Ciri Stang Seher Rusak, Atasi Sebelum Merambat

Ciri Stang Seher Rusak, Atasi Sebelum Merambat

Reportasee.com – Ciri stang seher rusak yang paling umum, yaitu suara mesin terdengar berbeda dari biasanya. Misalkan suara yang awalnya mulus dan tenang, kini menjadi kasar dan berisik.

Jika sudah mengeluarkan suara seperti itu, Anda harus mencurigai adanya kerusakan pada bagian motor.

Stang seher memang tidak memiliki batas masa pakai, Anda tidak perlu memikirkan kapan harus menggantinya.

Namun perawatannya tetap harus rutin Anda perhatikan, karena bisa mengalami masalah kapan saja. Perjalanan akan menjadi kurang nyaman jika salah satu komponen motor bermasalah.

Connecting rod atau stang seher adalah komponen motor yang menjadi penhubung piston dengan poros engkol.

Cara kerjanya yaitu bergerak naik turun, karena adanya dorongan dari piston yang menuju ke poros engkol. Dorongan tersebut berubah-ubah, seusai dengan kecepatan yang diatur oleh pengendara.

Ketika piston bergerak ke bawah (titik mati), maka kerja seher akan menjadi lebih ringan. Sedangkan jika piston bergerak ke atas (titik mati), maka kinerja seher akan lebih berat.

Tekanan yang memberatkan kinerja seher itulah yang biasanya menimbulkan masalah.

Anda perlu mengetahui ciri-ciri yang terjadi jika stang seher pada motor sudah mulai rusak.

Hal ini menjadi antisipasi untuk mencegah terjadinya masalah lain, karena setiap komponen harus menjalankan fungsingnya masing-masing, agar motor dapat melaju dengan mulus dan lancar.

Perawatan yang tepat dan rutin akan membuat setiap komponen motor lebih aman. Sebaliknya, jika perawatan hanya dilakukan sesekali saja maka kemungkinan timbulnya masalah akan lebih besar.

Apalagi jika motor sudah beroperasi lebih dari 2 tahun, komponen mesin harus mendapat pengecekan lebih sering.

Stang seher memang menjadi komponen mesin motor yang jarang mengalami kerusakan. Biasanya yang akan pertama kali mengalami kerusakan adalah bagian pistonnya.

Mendeteksi kerusakaan ini sangat mudah caranya, Anda hanya perlu membunyikan mesin dan amati apakah ada suara pergerakan mesin yang berubah atau tidak.

Kenali Ciri Stang Seher Rusak

Terdengarnya bunyi berisik pada mesin motor adalah ciri utama dari rusaknya stang seher. Jika suara mesin sudah berisik, maka Anda perlu mengecek semua komponen mesin, karena besar kemungkinan adanya kerusakan pada komponen lainnya.

Ciri yang muncul tidak hanya suara berisik dari mesin, tapi ada juga ciri lainnya.

Jika Anda tidak cepat mengatasi kerusakan stang seher, maka lama kelamaan kepala piston akan jebol.

Selain itu, stang seher yang dipaksakan juga akan bengkok sehingga membuat blok mesin pecah. Kondisi ini cukup parah bukan? Maka dari itu perawatan dan pengecekan mesin harus rutin Anda lakukan.

Jika sudah mengetahui adaya kerusakan pada stang seher motor Anda, sebaiknya jangan gunakan motor terlebih dahulu.

Lakukan perbaikan hingga motor kembali benar, dan jangan paksakan motor untuk melaku karena hanya akan membahaykan Anda sebagai pengendara.

Baca:  Manfaat Wortel Untuk Bayi Ternyata Cukup Banyak

Motor yang mengalami kerusakan stang seher bisa saja mesinnya mati mendadak, atau bahkan terpelanting.

Asap putih yang keluar dari knalpot juga bisa menjadi ciri stang seher rusak. Anda harus lebih mewaspadai kondisi ini, demi keselamatan saat berkendara.

Penyebab Stang Seher Motor Rusak

Jika sudah memahami ciri yang terjadi saat stajng seher motor rusak, kini Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. Hal ini tentu sangat penting, Anda akan semakin apik dalam merawat motor jika sudah mengetahui apa saja yang harus dihindari.

Berikut beberapa penyebab stang seher bermasalah:

Kualitas Oli Buruk

Hal pertama yang patut Anda curigai saat stang seher rusak, yaitu kualitas oli yang kurang berkualitas.

Masalah ini menjadi faktor umum stang seher mudah rusak, padahal kelihatannya memang seperti masalah sepele. Fungsi oli, yaitu untuk melumasi mesin motor saat bekerja.

Jika oli yang digunakan kualitasnya tidak bagus, maka mesin yang dilumasi juga akan terkena imbasnya.

Apalagi saat Anda berkendara dengan kecepatan yang cukup kencang. Saat itulah stang seher beraksi, dan kualitas oli sangat penting untuk diutamakan.

Gunakanlah oli yang berkualitas demi kelangsungan perjalanan Anda. Tentunya Anda tidak ingin motor cepat rusak bukan?

Terutama jika kendaraan tersebut Anda gunakan sehari-hari untuk bekerja, tentu harus Anda rawat dengan baik.

Penggantian oli pun harus Anda lakukan secara rutin, agar mesin tidak cepat rusak karena oli yang buruk.

Kruk As Oblak

Kruk as oblak menjadi ciri stang seher rusak yang paling sering terabaikan oleh pengguna motor.

Memang tidak banyak orang yang memahami kondisi ini, namun Anda harus tahu penyebabnya. Hentakan yang keras saat motor melaju, akan membuat kruk as tertarik dan lepas dengan cukup kuat.

Akan banyak masalah yang timbul jika hentakan kuat terus menimpa kruk as. Biasanya kondisi ini dialami oleh pengendara motor ugal-ugalan, kondisi ngebut tentu akan memicu kinerja mesin semakin kuat.

Sebaiknya Anda perlu mengecek kembali kondisi kruk as sebelum kerusakannya semakin parah.

Penyebab lainnya stang seher rusak, yaitu karena kodisi mesin yang sudah tua. Seharunya pengguna motor yang sudah menyadari usia tua mesin, harus lebih waspada akan kerusakan seperti ini.

Ciri stang seher rusak memang mudah untuk diidentifikasi, maka dari itu jika sudah terdengar suara mesin yang oblak, Anda harus sesegera mungkin memperbaiki motor ke bengkel.

Meskipun terdengar sepele, namun kerusakan ini akan membahayakan pengendara saat berada di jalanan. Bisa saja motor tiba-tiba mogok di tengah jalan, akan lebih berbahaya lagi jika pengendara sedang melaju dengan kecepatan tinggi.