Treatment untuk Wajah Kusam dengan Mudah Agar Cantik Alami

0
23
treatment untuk wajah kusam
ilustrasi treatment untuk wajah kusam (foto: tandaseru)

Reportasee.com РTreatment untuk wajah kusam sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Ada  banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk perawatan wajah. Jadi tidak perlu khawatir pengeluaran membengkak untuk perawatan.

Anda juga bisa membeli skincare atau perawatan wajah dengan harga terjangkau. Banyak produsen kosmetik lokal yang menyediakan produk perawatan wajah aman dan terjangkau.

Rangkaian Treatment untuk Wajah Kusam Simpel

Kulit kusam akan membuat wajah Anda terlihat lebih tua dari umur asli. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus rajin merawat wajah setiap hari. Bagaimana cara mudahnya? Yuk simak di sini!

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Hal pertama yang wajib dalam treatment untuk wajah kusam, yaitu membersihkan wajah dua kali sehari. Banyak orang yang menganggap mencuci muka dengan air saja sudah cukup. Namun kenyataannya justru tidak demikian.

Anda harus melakukan double cleansing agar kotoran pada wajah bisa terangkat sempurna. Cleansing yang pertama bisa menggunakan milk cleanser, micellar water, balm cleanser dan sejenisnya. Kemudian, Anda harus mencuci wajah menggunakan sabun wajah yang cocok.

Dua langkah pembersihan wajah tersebut akan membuat wajah Anda semakin terhindar dari kusam. Wajah kusam terjadi karena penumpukan kotoran yang tersapu bersih saat mencuci muka. Maka dari itu, sabun muka menjadi hal yang wajib ada.

Memakai Pelembab Wajah

Setelah wajah bersih total, Anda harus membuat wajah tetap lembab agar terhindar dari kusam. Semakin kering area kulit, maka akan semakin gelap warnanya. Artinya Anda harus tetap menjaga kelembaban kulit, agar terhindar dari berbagai masalah kulit lain.

Pertama, Anda bisa menggunakan cairan toner untuk melembabkan wajah. Pilihlah jenis hydrating toner atau toner untuk menghidrasi kulit. Sesuaikan juga dengan jenis kulit Anda seperti kulit kering, berminyak, atau sensitif.

Kedua, Anda wajib menggunakan krim pelembab untuk mempertahankan kelembaban wajah sepanjang hari. Tidak perlu membeli yang mahal, bahkan Anda bisa menemukan pelembab mulai dari harga 10 ribu saja.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, pilihlah pelembab dengan kandungan asam hialuronat, simetikon, gliserin, dan lanolin. Sedangkan untuk kulit berminyak, pilihlah pelembab yang berlabel non komedogenik untuk menghindari kulit dari kondisi minyak berlebih.

Sedangkan untuk jenis kulit sensitif, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah. Pilihlah yang tidak mengandung alkohol, parfum, dan bahan kimia yang cukup keras lainnya.

Rutin Menggunakan Masker Alami

Memakai masker minimal seminggu dua kali termasuk salah satu treatment untuk wajah kusam yang cukup ampuh. Masker yang cocok dengan wajah akan membuat wajah semakin terlihat cerah.

Tidak perlu mahal membelinya, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut:

Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin dan air yang cukup tinggi. Selain menjadi bahan makanan yang menyehatkan, tomat juga mampu membuat kulit jadi cerah. Bagaimana caranya? Anda bisa memakai tomat sebagai masker wajah.

Ambil satu buah tomat berukuran sedang, akan lebih bagus lagi jika dalam kondisi dingin dari kulkas. Kemudian iris menjadi empat atau lima bagian, dan tempelkan pada wajah selama 15 menit.

Lakukan secara rutin minimal seminggu dua kali atau tiga kali. Wajah Anda akan terhidrasi secara alami, dan otomatis menjadi semakin cerah.

Madu dan Susu

Madu dan susu biasanya menjadi menu sarapan pagi yang menyehatkan. Ternyata dua bahan yang kaya akan vitamin ini dapat membuat wajah cerah.

Anda bisa mencampurkan satu sendok makan madu asli dengan susu. Aduk rata hingga teksturnya berubah seperti pasta. Kemudian aplikasikan pada wajah secara merata.

Biarkan selama 20 menit lalu bilas, lakukan secara rutin hingga wajah Anda perlahan menjadi lebih cerah. Pastikan bahannya merupakan madu asli dan bukan campuran gula.

Pepaya dan Nanas

Mendengar buah pepaya dan nanas, mungkin membuat Anda ingin makan rujak? Tapi kedua buah tersebut tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga membuat kulit wajah Anda jadi tidak kusam.

Campurkan satu sendok teh jus nanas ke dalam seperempat cangkir pepaya mentah yang sudah halus. Aduk hingga tercampur rata, pastikan tidak terlalu kental atau encer.

Kemudian aplikasikan ke wajah dan leher secara merata, tunggu sekitar 25-30 menit sampai masker buah kering. Pepaya juga dapat menjadi sabun pencuci wajah, sudah banyak produsen yang mengolahnya menjadi sabun wajah yang aman.

Lakukan maskeran buah ini secara rutin maka wajah Anda akan menjadi bercahaya. Jika ingin lebih maksimal, gunakan juga sabun wajah berbahan dasar pepaya setiap hari.

Kunyit

Kunyit menjadi bahan alami terakhir yang mampu membuat kulit wajah cerah. Memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kulit, mampu membuat kulit wajah menjadi kenyal dan cerah.

Caranya sangat mudah, campurkan satu sendok teh kunyit, madu, dan yoghurt. Aduk ketiga bahan tersebut hingga merata, kemudian aplikasikan ke wajah. Tunggu hingga 15 menit dan bilang dengan air bersih.

Treatment untuk wajah kusam ini juga dapat membuat kulit wajah Anda terlihat awet muda. Asalkan anda menggunakannya secara rutin, minimal satu minggu sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Melakukan Eksfoliasi

Langkah terakhir dalam treatment untuk wajah kusam, yaitu rajin melakukan eksfoliasi. Anda bisa menggunakan bahan alami atau bahan kimia untuk mengeksfoliasi.

Fungsi eksfoliasi ini yaitu dapat mengangkat kotoran di pori-pori wajah. Jika melakukannya dengan benar, Anda akan terhindar dari masalah jerawat dan komedo.

Jika tipe kulit Anda normal dan kering, lakukanlah eksfoliasi satu atau dua kali seminggu saja. Sedangkan untuk tipe kulit berminyak, Anda harus melakukan eksfoliasi lebih sering, yaitu sekitar tiga sampai empat kali dalam seminggu.

Anda bisa melakukan eksfoliasi di rumah dengan bahan alami. Siapkan kopi bubuk dua sendok, campurkan dengan susu dan madu secukupnya. Aduk merata hingga sedikit encer, jangan membuatnya bertekstur pasta.

Aplikasikan pada kulit wajah yang sudah bersih, gosok perlahan selama empat sampai lima menit. Bilas menggunakan air hangat terlebih dahulu, kemudian bilas lagi dengan air dingin.

Jika tidak ingin ribet, Anda bisa membeli produk eksfoliasi kimia berupa toner dan serum. Pilihan tersebut akan membuat kulit lebih cepat bersih. Namun Anda harus memilihnya dengan hati-hati, pastikan cocok dengan jenis kulit.

Pilihan eksfoliasi terakhir yang paling simpel, yaitu dengan mendatangi salon kecantikan terpercaya. Para therapist akan mengeksfoliasi wajah Anda dengan baik. Anda pun harus merogoh kocek lebih dalam untuk perawatan ini.

Treatment untuk wajah kusam ini dapat melindungi Anda dari permasalahan kulit lain. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan tabir surya setiap hari. Hal tersebut dapat menjaga kulit wajah agar tidak kembali kusam.

Untuk mendukung perawatan kecantikan agar hasilnya lebih maksimal. Anda harus mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Minum air putih yang cukup, berolahraga, dan tidak makan sembarangan. Dengan perawatan tersebut, wajah Anda pun akan selalu cerah bercahaya.