32 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
BerandaBeritaCara Tepat Menyimpan Makanan Sisa Di Kulkas

Cara Tepat Menyimpan Makanan Sisa Di Kulkas

Reportasee.com – Menyimpan makanan sisa di kulkas tidak boleh sembarangan agar tetap aman kita konsumsi. Meskipun kita sudah paham bahwa makanan sisa sebaiknya tersimpan di dalam kulkas, namun penerapannya juga harus tepat dan sesuai anjuran.

Penyimpanan yang tepat bertujuan agar kandungan nutrisi serta kualitas pada makanan tetaplah terjaga. Dengan begitu, makanan sisa tersebut masih bisa Anda konsumsi lagi pada lain waktu dan tentunya aman terhindar dari kuman.

Jika makanan sisa tersimpan secara sembarangan, maka hal tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan setelah kita konsumsi. 

Tak jarang, Anda pasti pernah merasakan sebuah situasi di mana Anda harus masak banyak. Anda pun berbelanja seperti orang lapar mata sehingga membeli begitu banyak makanan yang belum tentu langsung habis dalam satu kali makan.

Meski demikian, Anda jangan langsung membuang sisa makanan tersebut. Jika Anda dapat menyimpannya dengan baik dan benar, maka makanan sisa tersebut dapat kembali Anda konsumsi di lain waktu.

Cara Tepat Menyimpan Makanan Sisa

Anda punya makanan sisa? Jika masih tersisa, ada baiknya Anda tetap menyimpan sisa makanan tersebut dan Anda bisa mengonsumsinya pada waktu lain.

Nah, agar makanan terhindar dari kuman Anda harus mengetahui aturan yang harus Anda perhatikan dalam penyimpanannya. Berikut ini adalah cara menyimpan makanan sisa yang tepat dan aman:

Simpan Makanan 2 Jam Setelah Dimasak

Makanan yang sisa sebaiknya Anda simpan paling lambat 2 jam setelah dimasak. Virus dan bakteri bisa berpotensi mengontaminasi makanan sisa yang sudah lebih dari 2 jam berada di dalam suhu ruang.

Jika makanan sisa yang ingin Anda simpan sudah melebihi waktu tersebut, maka sebaiknya Anda panaskan terlebih dahulu sampai suhu 70°C, lalu barulah Anda simpan.

Pilihlah Wadah Penyimpanan yang Tepat

Untuk menyimpan makanan sisa sebaiknya menggunakan wadah yang kedap udara. Hal ini bertujuan agar menghindari adanya kuman yang bisa mengontaminasi makanan selama di dalam wadah penyimpanan.

Jika tidak memiliki wadah kedap udara, Anda bisa letakkan makanan di piring atau mangkuk, kemudian tutuplah dengan plastic wrap.

Porsi yang Pas

Makanan sisa tentu akan lebih tahan lama dan higienis jika Anda dinginkan secepatnya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak menyimpan sejumlah besar makanan di dalam satu wadah karena akan memerlukan waktu lama untuk mendinginkannya.

Misalnya, saat Anda ingin menyimpan 20 potong ayam goreng, lebih baik Anda bagi ke dalam 2-3 wadah yang berbeda, daripada Anda harus menyimpan seluruh makanan tersebut ke dalam satu wadah besar. Hal ini bermanfaat supaya makanan dapat lebih cepat dingin.

Pisahkan dengan Bahan Makanan Lain

Untuk menyimpan makanan sisa di kulkas juga harus memperhatikan cara penempatannya. Selain bermanfaat menyimpan sisa makanan, kulkas juga berfungsi untuk menyimpan berbagai macam bahan mentah untuk masakan.

Maka dari itu, sangatlah penting Anda pisahkan antara bahan makanan mentah, masakan matang, dan jga makanan sisa.

Sebaiknya, Anda menempatkannya pada masing-masing rak penyimpanan yang berbeda. Hal ini tentu bertujuan untuk mengurangi kontaminasi antar bahan makanan yang ada di dalamnya.

Selain itu, saat menyimpannya di dalam kulkas, selalu letakkan di bagian belakang makanan sisa yang sudah Anda simpan sebelumnya. Jika wadahnya menumpuk, maka letakkan sisa makanan yang baru di bawah wadah masakan yang sudah lebih lama tersimpan.

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menemukan masakan mana yang perlu Anda habiskan terlebih dahulu.

Beri Label/Tulisan

Setelah menyimpan makanan sisa ke dalam wadah, Anda jangan lupa untuk memberinya label. Anda bisa menempelkan label bertuliskan jenis masakan serta kapan tanggal awal penyimpanannya.

Terutama bagi Anda yang sangat sering menyimpan sisa makanan ke dalam kulkas, maka pemberian label sangat penting Anda lakukan.

Manfaat dari pemberian label ini akan memudahkan Anda untuk menemukan masakan dan bisa mengonsumsinya dalam jangka waktu optimal yang telah Anda tuliskan.

Susun Rapi

Dalam penyimpannnya, Anda harus memastikan letak penyusunan yang rapi dan tepat. Penyimpanan yang rapi bermanfaat untuk memudahkan Anda saat mencarinya dan membuat isi di dalam kulkas lebih teratur.

Konsumsi Saat Masih Optimal

Meskipun kulkas bermanfaat untuk menyimpan makanan sisa menjadi lebih lama, namun tetap saja ada waktu optimal untuk mengonsumsi makanan tersebut.

Makanan yang tersimpan di dalam kulkas sebaiknya Anda konsumsi dalam jangka waktu 2 hingga 5 hari setelah penyimpanan.

Berbeda halnya dengan makanan yang tersimpan di dalam freezer yang dapat bertahan lama hingga lebih dari enam bulan.

Panaskan Makanan Terlebih Dahulu

Jika Anda ingin makanan sisa sebelumnya telah tersimpan di dalam kulkas, terlebih dahulu Anda panaskan makanan pada suhu 70°C selama 2 menit sebelum Anda konsumsi.

Hal ini penting Anda lakukan untuk mematikan kuman yang mungkin telah mengontaminasi makanan. Anda juga dapat menggunakan microwaveataupun memasaknya di atas kompor.

Jika penyimpanan Anda bekukan di freezer, maka cairkan terlebih dahulu dengan menggunakan microwave sebelum memanaskannya atau merendam wadah penyimpanan menggunakan air hangat.

Segera Konsumsi Setelah Makanan Dipanaskan/Cair

Jika Anda ingin konsumsi makanan sisa dari kulkas, maka sebaiknya segera Amda konsumsi setelah mencairkan atau memanaskan makanan tersebut, tepatnya selama dalam 24 jam setelah mencair.

Perlu Anda ingat bahwa makanan sisa yang sudah pernah dicairkan dari kulkas tidak boleh Anda bekukan kembali.

Gimana? Mudah bukan cara penyimpanannya? Kini Anda telah mengetahui apa saja langkah-langkah dalam menyimpan makanan sisa yang baik dan tepat.

Jika Anda memiliki makanan sisa yang sayang untuk Anda buang, lakukan cara-cara seperti di atas agar  Anda tetap bisa mengonsumsinya secara aman di lain waktu.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER