BeritaRegional

Siapa Bilang Pemeriksaan USG Itu Hanya untuk Ibu Hamil?

Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
Aqsa Guest House
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024
PMB Unigal 2024

Seorang laki-laki paruh baya sebut saja Astro (bukan nama sebenarnya) terbelalak kaget ketika seorang sahabatnya, Neptun, menyarankannya untuk melakukan pemeriksaan USG.

“Kamu tuh Stro coba di-USG, karena setiap kali ketemu kamu selalu mengeluhkan lambungmu yang cenat-cenut,” ujar sahabatnya tersebut. 

Astro yang selama ini mengira USG hanya untuk pemeriksaan Ibu Hamil, balik memarahi sahabatnya. 

“Tun kamu ini sudah gila yah, aku ini laki-laki, masa harus di-USG seperti Ibu Hamil?,” ujar Astro dengan nada meninggi. 

Neptun dengan santai hanya menjawab umpatan sahabatnya tersebut dengan terkekeh-kekeh.

Tentu ilustrasi cerita di atas menggambarkan banyak di kalangan kita yang masih belum memahami soal pemeriksaan USG.

USG (Ultrasonografi) yakni pemeriksaan kondisi dalam tubuh dengan bantuan pemancaran gelombang ultrasonik dengan frekuensi tinggi.

Lewat pemeriksaan USG ini, kita dapat melihat pencitraan jaringan tubuh secara real time (kondisi yang berlangsung terjadi saat itu, red). 

Dengan begitu Pemeriksaan USG tidak hanya berfungsi untuk mendeteksi kondisi  kandungan untuk Ibu Hamil saja.

Anda laki laki atau wanita, dewasa atau anak-anak, bisa melakukan pemeriksaan USG jika anda ingin mengetahui kondisi jaringan dalam tubuh anda, apakah anda sehat atau sakit.

Diagnosa USG akan menghasilkan identifikasi kondisi tubuh anda secara tepat atau tepatnya menghasilkan suatu diagnosa yang tepat.

Seorang Dokter Spesialis Radiologi, dr Suharyanto, Sp.Rad, menegaskan, USG bukan hanya untuk pemeriksaan Ibu Hamil saja.

“Siapapun kita, dengan USG, kita bisa tepat melakukan diagnosa suatu kondisi kesehatan tubuh kita, atau penyakit, untuk selanjutnya dilakukan tindakan pengobatan,” ungkapnya. 

Lanjutkan Membaca
Back to top button