BeritaPemerintahanProvinsi Jawa Barat

Bappeda Ciamis Launching Si Keren Eko, Data Perekonomian Bisa Diakses dalam Genggaman

PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
PMB Unigal
pmb Unigal

Bappeda Ciamis meluncurkan aplikasi bernama Si Keren Eko. Dengan aplikasi ini, data perekonomian bisa diakses melalui genggaman tangan.

Pasalnya, permasalahan akses data perekonomian yang lengkap, akurat, up to date dan konsisten kerap kali menjadi permasalahan tersendiri.

Khususnya dalam membantu proses pengambilan kebijakan di pemerintahan daerah. Ditambah lagi dengan informasi yang tersebar, tidak terstruktur dan belum terkelola.

Kini permasalahan tersebut terpecahkan dengan hadirnya aplikasi Si Keren Eko yang diluncurkan Bappeda Kabupaten Ciamis.

Si Keren Eko kepanjangan dari Sistem Informasi Kebijakan Perencanaan Perekonomian merupakan aksi perubahan kinerja organisasi. 

Aplikasi Si Keren Eko yang dalam rancangan jangka pendek berbentuk aplikasi mobile ii bisa diunduh melalui Google Play Store.

Baca Juga :  Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

Adalah drh Retty Nugrahawati, M.P, yang populer dengan panggilan Retty, Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Ciamis, penggagas aplikasi Si Keren Eko.

Retty yang kini tengah menempuh PKA Angkatan VII Lingkup Non Kementan, BBP MKP Tahun 2023, mengatakan, Si Keren Eko berisi data perekonomian dari 8 OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis

“Si Keren Eko berisi data sektoral dari 8 OPD, data pemberitaan media, dan data manajemen internal di bidang kami,” ungkap Retty.

Retty menjelaskan, awalnya dalam perencanaan jangka pendek, Si Keren Eko berupa Website, dan dalam perencanaan jangka panjang berupa aplikasi mobile. 

Berdasarkan saran dari mentor, kata Retty, Si Keren Eko dalam jangka pendek ini akhirnya ditampilkan dalam bentuk aplikasi mobile.

Baca Juga :  Azzahra Residence Z6 Cikukulu Ciamis Punya Jaringan Listrik Underground

Retty berharap, Si Keren Eko bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas pencarian data perekonomian daerah, baik untuk lingkup eksternal pemerintahan maupun eksternal.

Lanjutkan Membaca
Back to top button