32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaTips Menggunakan HP Baru Ini Wajib Anda Terapkan

Tips Menggunakan HP Baru Ini Wajib Anda Terapkan

Handphone baru memerlukan perlakuan khusus dan tentu tidak sama dengan handphone yang biasa kita pakai sehari-hari. Agar tidak salah memperlakukannya, Anda perlu memperhatikan beberapa tips menggunakan hp baru yang benar.

Tentu saja untuk menggunakannya, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk menunjang kinerja ponsel tersebut. Lalu, apa saja tips yang perlu Anda terapkan dalam penggunaan ponsel baru ini? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Matikan HP Dan Isi Daya Hingga 100 Persen Dahulu

Ini merupakan cara yang umum biasa dilakukan para pembeli hp atas saran dari penjual hp. Waktu pengisian baterai hp untuk mencapai full atau 100 persen biasanya membutuhkan waktu sebanyak 2 hingga 3 jam.

Dengan mematikan hp dan mengisinya hingga 100 persen akan, hp baru Anda akan siap digunakan dan akan lebih maksimal kinerjanya. Setelah melakukan tahapan ini, Anda bisa menerapkan tips menggunakan hp baru yang lainnya untuk menunjang performa ponsel tersebut.

Memasukan Sim Card

Jika sudah mengisi dayanya hingga penuh, selanjutnya masukkan sim card ke ponsel Anda agar dapat dihubungi pengguna lain. Slot untuk sim card ini biasanya berjumlah maksimal 2 dalam 1 hp.

Cara memasukan sim card pada ponsel cukup mudah. Letaknya biasanya pada bagian samping hp. Di sana akan terdapat lubang kecil di bagian samping yang dapat di tekan menggunakan alat sehingga akan muncul tempat sim card yang dapat diisikan.

Mengatur Kata Sandi Dan Layar Kunci

Hal ini bisa Anda lakukan atau tidak sesuai dengan keinginan. Fungsi dalam mengatur layar kunci sendiri adalah untuk menjaga privasi pemilik hp.

Cara melakukan pengaturan kunci ini dapat Anda lakukan dengan  menekan tombol pengaturan, lalu pilih kata sandi. Setelah itu, pilih salah satu sandi yang akan Anda pakai seperti pola, angka, sidik jari, atau menggunakan wajah. Jika memilih pola atau angka, pastikan Anda selalu ingat kata sandi tersebut..

Segera Koneksikan dengan Akun Google

Tips menggunakan hp baru ini sangat penting Anda lakukan agar hp dapat bekerja secara maksimal. Terkoneksinya hp dengan akun google dapat mempermudah dalam menjalankan ponsel karena kinerjanya saat ini sangat bergantung pada layanan google.

Layanan-layanan penting yang harus terkoneksi ini di antaranya seperti google chrome, google maps, google drive, gmail dan berbagai aplikasi lainnya. Selain itu, layanan seperti gmail merupakan layanan yang paling penting terkoneksi dahulu karena dapat digunakan untuk masuk dalam akun media sosial dan aplikasi lainnya.

Baca:  Wisata Air Terjun Singokromo yang Terlupakan di Nganjuk Jatim

Segera Menonaktifkan Bloatware

Bloatware sendiri merupakan aplikasi bawaan dari hp yang biasanya tidak Anda perlukan dan memiliki kapasitas ruang yang cukup besar, sehingga dapat menghambat kerja hp. Aplikasi ini dapat Anda hapus secara permanen dan dapat  juga hanya Anda nonaktifkan.

Baca:  Bank Syariah, Kenali Lebih Dekat!

Menonaktifkan bloatware tidak hanya untuk mengurangi kapasitas ruang dan juga untuk menghentikan aplikasi ini berjalan di latar belakang, namun juga untuk menghilangkan app drawer. Karena itulah proses ini cukup penting Anda lakukan sejak awal.

Mengunduh Aplikasi 

Sebenarnya terdapat aplikasi bawaan yang dapat Anda gunakan, akan tetapi biasanya ini kurang lengkap dan kebutuhan pemilik yang berbeda-beda. Karena itulah, Anda perlu mengunduh aplikasi lainnya untuk menunjang penggunaan hp.

Pastikan aplikasi yang Anda unduh merupakan aplikasi yang Anda butuhkan agar tidak memakan penyimpanan.  Pastikan aplikasi yang Anda unduh juga sesuai dengan tipe hp Anda dan jangan berlebihan dalam mengunduh aplikasi agar kinerja hp dapat terjaga.

Memastikan Aplikasi Semua Terupdate

Tips menggunakan hp  baru ini perlu Anda perhatikan agar aplikasi yang terdapat pada hp dapat Anda gunakan secara maksimal. Jika ada aplikasi yang belum terupdate biasanya akan terdapat pemberitahuan mengenai informasi untuk pengupdatean aplikasi.

Cara yang bisa Anda terapkan untuk mengupdate aplikasi ini bisa dengan menekan pemberitahuan yang terdapat  pada layar hp Anda. Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah melalui google play store, lalu ketikan nama aplikasinya. Selanjutnya, Anda bisa mulai mengupdate aplikasi tersebut.

Mengatur Manajemen Kuota Harian Dan Bulanan

Mengatur manajemen kuota merupakan salah satu hal yang penting Anda lakukan untuk menghemat kuota yang Anda pakai setiap harinya. Jika tidak Anda tidak melakukan hal tersebut, kuota yang Anda beli dapat habis pada pertengahan bulan .

Cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatur manajemen kuota harian adalah, dengan selalu menyalakan warning atau limit data untuk mengontrol pemakaian kuota setiap harinya. Jika dalam sehari penggunaan kuota melampaui batas, maka koneksi seluler akan terputus secara otomatis.

Jika Anda baru saja membeli ponsel baru, pastikan untuk memahami setiap tips yang sudah dijelaskan di atas, untuk bisa mulai menggunakannya dengan baik. Selain itu, selalu jaga kondisi smartphone Anda dari pemakaian berlebihan agar tetap awet ya.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer