Cara Membersihkan Keyboard Laptop dari Debu dengan Mudah

Reportasee.com – Tips mudah membersihkan keyboard laptop dari debu. Keyboard laptop merupakan salah satu komponen yang bisa menyimpan banyak sekali kotoran atau debu. Meskipun terlihat bersih, sela-sela pada keyboard laptop menjadi sarang berbagai macam kotoran atau debu.

Hal tersebut memang terlihat sepele. Namun, apabila di biarkan menumpuk terlalu banyak di dalam, akan membuat masalah serius pada keyboard milikmu. Sehingga nantinya akan terjadi error atau tidak berfungsi.

Di lansir dari CBT Nuggets, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa keyboard laptop, 20.000 lebih kotor daripada dudukan yang ada di toilet.

Swinburne University of Technology di Australia juga meneliti jumlah dan jenis bakteri yang ada pada keyboard komputer umum maupun pribadi yang ada di perguruan tinggi tersebut.

Di lansir dari National Centre for Health Research, hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa keyboard bisa menjadi “rumah” bakteri dalam kadar yang tinggi.

Jika di pakai secara bersamaan juga cendurung mempunyai lebih banyak bakteri daripada hanya di gunakan oleh satu orang saja.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkannya supaya tetap bersih dan tidak cepat rusak. Berikut merupakan cara-cara yang bisa kamu lakukan agar keyboard laptop tetap tetap bersih dan bebas dari debu atau kotoran.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop dari Debu

Matikan Perangkat Terlebih Dahulu

Sebelum memulai membersihkan, alngkah baiknya kamu mematikan laptop terlebih dahulu agar aman. Dengan menonaktifkan laptop, akan meminimalisir terjadinya korsleting.

Jika kamu membersihkan dalam keadaan laptop hidup, bisa mengakibatkan rancunya sistem operasi. Karena, tombol-tombolnya kamu tekan secara bersamaan.

Menekan Keyboard Laptop dalam Keadaan Terbalik

Dalam posisi terbalik, tekan dan tahan tombol-tombol pada keyboard kamu. Dengan posisi terbalik akan memudahkan kotoran dan debu-debu berjatuhan. Karena, tombol-tombolnya sudah kamu tekan.

Menggunakan Brush Make Up

Kamu juga bisa membersihkanya dengan cara menggunakan brush yang lembut. Pilihlah brush make up yang sudah tidak terpakai. Sela-sela pada keyboard dapat kamu bersihkan dengan bulu-bulu yang lembut pada brush make up.

Menggunakan Vacuum Cleaner atau Penyedot Debu

Jika kamu mempunyai vacuum cleaner dengan ukuran yang kecil, kamu bisa menggunakanya. Vacuum cleaner sangat efektif untuk membersihkan keyboard laptop.

Hal tersebut karena vacuum cleaner bersifat menyedot debu dan kotoran kecil lainya. Sedikit tips, gunakanlah dengan tekanan rendah, agar tidak merusak fungsi pada keyboard.

Mencabut Keyboard

Cara ini termasuk paling efektif. Namun, cara ini di sarankan bagi yang sudah berpengalaman. Kamu juga harus berhati-hati, karena mempunyai risiko yang bisa merusak fungsi keyboard itu sendiri.

Jadi, sebelum kamu memulai car aini, lebih baik kamu sudah mencari tahu terlebih dahulu dalam hal mencabut tombol-tombol pada keyboard.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dengan membersihkan keyboard laptop dari debu secara teratur. Seperti mengurangi keausan dan memperpanjang usia perangkat laptopmu. | Editor: Agun Wiguna