Kerajaan Inggris, Sejarah dan Silsilah Keluarganya

0
14
Kerajaan Inggris, Sejarah dan Silsilah Keluarganya
Kerajaan Inggris, Sejarah dan Silsilah Keluarganya

Reportasee.com – Kerajaan Inggris merupakan sebuah negara di kawasan pulau Britania Raya. Cakupan wilayahnya kurang lebih 2/3 pada bagian selatan. Ibu kotanya adalah Winchester, juga Westminster atau London yang bermula kurun waktu ke 11.

Seluruh dunia pastinya mengenal akan kerajaan di Inggris tersebut. Mulai dari ratu Elizabeth, Pangeran Charles hingga tragedi dari Lady Diana. Kemudian muncul pernikahan pangeran di keluarga kerajaan antara lain pangeran William dengan Kate Middleton.

Di dalam kerajaan Inggris ada banyak peraturan ketat mengenai banyak hal. Sehingga fakta di dalamnya tak seindah yang publik lihat.

Peraturan ketat tersebut ada dalam berbagai bidang seperti pakaian, hadiah, sampai tentang makanan. Bahkan penamaan anak baru lahir juga ikut serta dalam peraturan kerajaan.

Sejak anggota kerajaan berusia dini, mereka sudah ikut serta pelatihan tentang etika. Pelatihan tersebut terus berlanjut sampai anggota kerajaan itu masuk ke usia dewasa.

Sejarah Kerajaan Inggris

Inggris merupakan negara yang memiliki kerajaan tertua di wilayah Eropa. Bahkan kerajaan Inggris sudah berdiri sejak abad 9 lalu hingga sekarang yaitu abad 21.

Sebelum menjadi negara Inggris Raya, pulau yang terletak di bagian barat laut Eropa bukanlah seperti sekarang. Dahulu wilayah tersebut terkenal akan peradaban bernama Anglo Saxon. Pada abad ke 5, suku yang berasal dari daratan Eropa bernama Jermanik bermigrasi ke pulau tersebut. Hasil dari migrasi tersebut membuat pulau Inggris menjadi peradaban itu.

Terdapat tujuh buah kerajaan utama saat masa peradaban Anglo Saxon. Ketujuh kerajaan tersebut pada akhirnya menyatu di naungan Wassex.

Ketujuh kerajaan tersebut antara lain East Anglia, Northumbria, Mercia, Sussex, Essex, Wessex serta Kent. Untuk raja pertama di tanah Inggris terdapat banyak perdebatan dan pendapat.

Menurut pendapat pertama, pemimpin pertama adalah raja dari Wassex atau berupa kerajaan bernama Saxon Barat. Wilayahnya meliputi barat daya Inggris. Nama dari raja pertama adalah Egbert. Secara umum Egbert menjadi raja pertama di kerajaan Inggris.

Ada pendapat lain dalam ketetapan raja pertama. Di mana merujuk Offa yang berasal dari Mercia sebagai raja pertama. Periode kekuasaannya dari 757 sampai 796 menjadi alasan pendapat tersebut.

Setelah kematian dari Edward the Elder di masa kekuasaan 899-924, membuat Athelstan menjadi naik tahta. Pada masa itu, kerajaan dari peradaban Anglo Saxon kemudian bersatu dan membentuk Britania Raya pertama kali.

Lalu Elizabeth I naik tahta. Akan tetapi Raja James VI asal Skotlandia menguasai kerajaan Inggris Raya. Kemudian ia menobatkan dirinya menjadi James 1 asal Inggris.

Meskipun begitu, kerajaan Skotlandia maupun Kerajaan Inggris bersatu di tahun 1707. Act of Union menjadi perantara menyatunya dua kerajaan tersebut. Karena itulah mereka akhirnya membentuk kerajaan Britania Raya.

Sedangkan United Kingdom atau Inggris terbentuk di tanggal Januari 1801. Kala itu bertepatan dengan Britania Raya yang bergabung ke dalam Irlandia.

Silsilah Keluarga Kerajaan Inggris

Adapun silsilah dalam keluarga kerajaan Inggris bermula sejak awal berdirinya yaitu 1 Mei 1707. Pemimpin pertama adalah Ratu Anne Stuart. Ia menjadi seorang ratu untuk Inggris, Irlandia serta Skotlandia mulai tanggal 8 Maret 1702.

Barulah Ratu Anne menjadi pemimpin Inggris di 1 Mei 1017 lewat kesepakatan penyatuan tiga kerajaan tersebut. Pemerintahnnya berlangsung hingga 1 Agustus 1714 silam.

Pimpinan kerajaan Inggris selanjutnya yaitu Marga Hanover. Masa pemerintahannya mulai dari 1714 sampai 1901. Kala itu ada lima orang raja dan seorang ratu yang memimpin kerajaan.

Pasca pimpinan kerajaan oleh kelima raja, silsilah kemudian dipimpin oleh ratu bernama Alexandrina Victoria. Ratu Victoria menjadi pemimpin cukup lama yaitu 63 tahun dan 216 hari.

Selepas Ratu Victoria memimpin, tahta kerajaan selanjutnya yaitu Saxe Coburg serta Gotha. Yaitu bernama Raja Edward VII putra dari Ratu Victoria.

Selanjutnya dalam silsilah keluarga kerajaan Inggris menjadi pegangan marga Windsor. Marga inilah sampai sekarang menjadi penguasa yaitu Ratu Elizabeth II.

Marga Windsor yang memimpin kerajaan Inggris pertama kali yaitu Pangeran George V. masa pemerintahannya mulai dari 6 Mei 1910 sampai 20 Januari tahun 1936. Kemudian berlanjut Pangeran Edward VIII serta Pangeran George VI.

Ratu Elizabeth II memimpin kerajaan Inggris sejak 6 Februari 1952 sampai sekarang. Masa pemerintahannya selama 67 tahun lebih dari Ratu Victoria.

Prediksi silsilah kerajaan selanjutnya adalah marga Windsor. Sebab kandidat terkuat penerus Ratu Elizabeth adalah Pangeran Charles sang putra. Barulah kemudian Pangeran William beserta anak-anaknya antara lain Pangeran George, Putri Charlotte juga Pangeran Louis.

Profil Pangeran William

Keluarga kerajaan Inggris selanjutnya adalah Pangeran William. Lahir di London Barat Inggris tanggal 21 Juni tahun 1982. Pangeran yang lahir di rumah sakit St. Mary’s ini memiliki nama lengkap William Arthur Philip Louis.

William merupakan garis kedua setelah sang ayah yaitu Pangeran Charles yang menjadi penerima tahta kerajaan Inggris. Ia adalah anak pertama dari pangeran Charles bersama sang istri pertama yaitu Putri Diana.

Ayahnya bernama lengkap Charles Philip Arthur George. Sedangkan sang ibu memiliki nama lengkap Diana Frances Mountbatten Windsor. Ibunya yaitu mendiang Lady Diana meninggal dalam sebuah kecelakaan maut di tahun 1997. Pangeran William sendiri adalah cucu dari Ratu Elizabeth II dengan Pangeran Philip.

Dia mempunyai seorang saudara laki-laki yang bernama pangeran Harry. Penerus kerajaan Inggris ini menyelesaikan pendidikan wamil atau wajib militernya di Angkatan perang Inggris. Nama lembaga pendidikan tersebut adalah Royal Military Academy Sandhurst.

Kala itu ia pernah mewakili Inggris dalam melakukan gerakan diplomasi. Pendidikan selanjutnya adalah University of St Andrews sekaligus bertemunya keturunan kerajaan Inggris tersebut dengan sang istri Kate Middleton.

Profil Kate Middleton

Kate Middleton merupakan menantu dari kerajaan Inggris. Bernama lengkap Catherina Elizabeth Middleton lahir di bulan Januari tanggal 9 di tahun 1982. Kota kelahirannya adalah Berkshire Inggris.

Middleton merupakan lulusan dari universitas Master of Art. Kate Middleton lahir dari pasangan pramugari. Sang ibu bernama Carole Elizabeth Middleton. Sedangkan ayahnya juga bekerja di tempat serupa dengan sang istri. Ayahnya bernama Michael Francis Middleton dengan tempat bekerja di British Airways.

Istri dari pangeran William tersebut merupakan anak pertama dengan tiga bersaudara. Adiknya bernama Philippa Charlotte yang akrab dipanggil Pippa lahir tahun 1983. Saudara adik lainnya bernama James William lahir di tahun 1987.

Publik internasional mulai mengenal Kate kala ia menjalin sebuah hubungan cukup spesial dengan anggota kerajaan yaitu pangeran William. Mereka bertemu di tahun 2001 silam kala bersama-sama menempuh pendidikan perkuliahan.

Hubungan keduanya sempat mengalami pasang surut. Akan tetapi di tanggal 16 November tahun 2010 silam pertunangan keduanya resmi terjadi. Hal tersebut staf Pangeran yaitu Clarence House umumkan.

Satu minggu kemudian, tersiar kabar mengenai tanggal serta lokasi pernikahan mereka. Akhirnya pernikahan dengan nuansa super megah sepanjang masa di antara keduanya terselenggara di Westminser Abbey tanggal 29 April tahun 2011.

Membicarakan tentang keluarga kerajaan Inggris memang selalu menjadi pembahasan menarik.