22.6 C
New York
Sabtu, Juni 19, 2021
BerandaBeritaPangeran William dan Silsilah Keluarga

Pangeran William dan Silsilah Keluarga

Profil Pangeran William, Duke of Cambridge

Siapa sih yang gak tau Pangeran William?

YA! Pangeran William adalah anak pertama dari Prince dan Princess of Wales. Sebagai anak pertama dari Prince of Wales, Pangeran William adalah pewaris tahta setelah ayahnya.

Pangeran William lahir pada tanggal 21 Juni 1982 di St. Mary’s Hospital. Lalu pada tanggal 28 Juni 1982, Istana Buckingham mengumumkan kelahirannya dengan nama William Arthur Philip Louis. Lalu kemudian sebulan setelah kelahirannya Uskup Agung Canterbury (Robert Runcie) melakukan pembaptisan pada Pangeran William yang berlokasi pada Ruang Musik Buckingham Palace, tepatnya pada tanggal 4 Agustus 1982. Pembaptisan Pangeran ini bertepatan dengan ulang tahun neneknya yang ke-82 tahun). William mempunyai enam wali baptis yaitu mantan Raja Constantine II dari Yunani; Putri Alexandra, Yang Terhormat Lady Ogilvy; the Natalia Grosvenor,Wanita Bangsawan dari Westminster; Susan Hussey; Lord Romsey; dan Tuan Laurens van der Post. Pangeran William memiliki nama kesayangan dari keluarganya yaitu “Wombat” atau “Wills” dan masih sering mereka gunakan sampai saat ini.

Pada usianya yang ke 15 tahun Pangeran William harus kuat dan sabar karena ia kehilangan sosok yang sangat ia cintai yaitu ibunya, Lady Diana.

Pangeran William memiliki beberapa penghargaan diantaranya adalah :
  1. His Royal Highness Prince William of Wales
  2. Queen Elizabeth II Golden Jubilee Medal
  3. Joint Service Achievement Medal

Pada tahun 2011, Pangeran William menikahi seorang gadis cantik bernama Kate Middleton yang mendapatkan gelar Duchess of Cambridge. Pangeran William pertama kali bertemu dengan Kate Middleton yaitu saat ia sedang berkuliah pada Skotlandia dan mereka telah saling berhubungn semenjak tahun 2003. Hubungan Pangeran William dan Kate Middleton tak selalu berjalan mulus. Pada April 2007, kabar mengatakan bahwa mereka akan berpisah, kabarnya alasan perpisahan ini adalah karena Pangeran William mempunyai hubungan dengan wanita lain. Tetapi, keduanya terlihat kembali bersama pada bulan Juni ketika Kate Middleton hadir dalam sebuah pesta yang berlokasi pada Lulworth Army Barracks sebagai tamu Pangeran William. Pada tanggal 16 November 2010, piha kerajaan mengumumkan rencana pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Lalu Pangeran William menghadiahi sebuah cincin safir 18 karat milik Lady Diana kepada Kate Middleton sebagai tanda pertunangan keduanya. Pada tanggal 29 April 2011, pasangan ini kemudian menikah pada Westminster Abbey, London.

Pada 22 Juli 2013, Pangeran William resmi menjadi seorang ayah. Kate Middleton melahirkan seorang putra pada pukul 16.24. Bayi mereka memiliki bobot badan sebesar 3,7 kg yang lahir secara normal. Kelahiran putera mereka mendapatkan sambutan bahagia dari rakyat Inggris. Kehamilan Kate Middleton telah ia ketahui saat beberpaa hari ia mengalami morning sickness akut dan akhirnya periksa ke rumah sakit pada tanggal 3 Desember 2012. Nantinya putera Kate Middleton dan Pangeran William akan menjadi seseorang yang berada pada garis ketiga sebagai pewaris tahta Kerajaan Inggris, setelah Pangeran Charles dan Pangeran William.

Silsilah Keluarga Pangeran William

Berikut adalah silsilah keluarga Pangeran William:

  1. Raja George V (1865 – 1936)
  2. Raja Edward VIII (1894 – 1972). Sebagai saudara dari kakek buyut Pangeran William.
  3. Raja George VI (1894 – 1972). Sebagai kakek buyut dari Pangeran William.
  4. Ratu Elizabeth II (lahir 1926) dan Duke of Edinburgh (1947 – 2021). Sebagai nenek dan kakek dari Pangeran William.
  5. Charles, Prince of Wales (lahir 1948) dan Lay Diana, Princess of Wales (1961 – 1997. Sebagai orang tua dar Pangeran William.

Itulah silsilah dari keluarga Pangeran William. Sebenarnya ada masih banyak lagi keluarga lainnya yang ia miliki tetapi yang telah tertera adalah orang – orang penting sebagai keluarga kerajaan.

Pendidikan Pangeran William

Pangeran William bersekolah pada Mynors School dan setelah ia lulus lalu menlanjutkan sekolahnya pada Ludgrove School, Bekshire. Setelah lulus dari Ludgrove, ia kemudian lanjut ke Eton College dan mempelajari Geografi, Biologi, dan Sejarah Seni. Darisanalah ia mendapat nilai A pada mata pelajaran Geografi. Keluarga kerajaan biasanya turun temurun bersekolah pada Gordonstoun tetapi Pangeran William memilih bersekolah pada Eton. Keputusan besar ini mengikuti keluarga ibunya, Lady Diana. Keluarga Lady Diana selama dua generasi bersekolah pada Eton.

Setelah lulus dari Eton ia tak langsung melanjutkan pendidikannya ke universitas, tetapi ia mengunjungi Chili, Belize, dan bekerja pada perusahaan perah susu, dan juga mengunjungi beberapa negara eksotis yang ada pada Afrika. Setelah ia selesai melakukan perjalanannya Pangeran William lalu mendaftar pada St. Andrews University, Skotlandia, dengan nama William Wales. Pada tahun 2005, ia berhasil menyelesaikan kuliahnya pada bidang Geografi dengan hasil yang memuaskan. Lalu setelahnya Pangeran William masuk pada Akademi Militer Kerajaan Sandhust. Setelah satu tahun menganyam pendidikan di sana, akhirnya ia pun lulus dengan Pangkat letnan.

Pekerjaan Pangeran William

Setelah lulus dari Akademi Militer Kerajaan Sandhust, ia kemudian bergabung sebagai seorang prajurit pada Blues and Royals bersama adiknya, Pangeran Harry. Setelah itu, ia pun mendaftar dengan pangkat Sub-letnan pusat pelatihan Angkatan Udara Kerajaan dan Pasukan Udara Kerajaan lalu kemudian pangkatnya pun naik menjadi Petugas Penerbang yang sama dengan pangkat Letnan yang ada pada Angkatan Darat.

Pangeran William kemudian mendapatkan promosi pangkat menjadi Letnan Penerbang pada Januari 2009. Ia kemudian berlatih menjadi pilot helikopter dan pelatihnya adalah Pasukan RAF’s Search and Resque. Misi penyelamatan pertama Pangeran William terjadi pada 2 Oktober 2010. Pada hari itu, ia mendapat panggilan darurat dari penjaga pantai Liverpool. Ia dan tiga kru lainnya kemudian melakukan misi penyelamatan ini dan berhasil menyelamatkan seorang pria yang mengalami serangan jantung saat sedang bermain – main laut. Pada November 2011, ia selanjutnya melakukan misi penyelamatan terhadap tenggelamnya kapal barang pada laut Irlandia. Pangeran William berperan sebagai co-pilot dan ia berhasil menyelamatkan dua pelaut yang kemudian mendapatkan perawatan pada rumah sakit Bangor.

Selain itu, kepedulian dan perhatian Pangeran William terhadap lingkungan dan kemanusiaan pun membawanya untuk berpengaruh dalam membantu para penderita penyakit HIV/AIDS semenjak pertengahan 1990. Pangeran William pun pernah bekerja pada yayasan milik Pangeran Harry, adiknya. Lalu pada Januari 2005, kakak beradik ini, Pangeran William dan Pangeran Harry menjadi relawan pada British Red Cross. Selanjutnya, pada bulan September tahun yang sama, Pangeran William membantu para gelandangan lewat Centrepoint.

Tak hanya sampai situ, Pangeran William pun pernah bekerja pada rumah sakit The Royal Marsden, selama dua hari, tahun 2005. Pada tahun yang sama, Pangeran William banyak menghabiskan waktunya dengan tim Mountain Rescue, Inggris dan Wales. Lalu pada Desember 2005, Pangeran William telah resmi menjadi sponsor tetap untukTusk Trust. Mei 2007, Pangeran William menjadi contributor tetap pada The Royal Marsden dan Mountain Rescue.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular