22.6 C
New York
Sabtu, Juni 19, 2021
BerandaBeritaPenyebab Aki Mobil Tekor yang Kadang Disepelekan

Penyebab Aki Mobil Tekor yang Kadang Disepelekan

Reportasee.com – Bagi pecinta otomotif pastinya bukan rahasia lagi jika aki memiliki fungsi crusial untuk setiap kendaraan. Karena fungsinya tersebut tidak jarang aki kendaraan banyak yang tekor. Untuk itu berikut telah terangkum beberapa penyebab aki mobil tekor supaya Anda bisa mengatasinya sedini mungkin.

Ini Penyebab Aki Mobil Tekor

Mobil Jarang Dipakai

Mobil adalah kendaraan yang banyak masyarakat miliki untuk memudahkan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Pada mobil terdapat satu alat yang bernama aki sebagai mesin mekanik untuk menunjang kinerjanya. Jadi tidak jarang ketika mobil ini jarang pengguna pakai aki justru akan tekor.

Keadaan ini asal mulanya karena aki tidak mendapatkan pasokan energi listrik yang cukup dari aktivitas pembakaran mesin sehingga kapasitas minimumnya tidak terpenuhi. Hal inilah yang menjadi alasan meski kendaraan tidak dipakai ada baiknya tetap dihidupkan dipanasi setiap hari agar aki tidak tekor.

Aksesoris Mobil Berlebihan

Memiliki mobil dengan fasilitas memadaui adalah impian banyak orang. Hal ini tidak jarang mebuat seseorang aktif mendekor dan mendesain ulang mobil menjadi sesuai kemauan dan berlebihan. Meski setelah di dekor ulang mobil jadi menarik tidak jarang asesoris berlebihan ini justru menambah tekor aki.

Secara umum aki berfungsi sebagai penghasil energi mekanik dari sisa pembakaran yang meghantarkan energi listrik untuk mengoperasikan seluruh perabot listrik di dalam mobil. Jadi kebanyakan modifikasi dengan asesoris berlebihan bisa dipastikan menurunkan umur pemakaian aki Anda.

Misalnya seperti pemakaian sistem audio full akan meningkatkan penggunaan aki karena butuh daya listrik tinggi. Untuk mencegah terjadinya hal ini Anda bisa mengurangi pemborosan dengan memangkas kebutuhan mobil yang tidak perlu jadi otomatis pemakaian aki bisa berkurang.

Intensitas Pemakaian

Penyebab aki mobil tekor selanjutnya adalah intensitas pemakaian yang berlebihan atau tinggi. Untuk setiap mobil dan kendaraan lainnya pasti memiliki kapasitas maksimum penggunaan untuk menjamin keawetan mesin, hal ini juga berlaku untuk menjaga keawetan aki.

Secara umum pemakaian mobik terus-terusan juga meningkatkan kebutuhan energi listrik semakin tinggi jadi aki mobil akan bekerja memproduksi secara ekstra. Hal ini sangat sayang karena secara perlahan umur pemakaian mobil juga bisa menurun dengan drastis.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya umur pemakaian mobil tergantung pada masa pakai setiap komponen penunjangnya. Jadi Anda perlu memperhatikannya tidak terlalu intens dan juga tidak jarang.

Pemakaian Lampu Proyektor HD

Selain dari penambahan asesoris-asesoris penunjang tersebut aki tekor juga sering karena pemakaian lampu proyektor dengan kualitas HD. Kebanyakan mobil tidak lengkap komponen ini jadi banyak pengendara yang memiliki kelebihan ini dengan tujuan menunjang kenyamanan pengendara.

Baca:  Ganti Aki Mobil, Kenali Waktu Tepat untuk Perawatan Mobil

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk tetap memakai lampu kualitas HD ini dengan memastikan daya yang mobil butuhkan. Hal ini penting untuk memastikan aki Anda cukup untuk mengcover kebutuhan dayanya atau belum dan aki bisa Anda manfaatkan dengan awet.

Baca:  Ini Daftar Mobil SUV Terbaik di Indonesia Saat Ini

Air di dalamnya Habis

Penyebab aki tekor juga sering muncul dari dalam aki itu sendiri seperti air akinya habis. Jenis aki yang seringkali habis namun tidak pemilik ketahui adalah jenis aki basah yang dapat mereka isi ulang. Kebanyakan orang-orang tidak tau jenis akinya sehingga kurang paham perawatannya.

Untuk aki basah yang bisa Anda isi ulang ini lebih mudah perawatannya karena itulah kebanyakan lebih tahan lama. Akan tetapi, untuk bisa merawatnya Anda juga perlu memperhatikan kondisinya terlebih dahulu jangan sampai kondisi Anda ketahui saat aki sudah tekor.

Anda bisa mengantisipasi terjadinya tekor aki terlebih faktor air aki habis ini dengan melakukan service berkala. Lewat kegiatan tersebut kendaraan Anda akan melewati pengecekan dan perbaikan secara rutin oleh ahlinya jadi kenyamanan berkendara tetap terjamin terlebih saat hendak menempuh jarak jauh.

Kapasitas Kecil

Berikutnya penyebab yang umum terjadi pada mobil dengan aki tekor adalah kapasitas aki yang kecil. Kondisi seperti ini paling sering menjadikan aki tekor karena kapasitas aki tidak seimbang dengan intensitas pemakaiannya sendiri. Kebanyakan aki berkapasitas kecil ada pada mobil keluaran lama.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini ketika Anda melakukan servis dan perbaikan usahakan memilih aki yang sesuai kebutuhan jangan asal tunjuk yang murah dan simpel. Hal ini penting karena tidak semua aki sama dan setiap ukurannya memiliki kapasitas berbeda jadi perhatikan baik-baik.

Umur Aki Tua

Penyebab aki mobil tekor yang umum terjadi terakhir adalah umurnya yang sudah tua. Kebanyakan umur mobil berbanding lurus dengan akinya. Hal ini membuat tidak heran jika mobil tua lebih sering tekor akinya karena umur pemakaiannya yang sudah lama.

Hal ini juga disebabkan penurunan kemampuan penyimpanan dari aki ini. hal ini seringkali dijadikan alasan membeli aki baru paling tidak 2-3 tahun sekali. Pergantian ni penting untuk memudahkan menstater motor.

Itulah beberapa penyebab aki mobil tekor yang sering dialami pengendara. Jadi dengan ulasan ini semoga Anda terhindar dari aki tekor.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular