BeritaPendidikanProvinsi Jawa BaratRegional

Dosen Unigal Motivasi Penguatan Kapasitas Poklahsar Ikan Nila Bojongsari Kawali Ciamis

Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024

Dosen FISIP Universitas Galuh memberikan motivasi penguatan kapasitas kelompok pengolah dan pemasaran (Poklahsar) olahan ikan nila Bojongsari di Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. 

Hal itu terungkap saat tim dosen pengabdi yang diketuai Lina Marliani, bersama Etih Henriyani dan Yanti Defiana, melaksanakan program pengabdian di Kampung Nila Kawali.

Lina mengungkapkan, dari hasil penelitian di lapangan, Poklahsar Bojongsari memiliki berbagai macam olahan dari ikan nila.

Hasil olahan dari ikan nila yang dihasilkan kelompok tersebut antara lain, es krim ikan nila, brownies ikan nila, ikan nila krispi, pudding ikan nila, dan masih banyak lagi produk olahan dari ikan nila lainnya.  

“Sayangnya, Poklahsar ini masih mengalami berbagai kendala,” kata Lina.

Baca Juga :  Desa Mekarjaya Juarai LCC Siloka Kencana Tingkat Kecamatan Baregbeg

Beberapa kendala yang dihadapi oleh Poklahsar Bojongsari dalam pengolahan dan pemasaran olahan ikan nila, diantaranya, kapasitas, sumber daya manusia, peralatan, prasarana, promosi dan dukungan anggaran.

Berdasarkan hal itu, lanjut Lina, tim bersama Poklahsar Bojongsari bersepakat untuk bekerjasama dalam meningkatkan kapasitas kelompok melalui pendampingan dan pelatihan.

Lina menegaskan, tujuan kerjasama tersebut dimaksudkan agar hasil olahan ikan nila memiliki nilai tambah dan berdampak terhadap pendapatan kelompok dan meningkatkan kesejahteraan anggota. 

Adapun yang menjadi prioritas kebutuhan Poklahsar Bojongsari adalah terkait pengolahan, pelatihan, pendampingan, dan pemasaran hasil olahan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Menurut Lina, Poklahsar Olahan Ikan Nila Bojongsari pada dasarnya sudah memiliki kemampuan atau kapasitas.

Baca Juga :  Dokter Rinal Viral Karena Rela Mengobati Tanpa Harap Kembali

“Namun masih perlu ada penguatan agar dapat beroperasi dengan baik,” katanya.

Penguatan kapasitas Poklahsar, lanjut Lina, menjadi prioritas pihaknya untuk kegiatan pengabdian selanjutnya.

Terlebih, Poklahsar Bojongsari merupakan kelompok yang mengembangkan bahan pangan lokal yang erat kaitannya dengan program ketahanan pangan.

Oleh karena itu, Lina menambahkan, perlu adanya dukungan baik moril maupun materil dari pemerintah daerah maupun pusat, agar kelompok ini berkembang lebih maksimal.

Lanjutkan Membaca
Back to top button