, Dadi menambahkan, melalui program tersebut saat ini Universitas Galuh meraih posisi ke 119 Nasional versi UI Green Matrix. 

“Untuk itu, kami akan terus berupaya menaikan peringkat, sehingga menjadi yang terbaik. Dengan harapan Universitas Galuh dikenal sebagai kampus yang hijau dan ramah lingkungan di masa yang akan datang,” katanya.

Universitas Galuh menuju Center of Excellence dalam Bidang Kerjasama

Prestasi kedua, Dadi menyebutkan, pihaknya sangat berbangga hati karena LLDIKTI Wilayah IV mendorong dan mendukung Universitas Galuh menuju Center of Excellence dalam bidang kerjasama.

Selanjutnya, Universitas Galuh bisa menjadi contoh sebagai salah satu universitas swasta di Priangan Timur yang mampu menyelenggarakan berbagai program kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri. 

“Oleh karena itu, saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada LLDIKTI Wilayah IV yang telah mempercayai kami dalam bidang kerjasama,” katanya.

Menurut Dadi, melalui jalinan kerjasama tersebut, Universitas Galuh terus konsisten mengirim mahasiswa ke luar negeri. 

“Saya sangat berbangga kepada 12 mahasiswa yang telah dan sedang mengikuti PLP dan KKN di luar negeri,”ucapnya.

Melalui berbagai program kerjasama ini juga, kata Dadi, Fakultas Hukum (FH) baru-baru ini telah berhasil menggelar seminar internasional bertajuk International Law of Conference bekerjasama dengan STI West Negros of Philippines.

Unigal Berhasil Selenggarakan MBKM

Kemudian prestasi ketiga, Dadi mengungkapkan, yaitu prestasi Universitas Galuh dalam penyelenggaraan MBKM, baik yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek RI, maupun yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Galuh. 

Menurut Dadi, semenjak tahun 2021 jumlah mahasiswa dan dosen yang terlibat dalam berbagai Program Kampus Merdeka semakin meningkat. 

Tercatat hingga tahun 2023 ini, kata Dadi, sudah sebanyak 373 orang mahasiswa dan 77 orang dosen terlibat dalam berbagai Program Kampus Merdeka.

Dari kegiatan tersebut, Dadi mengakui, selama 3 tahun terakhir ini Universitas Galuh telah menyerap dana kurang lebih sebesar 1,1 milyar rupiah dari pemerintah.

“Tepatnya melalui Dana Bantuan Biaya Hidup & Dana Bantuan Biaya Kuliah yang diberikan kepada mahasiswa peserta MBKM,” katanya.

Prestasi Dosen Unigal di Bidang Penelitian dan Pengabdian

Prestasi keempat, Dadi melanjutkan, yakni prestasi dosen yang membanggakan dalam bidang penelitian dan pengabdian. 

“Alhamdulillah pada tahun 2023 ini, sebanyak 13 orang dosen telah lolos dalam bidang penelitian dan pengabdian yang didanai oleh Kemendikbud Ristek RI,” katanya.

Terakhir pada bulan ini, Dadi menyebutkan, sebanyak 3 orang dosen dari Fakultas Ekonomi (FE) telah memiliki keahlian literasi teknologi pendidik, konsep desain pembelajaran abad 21 bersertifikat internasional dari Microsoft Certified Educator (MCE).

“Serta 1 orang dosen dari FKIP menjadi Supervisor Pengawas Mutu Pangan dari Kemendikbud Ristek RI,” katanya.

Prestasi Mahasiswa Unigal di Berbagai Even

Prestasi kelima, Dadi menambahkan, berbagai prestasi telah ditorehkan oleh mahasiswa pada berbagai ajang. Diantaranya, pada tahun 2022 lalu mahasiswa Universitas Galuh menjadi juara umum Gebyar LLDIKTI IV.

Kemudian, Juara 2 Lomba Debat pada ajang Olimpiade Ilmiah Pertanian Provinsi Jaba. Juara 3 Cabang Rugby dan Juara 1 Cabang Bola Voli Putra Porprov Jabar. Juara 1 Olimpiade Simulasi Bisnis Virtual Universitas Se-Jawa Barat.

Selain itu, mahasiswa Unigal juga berhasil mempertahankan piala Gubernur Jabar pada pagelaran Parade Riset Akuntansi (PRA) selama 5 tahun berturut-turut.

“Terakhir, pada tahun 2023 ini,mahasiswa Universitas Galuh menjadi juara 1 TINTAFOR ke X di Pekanbaru,” katanya.

Oleh karenanya, Dadi berharap semoga semuanya menjadi kebanggaan seluruh civitas akademika dan akan membawa nama Unigal menjadi Universitas yang Unggul dan berdaya saing global.


Eksplorasi konten lain dari Reportasee.com™

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Lanjutkan Membaca
Back to top button

Eksplorasi konten lain dari Reportasee.com™

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca