Toyota Raize Resmi Meluncur di Indonesia

Reportasee.com – Toyota Raize produk terbaru Toyota akkhirnya akan meluncur di Tanah Air. PT. Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya telah resmi meluncurkan Toyota Raize di Indonesia. Toyota Raize merupakan produk kembar yang ke-lima, yang mana merupakan hasil dari kerja sama dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Raize ini menjadi produk kelima setelah produk kembar sebelumnya Avanza dengan Xenia, Rush dengan Terios, Agya dengan Ayla, dan Calya dengan Sigra.

Akhirnya produk kembar kelima ini launching di Tanah Air. Setelah melalui masa verifikasi dan berbagai perizinan launching lainnya akhirnya pihak perusahaan mengumumkan Launching Produk terbaru Toyota Raize ini pada Jum’at 30 April Kemarin. Merk Mobil keluaran jepang ini dapat terbilang telat untuk launching di Indonesia, mengingat Mobil dengan Type Raize ini sudah rampung masa produksinya sejak Akhir tahun 2019 dan langsung launching di Jepang.

Semenjak kabar launching Mobil dengan Type Raize ini beredar, masyarakat sudah banyak membincangkan mengenai mobil ini. Raize memang akan menjadi salah satu Mobil terbaru yang akan diproduksi secara lokal. Kemenperin menjelaskan bahwa mobil ini akan diproduksi oleh Daihatsu Astra Motor dengan kandungan Lokal senilai 70 persen.

Baru resmi meluncur pada 30 April kemarin, namun beberapa orang yang tartarik dapat melakukan inden dengan cara memberikan booking Fee sebesar 5 juta rupiah saja. Berbicara mengenai ketertarikan terhadap Mobil Toyota Raize ini, terlebih dahulu kita simak berapa harga Mobil ini.

Harga Toyota Raize

Mobil milik brand asal Jepang ini terbandrol dengan perkiraan harga antara 190 juta sampai dengan 260 juta. Harganya akan bergantung pada Varian yang ada pada Mobil dan spsifikasi Khusus mobil Toyota Raize sendiri. Dalam delapan varian harganya mulai dari Rp 219,9 juta hingga 265,9 juta. Harga tersebut berlaku On The Road khusus DKI Jakarta Selatan setelah terpotong relaksasi Pajak Penjualan dan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen.

Direktur Peman PT TAM mengklaim bahwa Raize merupakan salah satu best seller di Jepang dari pertama kali dipasarkan pada November 2019. Toyota Raize terpasang dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.0 turbo dan 1.2 non turbo. Namun model yang baru tersedia di Indonesia hanya yang bermesin 1.0 turbo. Sedangkan yang memiliki mesin 1.2 non turbo akan tersedia pada semester kedua II tahun 2021. Untuk dapat lebih jelas mengenai harga dari Toyota Raize, Berikut daftar harga lengkap Toyota Raize per 30 April 2021 (On the Road DKI Jakarta):

  • Pertama, ada Toyota Raize dengan Type 1.0T MT One Tone yang berbandrol 219, 9 Juta Rupiah.
  • Kedua, Totyota Raize 1.0T G MT Two Tone yang terbandrol dengan harga 222, 2 juta rupiah.
  • Ketiga, Raize 1.0T G CVT One Tone dengan harga 233, 1 juta rupiah.
  • Keempat, Toyota Raize 1.0T G CVT Two Tone dengan harga 235, 4 juta rupiah.
  • Kelima, Raize dengan type 1.0T GR CVT One Tone terbandrol dengan harga 244, 7 juta rupiah.
  • Keenam, Toyota Raize 1.0T GR CVT Two Tone dengan harga 247 juta rupiah.
  • Ketujuh, Raize 1.0T GR CVT TSS One Tone dengan Harga 263, 7 juta rupiah.
  • Kedelapan, Toyota Raize 1.0T GR CVT TSS Two Tone dengan harga 265 juta rupiah.

Spesifikasi Toyota Raize

Pada masing-masing varian mempunyai perbedaan tersendiri dan tentu juga dengan harga yang berbeda. Pada bagian bentuk atau body pada mobil tidak mempenyai banyak perbedaan. Hanya saja berbeda pada bagian-bagian aksesoris tertentu saja.

Toyota Raize 1.0T G MT, yang mempunyai 998 cc dengan tenaga 97 hp dan menggunakan trasmisi manual. Sedangakan Raize 1.0T G CVT, 1.0T S CVT dan 1.0T S TSS tidak memiliki perbedaan dengan 1.0T G MT, hanya saja pada bagian transmisi type yang lain ini menggunakan transmisi CVT.

Kenyamanan pada mobil ini telah lengkap dengan berbagai fasilitas. Seperti AC, Power Window, Power Steering, Pemanas, Engine Stop Button, dan banyak lagi lainnya. Maskipun belum terdapat Automatic Climate Control.

Untuk keselamatan mobil Toyota Raize sudah lengkap dengan Air Bag depan dan samping bagian depan. Selain itu terdapat pula kantong udara pengemudi, Child Safety Locks, Anti Lock Breaking System, kamera belakang dan sensor parkir, dan juga terdapat pelindung benturan pada bagian depan dan sampin.

Sedangkan pada bagian eksterior, Toyota Raize sudah lengkap juga dengan Adjustable, kaca spion elektrik, wiper pada kaca belakang, lampu sein kaca spion. Dan pada rem belakang jenis Drums dan Ventilated Discs untuk jenis rem depan. Terdapat pula fitur tambahan yaitu Daytime running Lights.

Dan terdapat juga banyak fitur-fitur tambahan pada Toyota Raize ini. Seperti, jok lapis kulit, terdapat Tachometer, Elektronic Multi Tripmeter, lampu depan dengan jenis LED. Terlebih lagi fitur pada bagian keselamatan yang canggih, yaitu Rear Croos Traffic Allert, Blind Spot Monitor, Hill Start Assist, dan Pre Collision Assist.   

Fitur Unggulan Toyota Raize

Fitur-fitur yang terdapat pada mobil keluaran terbaru ini secara umum atau yang terdapat pada semua type terbilang standart dan terlihat cukup mumpuni. Mulai dari Smart Entry Push Start Button, Power Mode Switch (CVT), Dual Airbags, ABS plus EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, kamera parkir, sensor parkir, Seatbelt Warming untuk semua penumpang, serta alarm With Immobilizer.

Sementara untuk varian tipe 1.0T G memiliki fitur tambahan yaitu, Black Roof/Two Tone Color Option, 17 inci Two Alloy Wheel, 205/60 R17 tyre size, Chrome Door Handle, Turbo Emblem, 9 inch Floating Toucscreen Head Unit, dan Front Soft Pad Armest.

Sedangkan untuk varian GR Sport atau type tertinggi akan lengkap dengan 6 Airbags, Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Front departure Alert, Lane Depature Assist, Pedal Misopertion Control, Rear Cross Traffic, dan Blind Sport Monitoring.

Varian Toyota Raize

Toyota Raize telah hadir dengan sepuluh varian yang tebagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama dengan tipe  mesin 1.0 Turbo akan hadir dengan delapan varian dengan yaitu, Raize 1.0T MT One Tone, Raize 1.0T G MT Two Tone, Raize 1.0T G CVT One Tone, Raize 1.0T G CVT Two Tone, Raize 1.0T GR CVT One Tone, Raize 1.0T GR CVT Two Tone, Raize 1.0T GR CVT TSS One Tone, Raize 1.0T GR CVT TSS Two Tone.

Sedangkan pada bagian kedua akan hadir dengan type mesin 1,2 Non Turbo akan hadir dengan dua varian, yaitu 1.2 G MT dan 1.2 G CVT. Namun untuk type ini masih menunggu pada smester II tahun ini untuk siap pembeliannya.

Mobil ini juga hadir dengan berbagai macam pilihan warna. Tepatnya mobil ini hadir dengan sebelas warna. Yaitu, Black, White, Yellow, Red, Silver Metallic, Grey Metallic, Yellow Black, White Black, Red Black, Turquoise MM Black, dan Turquoise MM.