Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Tubuh

Selama ini banyak yang mengira bahwa pohon sirsak hanya bisa diambil buahnya saja. Padahal, daunnya juga memiliki manfaat yang baik untuk diolah dengan cara direbus, Anda tidak boleh menyia-nyiakan manfaat rebusan daun sirsak dengan cara mengonsumsinya secara rutin.

Banyak orang yang belum tahu atau tidak percaya, tapi perlu dicatat bahwa Anda beruntung karena menemukan ulasan ini. Rebusan daun sirsak bisa dianggap sebagai obat herbal yang ampuh bagi beberapa penyakit. Apa saja ya kira-kira? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Menurunkan Kadar Asam Urat

Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang umum diderita oleh masyarakat Indonesia, terutama orang lanjut usia. Sudah bukan rahasia lagi sebenarnya bahwa rebusan daun sirsak dipercaya sebagai pelarut alami yang ampuh karena banyaknya kandungan nutrisi.

Kandungan nutrisi daun sirsak antara lain adalah kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B. Selain itu adanya antioksidan tinggi menjadi upaya pencegahan  pembentukan asam urat. Cara membuat minuman dari daun sirsak cukup mudah.

Langkah pertama adalah siapkan 10 lembar daun sirsak dan air putih 3 gelas. Selanjutya rebus daun sirsak sampai mendidih dan tunggu sampai airnya menyusut menjadi 1/3 gelas. Tahap yang terakhir adalah tambahkan 2 sendok makan madu dan aduk hingga merata.

Obat Herbal untuk Diabetes

Diabetes militus adalah suatu keadaan dimana tubuh tidak bisa memproduksi insulin dengan baik, sehingga kadar gula dalam tubuh menjadi tinggi. Manfaat rebusan dari daun sirsak bisa Anda lihat di sini karena kandungan dipercaya dapat menstabilkan gula darah.

Ini karena dalam daun sirsak mengandung saponin dan polifenol yang dapat menjaga kadar gula darah Anda tetap pada batas normal. Cara membuat obat herbal dari daun sirsak untuk diabetes adalah sebagai berikut.

  • Keringkan 10 lembar daun sirsak
  • Setelah benar-benar kering, tumbuk sampai hancur atau sampai jadi bubuk
  • Masukkan dalam sebuah cangkir, tambahkan the dan 1 sdm madu
  • Seduh menggunakan air panas dan minum setiap pagi dan malam hari

Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling orang takuti. Selain karena belum ada obatnya, beberapa jenis kanker juga sulit terdeteksi penyebabnya. Namun, Anda perlu ingat bahwa salah satu manfaat rebusan daun sirsak adalah mencegah kanker. Menarik bukan?

Banyak yang percaya bahwa kandungan daun sirsak dapat menghambat sel-sel kanker, sehingga tidak berkembang dan makin ganas. Beberapa jenis penyakit ini yang bisa Anda cegah dengan konsumsi daun sirsak adalah kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker payudara. Begini cara membuat ramuan dari daun sirsak.

  • Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air
  • Tunggu sampai air menyusut dan hanya tersisa 1 gelas
  • Saring air dan tunggu dingin

Mengobati Rematik

Orang yang sudah lanjut usia biasanya kerap mengalami penyakit rematik dan juga eksim. Parahnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena merasa sakit dan tak nyaman. Namun dengan senyawa  pada daun sirsak, rematik bisa Anda hindari bahkan Anda obati.

Rebusan daun sirsak memang bukan minuman yang menyegarkan apalagi manis, tapi demi kesembuhan tentu Anda harus menahan rasa pahitnya. Namun tak hanya dengan bisa Anda jadikan minuman, rematik dapat Anda obati melalui tumbukan daun sirsak, yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak
  • Tumbuh sampai daunya hancur dan basah
  • Letakkan pada bagian tubuh yang sakit dan lakukan sehari dua kali

Obat Insomnia yang Ampuh

Gannguan tidur atau insomnia bisa Anda obati secara mudah dengan memanfaatkan daun sirsak. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil manfaat rebusan daun sirsak adalah dengan merebusnya.

Daun sirsak terkandung triptofan yang bisa membuat Anda jadi cepat mengantuk dan tidur nyenyak. Minum setiap malam dengan cara merebusnya dan tambahkan madu, sehingga rasa lebih manis.

Melindungi Gigi

Siapa sangka bahwa daun sirsak dapat melindungi gigi dengan baik? Salah satu keuntungan mengonsumsi rebusan daun sirsak adalah membuat gigi lebih sehat. Kandungan daun sirsak yang berguna ini adalah bakterisidal dan fungisidal.

Kedua kandungan ini bermaksud menghambat bakteri dan fungi yang umumnya tumbuh di dalam mulut. Sebut aja seperti canddia albicans yang merupakan penyebab terjadinya infeksi pada kulit dan organ tubuh lainnya.

Obat untuk Nyeri Punggung

Apakah Anda atau orang tua kerap mengalami nyeri punggung sampai mengganggu aktivitas? Kalau begitu, konsumsi daun sirsak sebagai obat alami untuk menyembuhkan nyeri punggung.

Nyeri punggung Anda akan berangsur menghilang setelah membuat rebusan daun sirsak yang Anda konsumsi rutin pagi dan sore setiap harinya. Cara membuat rebusan daun sirsak ini cukup sederhana dan Anda bisa menambahkannya dengan madu agar terasa manis.

Manfaat rebusan daun sirsak sangatlah beragam dan bisa jadi obat herbal yang ampuh. Namun Anda tetap perlu hati-hati dan periksa pada dokter jika terdapat penyakit yang sudah parah Anda rasakan.