22.6 C
New York
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBeritaCara Memperbaiki Aki Kering Mudah dan Efektif

Cara Memperbaiki Aki Kering Mudah dan Efektif

Reportasee.com – Keberadaan aki dalam sebuah kendaraan memiliki peranan yang sangat vital. Oleh karena itu, aki harus Anda jaga kesehatannya agar performa kendaraan tetap prima. Namun, jika Anda menemui aki kering rusak, berikut ada beberapa cara memperbaiki aki kering yang bisa Anda praktekkan.

Begini Cara Memperbaiki Aki Kering

Lepas Aki Secara Hati-Hati

Jika di suatu waktu Anda menemukan kondisi aki kendaraan tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, sudah pasti ada bagian komponennya yang rusak.

Oleh karena itu, Anda harus segera melakukan perbaikan agar kerusakan yang terjadi tidak merembet ke bagian lain.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki kerusakan pada aki kering adalah melepas aki dari tempatnya terlebih dahulu.

Pelepasan aki tidak boleh Anda lakukan sembarangan. Ini harus secara hati-hati, karena aki merupakan komponen yang menyalurkan aliran listrik.

Buka Penutup Aki

Setelah aki sudah bisa Anda keluarkan dari tempatnya, langkah selanjutnya adalah membuka penutupnya. Penutup aki mungkin akan sedikit sulit untuk dibuka, jadi Anda bisa membukanya dengan bantuan pisau.

Namun, Anda juga harus melakukannya dengan penuh kehati-hatian. Jangan sampai pisau malah melukai tangan Anda. Apabila menggunakan pisau tetap sulit untuk membuka penutup aki, Anda bisa menggunakan gergaji.

Perhatikan Peringatan yang Ada pada Aki

Sebagaimana yang telah dikatakan sebelumnya, aki merupakan salah satu komponen penyalur aliran listrik ke seluruh bagian kendaraan.

Oleh karena itu, cara memperbaiki aki kering dan pembongkarannya harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian agar tidak terjadi korsleting listrik.

Perhatikan pula peringatan yang tertera pada aki, yaitu tulisan yang berbunyi “Do Not Open”. Pada saat pembongkaran guna memperbaiki aki yang rusak, bagian pertama yang harus dibuka adalah bagian yang ada tulisan peringatan tersebut. Jangan sampai keliru.

Buka terlebih dahulu bagian tersebut menggunakan pisau atau dengan gergaji. Setelah berhasil terbuka, lanjut pada bagian samping. Nah, jika bagian samping juga sudah terbuka, selanjutnya Anda buka juga bagian belakang dari aki.

Isi Enam Lubang Menggunakan Aki Baru

Setelah semua penutup aki sudah berhasil Anda buka dengan baik dan benar, selanjutnya masuk pada langkah pengisian aki. Pada saat Anda membuka penutup aki nantinya akan menemukan lubang berjumlah enam buah.

Lubang-lubang tersebut harus Anda isi dengan aki yang baru Anda beli di toko. Aki yang Anda butuhkan untuk mengisi semua lubang tersebut kurang lebih sekitar 15 mililiter saja. Cairan aki yang disiikan tersebut harus cukup dan pas.

Tak perlu banyak-banyak karena jika aki Anda isi terlalu banyak dan menetes keluar akan menyebabkan korosi. Namun, aki juga tidak boleh ANDA isi terlalu sedikit agar dapat menyuplai energi listrik ke seluruh bagian kendaraan secara maksimal.

Hindari Kulit dari Cairan Aki

Saat melakukan perbaikan dan pengisian terhadap aki, lakukan secara hati-hati. Jangan sampai cairan tersebut mengenai kulit Anda, karena dapat mengakibatkan iritasi. Apabila kulit terlanjur terkena cairan aki, segera Anda gosok dengan sabun sampai iritasi tersebut berkurang.

Bodi kendaraan yang terkena cairan aki saja bisa menyebabkan korosi. Apalagi jika cairan tersebut mengenai langsung ke kulit Anda.

Sudah pasti akan membawa dampak buruk. Oleh karena itu, jangan ceroboh ketika memperbaiki aki. Keselamatan Anda adalah yang utama.

Jika Anda merasa takut, lebih baik kendaraan dibawa ke bengkel terdekat saja agar diperbaiki oleh orang yang lebih ahli.

Hal tersebut pastinya juga akan meminimalisir kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi ketika Anda sendiri yang memperbaikinya bukan?

Tutup Lubang Aki dengan Baik dan Benar

Cara memperbaiki aki kering selanjutnya adalah menutup penutup lubang dengan baik dan benar jika semua sudah terisi. Penutup lubang aki harus Anda tutup secara benar agar nantinya dapat bekerja secara maksimal.

Hal tersebut sebenarnya juga mengantisipasi keluarnya cairan aki. Jangan sampai aki keluar karena dapat merusak komponen kendaraan yang lainnya. Oleh sebab itu, tutup lubang aki harus ditutup secara benar dan rapat.

Kembalikan Aki ke Tempat Semula

Jika penutup lubang aki sudah Anda pastikan tertutup secara benar, selanjutnya Anda bisa mengembalikan aki tersebut ke tempat semula. Pemasangan aki juga harus hati-hati. Harus mematuhi langkah-langkah yang ada agar tidak terjadi hal buruk.

Saat proses pemasangan, perhatikan kutub negatif dan positifnya. Berbeda saat pelepasan tadi, pemasangan aki harus dipasang kutub positifnya terlebih dahulu, baru kemudian kutub negatifnya. Jangan sampai terbalik supaya tidak terjadi kosleting listrik.

Setelah pemasangan berhasil dilakukan, lakukan pengujian. Apabila setelah diperbaiki tidak menunjukkan kinerja yang baik. Aki tetap soak, lakukan perbaikan ulang. Copot aki dan lakukan sesuai dengan langkah-langkah seperti yang tadi.

Jika setelah perbaikan ulang aki tetap soak, segera bawa ke bengkel. Bisa jadi ada bagian lain yang mengalami kerusakan dan berimbas pada aki kering Anda. Cara memperbaiki aki kering memang gampang-gampang susah. Oleh karena itu, hati-hati saat melakukannya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular