32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaCara Menjadi Youtuber Sukses Untuk Para Pemula

Cara Menjadi Youtuber Sukses Untuk Para Pemula

Reportasee.com – Cara menjadi Youtuber sukses tentu bisa Anda raih asalkan Anda memiliki konten yang berkualitas sehingga penonton dan subscriber channel Youtube Anda semakin banyak.

Youtube adalah salah satu platform media sosial yang kini paling banyak orang gunakan di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Berdasarkan survei We Are Social, saat ini jumlah pengguna Youtube dari Indonesia telah mencapai hingga 88%.

Maka tak heran jika situs berbagi video ini sangat banyak penggemarnya oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pada mulanya, Youtube di Indonesia digunakan hanya untuk membagikan video klip musik saja.

Namun, seiring berjalannya waktu, kini Youtube berisikan video dengan berbagai konten video yang menarik. Mulai dari video musik, vlog, tutorial, kartun, berita, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan berbagai konten video yang beragam, saat ini Youtube telah menjadi ladang penghasilan bagi mereka yang ingin mencobanya.

Youtuber menjadi salah satu platform paling populer untuk membagikan konten video. Bahkan,tak sedikit orang yang mencoba menjadi Youtuber untuk mendapatkan penghasilan uang.

Para Youtuber ternama yang telah sukses pun memiliki penghasilan hingga ratusan juta rupiah dalam satu bulan hanya dari membagikan videonya.

Maka dari itu, tidaklah heran jika profesi sebagai Youtuber sukses menjadi salah satu impian bagi banyak orang.

Lantas bagaimana caranya menjadi Youtuber sukses? Yuk simak apa saja cara yang tepat menjadi Youtuber sukses seperti berikut ini.

Cara Untuk Menjadi Youtuber Sukses

Buat Channel Youtube

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat channel Youtube. Pada proses pembuatan channel ini, Anda tentu bisa memilih nama channel sesuai keinginan Anda.

Pilihlah nama channel Youtube yang menarik dan unik agar mudah diingat orang. Anda juga bisa menggunakan nama Anda pribadi jika ingin menggunakannya.

Namun, upayakan untuk mencantumkan nama yang tidak terlalu panjang. Dalam pemilihan nama channel, maksimal gunakan 3 kata saja.

Menentukan Konsep Menarik

Setelah Anda menentukan nama channel Youtube, langkah selanjutnya yaitu menentukan isi konten yang ingin Anda buat. Anda wajib tentukan topik apa yang ingin Anda bagikan pada channel Youtube Anda.

Saat ini konten Youtube yang paling dicari di tahun 2021 berisi tentang konten masak-memasak, edukasi (belajar online), konten tips kesehatan, konten DIY (desain kamar, kerajinan tangan, dll) dan konten hiburan (game, cover musik, dll).

Salah satu kunci sukses menjadi seorang Youtuber yaitu menghadirkan konten yang menarik pada channel Youtube miliknya.

Oleh karena itu, Anda harus menentukan konsep dan ide brilian untuk mengisi konten Youtube  semenarik mungkin.

Pastikan konten yang ingin Anda buat sesuai dengan minat Anda. Karena saat Anda membuat video sesuai passion maka hasilnya pun akan lebih maksimal.

Konsisten Upload dan Berkarakter

Hal yang tak kalah penting setelah menentukan konsep yaitu usahakan video Youtube Anda selalu konsisten dan berkarakter. Berkarakter ini artinya isi konten Anda memiliki ciri khas tersendiri yang tentunya berbeda dengan channel Youtube lainnya.

Anda pastikan isi konten Youtube Anda terus konsisten, misalnya Anda ingin mengisi konten tentang tips kesehatan, maka usahakan Anda selalu mengisinya dengan konten seputar dunia kesehatan.

Dengan demikian, channel Youtube Anda akan mudah orang kenali dan tentunya bisa meningkatkan jumlah penonton serta subscriber.

Baca:  PT Pan Brothers Didemo Ribuan Buruh

Memiliki Peralatan Videografi

Salah satu yang menjadi kendala Youtuber pemula adalah kelengkapan pada peralatan videografi. Meski demikian, saat ini cukup banyak Youtuber pemula yang menggunakan alat-alat sederhana. Anda tentu bisa memulainya dengan vlog kecil-kecilan menggunakan kamera HP Anda.

Baca:  Aftermath, Tragedi yang Menjadi Film

Lagipula, banyak Youtuber sukses yang berawal hanya dengan menggunakan kamera HP saja. Sebenarnya hal itu bukanlah masalah besar asalkan isi konten Youtube Anda memang benar-benar menarik.

Untuk menentukan kesuksesan pada channel Youtube Anda, maka Anda harus mementingkan kualitas audio dan visual nya.

Anda bisa memanfaatkan editing video pada berbagai aplikasi yang tersedia di smartphone. Selain kualitas visual yang bagus, Anda juga perlu memerhatikan kualitas audio pada video Anda.

Perangkat audio yang memadai juga bisa menentukan kualitas dari isi konten video. Anda bisa menggunakan audio seperti microphone yang cukup terjangkau dan bisa Anda beli di toko online shop.

Dengan memiliki peralatan yang memadai tentunya bisa mendukung peningkatan pada jumlah penonton dan subscriber Youtube Anda.

Pasalnya, videografi yang berkualitas menjadi salah satu alasan seseorang lebih tertarik melihat sebuah konten Youtube.

Belajar Teknik Upload dan Keyword yang Tepat

Untuk upload video Anda di Youtube, tentunya Anda harus mengetahui apa saja langkah ataupun teknik yang harus Anda harus lakukan.

Beberapa teknik yang perlu Anda lakukan saat ingin upload video antara lain judul yang menarik, thumbnail yang bagus, durasi video yang tepat (5-15 menit), deskripsi yang sesuai, pemilihan gambar atau audio yang tidak terkena copyright, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, Anda juga harus menentukan keyword atau kata kunci yang tepat. Anda perlu riset terlebih dahulu untuk mencari keyword yang paling banyak orang cari.

Tingkatkan Jumlah Views dan Subscriber

Salah satu hal yang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi adalah meningkatkan jumlah views/penonton dan subscriber.

Harus diakui bahwa tahap tersebut termasuk hal paling sulit bagi sebagian, khususnya bagi Youtuber pemula.

Meski demikian, ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah views dan subscriber.

Untuk meningkatkan jumlah penonton, hal yang harus Anda perhatikan antara lain kualitas isi konten, kualitas gambar, kualitas audio, serta judul dan thumbnail yang menarik.

Saat judul dan thumbnail  video Anda terlihat menarik, maka orang lain pun akan lebih tertarik dan langsung penasaran untuk melihat video Youtube Anda.

Sedangkan cara untuk tingkatkan jumlah penonton subscriber yaitu dengan rutin membagikan konten video Anda ke akun sosial media yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan para Youtuber lain yang telah memiliki banyak jumlah subscriber.

Sebenarnya, hal yang paling utama untuk menjadi Youtuber sukses adalah memiliki kesadaran bahwa untuk mencapai kesuksesan tidaklah instant sehingga membutuhkan kesabaran.

Para Youtuber sukses juga awalnya memiliki jumlah penonton dan subscriber yang masih sedikit.

Namun, dengan memiliki isi konten menarik, rutin upload, dan semangat pantang menyerah sehingga menjadikan mereka kini sebagai Youtuber sukses dan terkenal.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang Youtuber, tetap semangat, jangan putus asa. Selamat mencoba!

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer