32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaStiker RFID, Teknologi Bayar Tol Tanpa Berhenti

Stiker RFID, Teknologi Bayar Tol Tanpa Berhenti

Reportasee.com – Saat ini, PT. Jasa Marga Persero sedang melakukan pengujian transaksi tol nirsentuh atau touch-less transaction Single Lane Free Flow (SLFF). Bagi pengguna yang ingin mencoba layanan ini di haruskan mempunyai stiker RFID.

Pengertian RFID

RFID atau Radio Frequency Identification merupakan teknologi untuk mengenal frekuensi radio dengan menggunakan metode identifikasi yang biasa di sebut RFID atau transponder untuk mengambil dan menyimpan data dari jarak jauh.

Stiker Bernama “Let it Flo”

Dwiman Heru, selaku Corporate Communication and Community Development Group Head PT. Jasa Marga mengungkapkan bahwa fasilitas yang di beri nama Let it Flo masih tahap pengujian secara terbatas dan belum bersifat komersial.

Beberapa komunitas otomotif dan beberapa BUMN sudah mendapatkan stiker RFID tersebut untuk melakukan uji coba.

“Kami tetap melanjutkan uji coba dan berharap pengembangan ini bisa memudahkan sistem transaksi dengan touch-less transaction.”

Di kutip dari Antara pada hari Selasa, 23 Maret 2021 mereka berharap untuk kedepanya bisa membantu pemerintah untuk mengimplementasikan kebijakan di lapangan.

Untuk teknis penggunaanya stiker dengan teknologi RFID tersebut haru di tempel pada bagian headlamp mobil.

Penempatan pada bagian headlamp mobil bertujuan agar sensor pada gerbang tol bisa mendeteksi dan menerima frekuensi dari stiker. Setelah menerima frekuensi maka gerbang akan terbuka secara otomatis.

Alasan lain pemasangan pada bagian headlamp mobil adalah bagian tersebut merupakan satu-satunya yang tidak mengandung bahan dari logam dan metal. Sehingga hal tersebut tidak akan menganggu RFID.

Teknologi transaksi tol nirsentuh juga di lengkapi dengan dukungan aplikasi yang bernama FLO dan tersedia di Google Playstore untuk Android dan App Store untuk iOS.

Baca:  Mobil Hatchback Toyota: Seputar Yaris dan Agya
Baca:  Manfaat Buah Durian Bagi Kesuburan Para Wanita

Cara Kerja Aplikasi FLO

Pertama, pengguna di haruskan mengunduh aplikasi FLO di smartphone untuk bisa mengaktifkan dan melakukan pembayaran tol melalui server yang sudah terintegrasi dengan teknologi RFID.

Seperti aplikasi dompet digital pada umumnya, aplikasi FLO akan menampilkan riwayat transaksi hingga sisa dan isi ulang saldo.

Berdasarkan data yang di peroleh, PT. Jasa Marga telah memperluas area uji coba terbatas untuk pengujian stiker RFID. Pengujian tersebut di lakukan pada beberapa gerbang tol yang ada di wilayah Jabodetabek seperti jalan tol Jagorawi, JORR dan Dalam Kota.

Teknologi ini juga di uji coba pada jalan tol Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, Bali-Mandara dan Gardu tol Ngurah Rai.

Dengan terkoneksinya aplikasi Flo dan stiker RFID, hal tersebut untuk melakukan pencegahan jika di curi atau hilang. Sehingga tidak bisa di gunakan oleh orang lain.

Jika ada orang lain yang mengambil atau mencuri stiker yang sudah terpasang pada mobil, tidak akan bisa lagi di gunakan untuk melakukan pembayaran tol.

Editor: Agun Wiguna

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer